Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

Mengungguli finalis dari Amerika Serikat dan Italia di tahap final internasional, tim Mon Soleil dari Indonesia yang beranggotakan tiga mahasiswi Institut Teknologi Bandung berhasil menjadi juara L’Oréal Brandstorm 2022 tingkat Global dalam kategori bergengsi yakni “Tech Track”.

Diselenggarakan sejak 1992 secara global dan sejak 2009 di Indonesia, tahun ini adalah perayaan 30 tahun penyelenggaraan L’Oréal Brandstorm secara global. L’Oréal Brandstorm 2022 diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta di Indonesia dan lebih dari 83.000 peserta di seluruh dunia.

L’Oréal Brandstorm 2022 merupakan kompetisi inovasi terbesar berskala internasional. Prestasi tim Mon Soleil membuktikan kapasitas perempuan Indonesia di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (science, technology, engineering and mathematics/STEM).

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 Kategori Tech Trac k.jpg

Tiga mahasiswi yang berhasil menjadi juara di kategori Tech Track ini terdiri dari Angel Thrisananda Kusuma (mahasiswi School of Business Management ITB), Salma Yasyifa (mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi Farmasi di Sekolah Farmasi ITB), dan Yumna Dzakiyyah (mahasiswi Teknik Elektro dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB). Ketiganya tergabung dalam tim bernama Mon Soleil (matahariku dalam bahasa Prancis) dan berhasil menggeser tim dari Amerika Serikat serta Italia melalui inovasi mereka bernama HyperSync.

Hypersync ini disebut hadir dengan memanfaatkan teknologi yang dapat menghubungkan hormon dengan serum yang sesuai untuk kebutuhan kulit. “Aku kadang kalau di jalan suka denger podcast, lalu ada satu podcast yang menceritakan keluhan dia tentang masalah kulitnya karena hormon, di mana dia bilang harus tes hormon berkali-kali yang mahal. Terus, aku merasa hormon itu sangat berpengaruh ke kulit, lalu aku diskusi sama Salma dan Angela. Setelah kita tahu dari jurnal kalau ada hubungan antara kesehatan kulit dengan hormon, kita kontak expert untuk validasi,” papar Yumna, sebagaimana dikutip dari ITB.ac.id (2/7/2022).

[Baca Juga: Geliatkan UMKM yang Dikelola Perempuan, L’Oreal Gelar Program Akselarator]

Dengan kemenangan ini maka tim Mon Soleil rencananya akan diterbangkan ke Kota Paris , Prancis. Di sini mereka akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide produk inovatifnya tersebut melalui program intrapreneuership di kampus startup terkemuka di sana, yaitu Station F.

“Indonesian pride! L’Oréal Indonesia sangat bangga dengan prestasi yang diukir tim Mon Soleil dari Indonesia di ajang Brandstorm tingkat internasional tahun ini. Ini adalah kemenangan kedua dari perwakilan Indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2019 perwakilan Indonesia juga berhasil menang di tingkat internasional,” ujar President Director L’Oréal Indonesia Umesh Phadke dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (4/7/2022).

Dia menambahkan, "Kita kembali membuktikan bahwa talenta muda Indonesia bisa bersaing di level dunia dan inovasi yang dihasilkan talenta-talenta terbaik Indonesia ini dapat mendorong transisi menuju masa depan yang lebih baik dari aspek sosial, teknologi, maupun lingkungan."

Disrupt Beauty 2030

L’Oréal Brandstorm yang tahun ini mengusung tema “Disrupt Beauty 2030”, diharapkan dapat melahirkan serangkaian inovasi sebagai solusi masa depan untuk permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kecantikan.

Ajang ini mendapat antusiasme besar dari generasi muda Indonesia, yang terbukti dari jumlah peserta tingkat nasional di Indonesia yang melebihi angka 1.500 dan lebih dari 83.000 peserta secara global. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, L’Oréal Brandstorm 2022 terbuka bagi seluruh bidang studi dan menerima peserta dengan batas usia hingga 30 tahun, yang artinya bukan hanya mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam kompetisi.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Selain itu, mulai tahun ini juga ada tiga kategori yang dipertandingkan yaitu “Inclusion Track” – mengemukakan produk dan jasa yang dapat mendukung inklusivitas di dunia kecantikan; “Green Track” – menciptakan sebuah solusi yang semakin berkelanjutan bagi dunia kecantikan; dan “Tech Track” – merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi; mulai dari tahap final nasional, semifinal internasional, hingga final internasional.

“Kami bangga bisa mewakili dan mengharumkan nama Indonesia melalui L’Oréal Brandstorm 2022. Mendapat kesempatan untuk mengusung gagasan kami ke kancah Internasional merupakan sebuah pencapaian yang sangat kami syukuri,” kata Angela Thrisananda Kusuma, mewakili Mon Soleil.

Menurut Angela, meskipun persaingan kompetisi ini tidaklah mudah dan diuji oleh juri-juri internasional. "Kami bisa sampai sejauh ini berkat dukungan mentor hebat dari dosen ITB dan tim dari L'Oréal. Semoga inovasi kami, HyperSync, bisa memberikan manfaat nyata bagi masa depan industri kecantikan," ujarnya.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Selain Mon Soleil, Indonesia juga mengirimkan wakil di kategori Inclusion yaitu Stealth Squad dari ITB dengan inovasinya SunQuare terkait sinar UV untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo. Sementara untuk kategori Green, Indonesia diwakili oleh tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dengan inovasinya yang menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak yang terbuat dari selulosa.

Ketiga tim mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli dari L’Oréal di bidangnya untuk menghadapi tahap semifinal internasional pada bulan Mei 2022 dan akhirnya Mon Soleil berhasil masuk sebagai perwakilan Indonesia di final internasional pada 1 Juli 2022.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.