DEPOK_PENDIDIKAN_3 PILIHAN SEKOLAH INTERNASIONAL DI DEPOK BARU_OCI_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

3 Pilihan Sekolah Internasional di Depok Baru

Perkembangan pesat di Depok membuat aktivitas ekonomi dan infrastruktur menggeliat. Kini bermunculan banyak sekolah internasional yang tumbuh dan berkembang di kawasan Depok Baru. Sekolah-sekolah internasional ini melihat potensi pasar keluarga muda modern yang bermukim di Depok yang menginginkan pendidikan berkualitas bagi anak-anaknya. Pasar ekspatriat pun mulai tumbuh di Depok.

Secara kurikulum, sekolah internasional tentu memiliki kurikulum berbeda dengan sekolah umum lainnya. Misalnya saja dari bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Sekolah semacam ini akan bisa membuka peluang anak Indonesia supaya bisa bersaing di dunia internasional. Terlebih saat ini sudah masuk dalam perdagangan bebas dimana persaingan dari luar yang masuk ke Indonesia tak dapat dibendung.

Depok Montessori School

DEPOK_PENDIDIKAN_3 PILIHAN SEKOLAH INTERNASIONAL DI DEPOK BARU_OCI_REVISI 01-02.jpg

Alamat: Depok Maharaja D7-1, Jalan Sawangan Raya, Mampang, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16435

Telepon: +6221 77885753

Salah satu hal yang menjadi ciri khas sekolah Montessori adalah kelas berukuran grup-grup kecil yang terfokus pada anak. Kegiatan belajar pun dirancang untuk mengarahkan anak-anak untuk belajar mandiri, tanpa instruksi formal dari guru. Metode pengajaran didasarkan pada praktek dan penelitian Dr. Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik, peneliti pada awal abad kedua puluh, yang percaya bahwa belajar mandiri adalah metode terbaik untuk pendidikan dasar anak.

[Baca Juga : Keunikan Sekolah Karakter di Depok Indonesia]

Di sekolah Montessori, anak-anak didorong untuk menjadi pribadi yang mandiri, misalnya merapikan mainan mereka sendiri, berpakaian sendiri, dan bertindak seolah-olah mereka adalah satu keluarga. Tugas orang dewasa adalah membantu anak-anak dalam kegiatan apa pun yang mereka pilih untuk diri mereka sendiri, bukan mengajarkan mereka secara mendetail layaknya cara konvensional.

Prinsip utama sekolah Montessori adalah pembelajaran anak yang dicapai melalui permainan dan aktivitas yang dipilih oleh anak sendiri. Jika prinsip ini dilaksanakan dengan baik, hal ini akan mendukung anak-anak untuk menggunakan rasa ingin tahu alami mereka, dan minat akan dunia di sekitar mereka, untuk belajar keterampilan baru. Lulusan Montessori terbukti memiliki kemampuan berpikir kreatif dan out of the box, dan berfokus pada penyelesaian masalah.

Depok Montessori School mengakomodasi siswa usia dini, 4 bulan hingga 12 tahun, dari berbagai latar belakang, dan menyesuaikan bahan ajar dengan latar belakang setiap siswa. Depok Montessori School berkomitmen terhadap pembangunan masyarakat melalui misi yang berfokus pada pertumbuhan optimal anak yang seimbang antara akademis, sosial, emosional dan spiritual.

Kinderfield Primary School Depok

DEPOK_PENDIDIKAN_3 PILIHAN SEKOLAH INTERNASIONAL DI DEPOK BARU_OCI_REVISI 01-03.jpg

Alamat: Jl. Mentengan Raya, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Provinsi: Jawa Barat

Telepon: +6221 22072600

Sekolah ini memiliki prinsip anak-anak dapat belajar bahkan ketika mereka bermain. Kinderfield menciptakan lingkungan di mana anak-anak dapat mandiri, komunikatif, dan kritis. Setiap anak dihargai dengan keunikan mereka dan difasilitasi untuk mengembangkan potensi dengan program dan kurikulum yang sesuai.

Metode tersebut bisa dicapai dengan kerjasama secara konsisten antara sekolah dan orangtua. Itulah mengapa Kinderfield membangun komunikasi yang erat dan terbuka dengan orang tua untuk memastikan perkembangan potensi anak didik. Kinderfield menyediakan program yang cocok untuk semua jenis metode pembelajaran. Mereka mengembangkan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yang menstimulasi kepercayaan diri dan kemandirian anak-anak.

[Baca Juga : Kinderfield Duren Sawit dan Rekomendasi Sekolah Bilingual Lain]

Springfield School Raffles Hills Cibubur

DEPOK_PENDIDIKAN_3 PILIHAN SEKOLAH INTERNASIONAL DI DEPOK BARU_OCI_REVISI 01-04.jpg

Alamat: Jalan Alternatif Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16454

Telepon: +6221 8447939

Sekolah ini berdiri pada 1998 dengan visi dan misinya untuk mendidik dan membimbing murid. Para lulusannya diharapkan menjadi seseorang yang percaya diri, penuh kasih, berilmu pengetahuan. Kemudian, menjadi seorang pemimpin di era komunitas global sekarang.

Sejak didirikan, Springfield berkembang pesat. Sekarang memiliki lebih dari 1.000 murid dan memiliki tiga gedung sekolah di Permata Buana, Puri Indah (Jakarta Barat) dan Raffles Hills, Cibubur. Springfield School Cibubur menggunakan kurikulum International. Bahasa Inggris digunakan dalam metode pengajaran. Hal ini dibuktikan dengan Cambridge Examinations untuk kelas 3-6, Grade 8, 10, 11 dan 12, dan optional untuk Ujian Nasional.

Springfield School hadir di Raffles Hills Cibubur sejak 2006. Fasilitasnya lengkap. Seperti ruangan IT, perpustakaan, lapangan bermain, lapangan futsal, lapangan basket dan voli, ruangan art, musik. Juga, kolam renang.

Springfield School Cibubur membagi kelasnya. Mulai dari Toddler-TKB untuk anak-anak usia 18 bulan hingga 6 tahun. Tingkat Primary (P1-P6) dan Secondary School (G7-G10). Di kelas Toddler-TKB ini, anak-anak mulai diperkenalkan dengan program bermain dan belajar. Tentu, mengadopsi metode unik dari US, UK dan Singapura.

Pada November 2016, sekolah ini berhasil meraih predikat A dari Badan Akreditasi Nasional. Beberapa penghargaan dari kejuaraan lomba akademik yang diraih oleh para murid. Mereka mendapat predikat A+ di mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kimia dan Biologi. Prestasi dan kualitas pendidikan sekolah ini tak lepas dari peran pendidik. Tenaga pengajar diberi pelatihan rutin. Mereka memiliki sertifikasi, baik tingkat nasional ataupun internasional.

Tiga sekolah internasional di kawasan Depok Baru ini memberikan pilihan lain bagi orangtua untuk pendidikan anak-anaknya. Selain sekolah internasional, di Depok juga tersedia sekolah Islam terpadu, sekolah alam, dan sekolah karakter. Tinggal pilih saja mana yang lebih sesuai dengan pola asuh anak yang sudah diterapkan orangtua di rumah masing-masing.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  7 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  9 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  8 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.