Ikuti Tips Ini untuk Tidur Lebih Cepat

Kesehatan

3 Posisi Tidur Ini Bisa Membuat Anda lebih Nyenyak

Apakah tidur Anda gelisah dengan selalu berganti posisi sepanjang malam? Atau, Anda menderita gangguan tidur? Posisi tidur Anda mungkin memiliki sebagian pengaruh terhadap masalah ini. Ketika tubuh Anda dalam posisi tidur yang buruk, otak akan membunyikan alarm untuk bangun. Ini yang menyebabkan pola tidur Anda terganggu. Alih-alih bangun dengan tubuh segar, Anda malah mendapat pegal dan sakit sendi.

Otak Anda membunyikan alarm yang mengarah ke kualitas tidur yang lebih buruk ketika Anda berada dalam posisi tidur yang kurang bagus karena alasan penting. Seperti diterjemahkan dari artikel di realsimple.com (6/10/2019), seluruh organ tubuh, otot, semuanya bergantung pada aliran darah yang cukup untuk berfungsi. Tidur atau bangun, aliran darah ini sangat penting untuk kelangsungan hidup Anda.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

Jika Anda tidur dalam posisi bengkok, memutar, atau melengkung yang membatasi atau membahayakan aliran darah, otak Anda, sebagai fungsi pelindung, akan memberi sinyal pada tubuh Anda untuk bergerak, dan ketika Anda bergerak, tidur pun terganggu. Kekuatan dan pentingnya tidur untuk kesehatan total tidak bisa diremehkan.

Asisten Profesor di Departemen Ortopedi di Johns Hopkins University Rajwinder Deu, MD. mengatakan, "Tidur adalah fungsi tubuh yang penting. Sejumlah penelitian telah menunjukkan efek negatif pada kinerja fisik dan kognitif bila kualitas tidur buruk. Secara khusus, penelitian telah menunjukkan, kondisi itu dapat menghambat kinerja daya tahan, akurasi, waktu reaksi, dan pembelajaran. Selain itu, penelitian telah menunjukkan peningkatan risiko cedera kemungkinan karena kelelahan."

3 Posisi Tidur Ini Bisa Membuat Anda lebih Nyenyak

1) Tidur Tengkurap

Banyak pakar mengatakan untuk menghindari posisi tidur tengkurap karena menempatkan leher dan punggung dalam posisi ekstensi (posisi melengkung ke belakang), yang berarti ada aliran darah terbatas dan dapat mengganggu saraf Anda. "Otak Anda bereaksi pada leher dan punggungmu berada di posisi yang buruk," ujar Physical Therapy Specialist asal Amerika Serikat Colleen F Louw, masih dari sumber yang sama. Anda dapat meletakkan bantal di bawah pusar atau panggul untuk membantu punggung bagian bawah, tetapi leher Anda masih dalam posisi yang tidak tepat. Kepala Anda akan diputar ke kiri atau ke kanan, dan memegang posisi diam ini akan membuat leher Anda stres. Kombinasi ini membuat tidur tengkurap kurang ideal untuk tulang belakang Anda.

3 Posisi Tidur Ini Bisa Membuat Anda lebih Nyenyak

2) Tidur Telentang

Tidur telentang juga tidak bagus, terutama jika lutut Anda lurus. Posisi berkaki lurus membuat punggung bagian bawah lebih panjang, seperti tidur perut. Louw mengatakan, cara terbaik untuk memperbaiki posisi tidur ini adalah meletakkan dua bantal di bawah lutut agar darah tetap mengalir. "Modifikasi posisi punggung bagian bawah adalah kuncinya, seperti halnya menghindari bantal besar di bawah kepala Anda. Bantal besar yang diisi berlebihan dapat memberi tekanan pada cakram tulang belakang di leher Anda," kata Louw.

3 Posisi Tidur Ini Bisa Membuat Anda lebih Nyenyak

3) Tidur Miring

Sementara tidur samping tampaknya menjadi yang paling baik bagi kesehatan tulang belakang. Posisi tidur ini terbaik bagi kebanyakan orang. Namun, diperlukan waktu untuk membiasakan diri, jika diatur dengan benar. "Saya menyarankan tidur menyamping," kata Louw. Ia menambahkan, Anda harus meletakkan bahu di atas bantal datar untuk mencegah tubuh bagian atas Anda berputar ke depan atau ke belakang. Sebenarnya, menempatkan kepala di bantal biasa sudah cukup, tapi dia juga merekomendasikan bantal di antara lutut dan di antara pergelangan kaki. Menambahkan bantal pada lutut dan pergelangan kaki Anda mencegah berguling ke depan atau ke belakang sehingga memutar pinggul dan bahu Anda. Jika telinga, bahu, pinggul, dan pergelangan kaki semuanya dalam satu garis, posisi ini akan sangat nyaman.

[Baca Juga: Susah Tidur Karena Depresi? Begini Cara Mengatasinya]

Posisi tidur terbaik berbeda untuk setiap tubuh, jadi memperhatikan bagaimana perasaan Anda saat tidur adalah umpan balik terbaik Anda. "Ketika Anda tidak merasakan apa-apa secara fisik ketika akan tidur, maka Anda akan tahu Anda berada di posisi yang tepat," kata Louw. Berikut adalah cara mudah untuk membuat tiga posisi tidur populer lebih baik untuk tubuh dan kualitas tidur Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.