Tiga RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim

Berita Kawasan

3 RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program nasional yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penilaian terhadap kampung-kampung yang ikut dalam program ini pun sudah dimulai di sejumlah wilayah yang di mana salah satunya adalah di Jakarta Utara. Di wilayah tersebut terhitung ada sekira tiga rukun warga (RW) yang siap dinilai oleh tim dari KLHK.

ProKlim yang saat ini digelar mengacu kepada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 Tahun 2016. Berdasarkan penjelasan di ditjenppi.menlhk.go.id, Program Kampung Iklim ditujukan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya dalam penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca. Program ini dapat direalisasikan pada wilayah administrasi paling rendah di tingkat RW serta dusun dan paling tinggi di tingkat kelurahan atau desa.

[Baca Juga: Nelayan Kepulauan Seribu Waspada Perubahan Cuaca]

Pada 24 Juni 2019, Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyambut tim penilai ProKlim dari KLHK di RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di sana ia berharap, tiga RW yang ikut di dalam program ini dapat meraih respons positif atas kerja keras yang dilakukan selama ini untuk merealisasikan ProKlim.

Tiga RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim

Ia mengaku, dalam proses realisasinya, ProKlim tidaklah mudah. Pasalnya, hal utama yang perlu diubah adalah pola pikir dari masyarakat di RW yang ikut dalam program ini, khususnya terkait kesadaran lingkungan. Hal ini dimulai dari hal yang terkecil dari setiap warganya, seperti pemilihan sampah rumah tangga.

Namun usaha dari pihak pemerintah setempat beserta warga di RW yang ikut ProKlim pun mulai terlihat dampak positifnya. Hal ini terlihat dari RW 03 di Kelurahan Gading Timur yang memiliki program unggulan bank sampah dengan nama The Gade. Warga di RW ini juga memiliki program reduksi sampah organik yang memanfaatkan cacing dan pemanfaatan air hujan untuk penghijauan.

[Baca Juga: Naked Inc. Tawarkan Solusi Gaya Hidup Ramah Lingkungan]

Tim penilai dari KLHK sudah memiliki komponen utama yang menjadi bagian penilaian dari setiap peserta Program Kampung Iklim. Di mana komponen itu terdiri dari mitigasi, adaptasi, dan kelompok masyarakat yang mendapatkan dukungan berkelanjutan. Jika wilayah yang dinilai berhasil merealisasikan komponen utama tersebut maka kampung itu akan layak dikunjungi dan menjadi rujukan sebagai kampung wisata.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.