3 Pola Makan Sehat di Musim Kemarau

Kesehatan

3 Pola Makan Sehat di Musim Kemarau

Saat ini efek musim kemarau sudah makin terasa di wilayah Jabodetabek dengan hujan yang sudah berbulan-bulan tidak turun. Dengan cuaca yang semakin kering, tidak bisa dipungkiri intensitas debu serta polusi pun semakin meningkat. Bila tubuh kondisi tubuh Anda sedang tidak baik atau sistem imunnya sedang menurun maka keadaan seperti ini dapat membuat diri Anda lebih rentan terserang penyakit. Salah satu cara mencegah ini terjadi adalah dengan menerapkan pola makan sehat selama musim kemarau.

Pola makan yang sehat ini diperlukan mengingat keracunan makanan akibat kontaminasi jamur serta bakteri disinyalir lebih tinggi kemungkinan terjadi di kala musim kemarau. Pasalnya, udara yang panas di musim kemarau disebut dapat mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri yang mengontaminasi makanan. Demi menghindari hal itu, berikut ini pola makan sehat yang bisa Anda terapkan di musim kemarau yang dilansir dari berbagai sumber (21/8/2019).

[Baca Juga: Memasuki Musim Kemarau, Ini Tips Menjaga Kulit yang Tepat]

1. Pastikan Mengonsumsi Makanan yang Higienis

Seperti yang dijelaskan di atas, kemungkinan kontaminasi jamur dan bakteri terhadap makanan lebih tinggi di musim kemarau. Jadi kunci untuk mencegahnya adalah memastikan apa pun yang Anda makan atau minum selalu higienis. Langkah yang bisa dilakukan tentu saja adalah membawa makanan dari rumah jika Anda beraktivitas di luar dan tidak sembarangan membeli makanan di pinggir jalan.

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Tidak hanya makanan dan minuman, alat makannya Anda pun harus higienis. Anda bisa memastikannya dengan cara selalu mencuci peralatan makan dan minum Anda dengan sabun sebelum digunakan. Hal ini juga berlaku untuk tangan, jika makan di luar, Anda bisa memanfaatkan hand sanitizer.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Ini merupakan aspek yang sebenarnya penting untuk dikonsumsi di segala musim, termasuk musim kemarau. Pasalnya, sayur dan buah memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda. Dari mulai membantu pencernaan Anda hingga mengurangi risiko penyakit seperti diabetes sampai kanker. Apalagi dengan sistem imun yang mudah turun di kala musim kemarau, konsumsi buah dan sayuran terasa semakin penting. Buah dan sayur yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan imun tubuh adalah jeruk dan brokoli.

3 Pola Makan Sehat di Musim Kemarau

3. Hindari Dehidrasi dengan Air Putih dan Jus

Penyakit heatstroke dan serangan dehidrasi dapat terjadi kapan saja ketika musim kemarau, khususnya bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Biasanya saat momen seperti ini, dorongan untuk mengonsumsi minuman dingin pun lebih tinggi apalagi minuman kemasan yang banyak dijual di mini market.

Daripada mengonsumsi minuman itu yang bila diminum secara berlebihan dapat meningkatkan potensi Anda terkena batuk, ada baiknya Anda membawa air putih di dalam tumbler agar bisa dikonsumsi kapan saja, khususnya saat berkeringat. Selain air putih, Anda juga bisa memberikan selingan minuman seperti jus segar. Karena jus seperti jus melon atau jeruk segar lebih baik dibandingkan kopi atau teh kemasan siap minum.

Dengan tiga pola makan sehat ini diharapkan Anda dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan tidak mudah sakit. Jika memang dirasa dibutuhkan, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem imun di tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.