3 Manfaat Ajari Anak Makan Sendiri

Pendidikan

3 Manfaat Ajari Anak Makan Sendiri

Meskipun terdengar sederhana, melatih anak untuk makan sendiri merupakan hal yang tak jarang dikeluhakan para orangtua. Pasalnya, pada awal belajar makan sendiri akan menghabiskan waktu lama dan meninggalkan sisa-sisa makan yang berserakan.

Namun tanpa para orangtua sadari bahwa saat anak mencoba berlatih makan sednir, anak sedang mempelajari beberapa hal. Seperti dikutip dari Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut ini tiga manfaat berlatih makan sendiri.

1. Motorik Halus Terasah dengan Baik

Sama seperti makan menggunakan tangan, saat berlatih makan dengan sendok anak sudah cukup lihai. Anak tahun bagaimana lauk harus dipotong, seberapa besar lauk dipotong, hingga menyendok nasi bersamaan dengan lauk pun anak sudah mampu melakukannya sendiri.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

Saat kesulitan menyendok, maka tangan kirinya akan maju untuk menahan makanan agar bisa disendok tanpa terjatuh dari piringnya.

2. Melatih Anak Fokus

Ajak anak untuk duduk bersama saat ia makan sendiri. Hindari mainan di sekeliling anak. Jauhkan pula gawai dan televisi jika anak sedang makan. Tujuannya agar anak bisa fokus dengan makanannya. Sesekali anak pasti akan makan sambil menceritakan sesuatu yang ia senangi. Tanggapi dengan singkat saja. Lalu ingatkan anak agar makan tidak sambil berbicara. Ingatkan pula agar anak bisa menghabiskan makanan dengan segera, tetapi bukan berarti harus makan dengan cepat

3. Mengenali Porsi Makan Anak

Setiap anak tentu memiliki porsi makan yang berbeda-beda. Bahkan setiap hari pun terkadang nafsu makan serta porsi makannya busa berubah-ubah. Sebelum usia genap dua tahun, biasanya porsi makan masih sedikit dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Bisa dikarenakan saat itu masih minum ASI.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Namun, berbeda halnya setelah usianya menginjak dua tahun. Porsi makannya bertambah dan terkadang minta makan sebelum ditawarkan. Hal ini menunjukkan bahwa anak sudah bisa mengenali porsi makan untuk dirinya sendiri. Selain itu, juga sudah mulai tahu kapan saat lapar dan harus makan. Semua itu bukan diperoleh secara instan. Namun dengan melatih anak untuk terbiasa makan sendiri.

Itulah beberapa manfaat yang didapat anak saat belajar makan sendiri. Meskipun demikian, orangtua tetap harus membimbing dan mengawasi mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.