PONDOK INDAH-BISNIS-INI TIPS BISNIS EKSPEDISI DARI JT EKSPRESS-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

3 Tips Bisnis Ekspedisi dari J&T Express

Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar. Sehingga untuk menuju ke suatu daerah belum tentu bisa digapai dengan kendaraan darat. Sehingga moda transportasi seperti pesawat dan kapal sangat dibutuhkan di negara ini. Moda transportasi ini tentunya bukan hanya berfungsi untuk membawa manusia pindah dari satu tempat ke tempat lain, transportasi ini juga berperan penting untuk distribusi barang dan kebutuhan logistik seperti obat-obatan, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya. Jika Anda jeli, mungkin ini bisa jadi peluang bisnis yang bisa Anda jajaki, yaitu bisnis ekspedisi.

Bisnis ekspedisi tentunya sangat dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia. Apalagi masyarakat sibuk bekerja dari Senin hingga Jumat, tentunya mengirim barang atau dokumen ke suatu tempat merupakan perkara yang sulit, jika harus dilakukan sendiri. Bisnis ekspedisi merupakan bisnis yang menyediakan jasa pengantaran barang atau dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya.

[Baca Juga: Bijak Menyikapi Era Digitalisasi pada Bisnis Ritel]

Bisnis ini memiliki prospek ke depannya juga masih sangat bagus karena pertumbuhan bisnis online yang semakin berkembang baik. Banyaknya UKM yang menjual produknya secara daring dan brand besar yang memilih untuk mencoba menjual produknya daring akan membuat bisnis ekspedisi ini terus berkembang seiring berjalananya perkembangan bisnis daring.

Menurut Stevan Valentino, Head of E-Commerce Partnership J&T Express Indonesia, saat ditemui di SCBD, Senayan, Jakarta Selatan (24/10) mengatakan jika 82 persen masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dan 62 persen lebih memilih belanja daring menggunakan smartphone. Bisa dibayangkan bukan, sebanyak 62 persen pemilik smartphone di Indonesia belanja daring. Pastinya volume pengiriman barang antarkota akan semakin tinggi

1. Tantangan Bisnis Ekspedisi

Namun menurut presentasi Stevan, tantangan dalam bisnis ekspedisi adalah cakupan infrastruktur, kepadatan lalu lintas, bakat dan sumber teknologi. Menurut penuturannya, pengiriman ke daerah yang terpelosok kadang memang menyulitkan distribusi. Beberapa daerah bahkan memiliki akses yang sulit seperti belum adanya jalan aspal, jembatan yang sulit dilewati, atau cuaca yang tidak mendukung.

Selain itu kepadatan lalu lintas. Hal yang satu ini tentu bisa jadi bahan pertimbangan Anda ketika ingin memulai bisnis ekpedisi, mengingat lalu lintas di beberapa kota besar sulit diprediksi. Selain itu tenaga kerja yang mumpuni dan mobilitas menggunakan teknologi juga harus Anda perhatikan untuk jenis usaha ini. pasalnya jika barang tidak tersistem dengan rapi kemungkinan barang hilang akan besar terjadi.

2. Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Ekspedisi

Selain membagikan tantangan bisnis ekspedisi, Stevan juga membagikan trik khusus yang bisa Anda gunakan sebagai pemain baru. Untuk memenuhi keinginan konsumen Anda harus menyiapkan call centre yang selalu aktif, J&T Express sendiri menyediakan call centre untuk 24 jam selama 365 hari. Pastikan juga jangkauan agen Anda nasional agar bisa dirasakan banyak masyarakat, lalu teknologi dan pembayaran.

[Baca Juga: Daya Tarik Investasi Properti di Kawasan Pondok Indah]

Jika Anda menyediakan berbagai macam jenis pembayaran tentunya konsumen akan lebih puas dan memiliki banyak pilihan. Jika konsumen tidak memiliki uang cash, mereka bisa menggunakna pilihan pembayaran lain. Selain itu selalu mengikuti perkembangan teknologi. Tentunya bukan zamannya lagi menulis dikertas keterangan pengiriman. Data pengiriman harus sudah tersistem secara daring dan otomatis sehingga pegawai Anda nantinya hanya butuh menginputnya ke dalam komputer.

3. Manfaat Meningkatkan Fasilitas atau Layanan

Untuk memulai bisnis ini mengapa Anda harus memahami beberapa hal dan harus mempersiapkan banyak hal? Tentunya jika Anda mempersiapkan dengan baik Anda akan mendapatkan dampak yang baik pula. Konsumen akan mendapatkan user experience yang baik dan sempurna sehingga tak ragu menggunakan jasa Anda kembali. Untuk memberikan user experience yang lebih menarik, Anda juga bisa membuat beberapa program pada bisnis ekspedisi Anda.

Jika berkaca pada J&T, ekspedisi yang satu ini melakukan beberapa kerja sama dan program, misalnya, memberikan penghargaan pada penggiat UMKM yang menjual produknya secara daring dan memberikan wisata gratis, memberikan program edukasi mengenai pengemasan yang baik dan benar, dan bekerja sama dengan beberapa e-commerce besar di Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Toko Roti Masion Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Masion Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19

03 July 2020, 17:00

Pemprov Jabar mengumumkan sudah mengambil lebih dari 70.000 sampel swab test COVID-19 dalam usaha mengejar standar minimal WHO.

Indonesia-dan-WHO-Kerja-Sama-Studi-COVID-19.jpg

Kesehatan

Sinergi Indonesia dan WHO Untuk Lakukan Studi COVID-19

03 July 2020, 15:00

Berpartisipasi dalam studi internasional ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai COVID-19.

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia.jpg

Pendidikan

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia

03 July 2020, 14:00

Ternyata aspek modernisasi di media pada era Orde Baru didorong Dahlan Iskan usai ia mengikuti program ILVI ke Amerika Serikat.


Comments


Please Login to leave a comment.