3 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadan

Kesehatan

3 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadan

Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan, meningkatkan ibadah, serta kemampuan diri. Walau menahan makan dan minum sampai matahari tenggelam, bukan alasan untuk tidak melakukan apa pun. Justru, jika Anda aktif saat berpuasa, Anda akan lupa rasanya lapar dan haus.

Saat berpuasa tubuh Anda mungkin akan terasa lemas karena kurangnya asupan cairan, namun saat bulan Ramadan bukanlah alasan untuk rehat dari kebiasaan berolahraga. Pasalnya, saat berpuasa Anda masih bisa berolahraga. Walaupun dibolehkan, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah satu jam setelah makan. Maka dari itu, dilansir dari me.askmen.com (9/5/2019) berikut waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan Ramadan.

1. Sebelum Sahur

Berolahraga sebelum makan saat pagi hari merupakan hal yang normal dilakukan banyak orang. Tapi karena sedang memasuki bulan puasa, jadwal ini sedikit dimajukan. Anda bisa memulai berolahraga ringan mulai pukul 3-4 pagi. Setelah berolahraga ringan, jangan lupa untuk menikmati hidangan sahur. Pastikan hidangan sahur Anda memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan nutrisi yang seimbang. Jangan lupa pula untuk memilinum air putih minimal sebanyak dua gelas.

2. Satu Jam Sebelum Buka Puasa

Sebentar lagi buka puasa, bukannya lemas biasanya di waktu-waktu ini Anda bersemangat menunggu azan maghrib berkumandang. Bahkan bisa juga, satu jam sebelum buka puasa Anda pergi keluar rumah untuk beli makanan untuk berbuka. Setelah kembali ke rumah, Anda bisa olahraga dengan intensitas rendah, jangan lakukan angkat beban atau HIIT (high-intensity interval training), saat perut masih kosong, pasalnya energi yang Anda miliki sangat rendah.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

3. Setelah Salat Tarawih

Waktu ini merupakan waktu yang paling ideal untuk Anda berolahraga. Setelah salat tarawih biasanya perut Anda sudah terisi dan biasanya makanan sudah dicerna karena Anda sudah makan sejak waktu magrib. Namun pastikan Anda meminum banyak air untuk memastikan cairan ditubuh Anda terpenuhi dengan baik.

Sebenarnya tak ada waktu yang sempurna untuk berolahraga saat Ramadan, semuanya tergantung dengan tubuh dan pola olahraga Anda biasanya. Namun Anda bisa mencoba melakukan olahraga di waktu yang sudah dijelaskan di atas dan cari waktu yang terbaik untuk Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.