3 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadan

Kesehatan

3 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadan

Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan, meningkatkan ibadah, serta kemampuan diri. Walau menahan makan dan minum sampai matahari tenggelam, bukan alasan untuk tidak melakukan apa pun. Justru, jika Anda aktif saat berpuasa, Anda akan lupa rasanya lapar dan haus.

Saat berpuasa tubuh Anda mungkin akan terasa lemas karena kurangnya asupan cairan, namun saat bulan Ramadan bukanlah alasan untuk rehat dari kebiasaan berolahraga. Pasalnya, saat berpuasa Anda masih bisa berolahraga. Walaupun dibolehkan, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan olahraga.

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah satu jam setelah makan. Maka dari itu, dilansir dari me.askmen.com (9/5/2019) berikut waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan Ramadan.

1. Sebelum Sahur

Berolahraga sebelum makan saat pagi hari merupakan hal yang normal dilakukan banyak orang. Tapi karena sedang memasuki bulan puasa, jadwal ini sedikit dimajukan. Anda bisa memulai berolahraga ringan mulai pukul 3-4 pagi. Setelah berolahraga ringan, jangan lupa untuk menikmati hidangan sahur. Pastikan hidangan sahur Anda memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan nutrisi yang seimbang. Jangan lupa pula untuk memilinum air putih minimal sebanyak dua gelas.

2. Satu Jam Sebelum Buka Puasa

Sebentar lagi buka puasa, bukannya lemas biasanya di waktu-waktu ini Anda bersemangat menunggu azan maghrib berkumandang. Bahkan bisa juga, satu jam sebelum buka puasa Anda pergi keluar rumah untuk beli makanan untuk berbuka. Setelah kembali ke rumah, Anda bisa olahraga dengan intensitas rendah, jangan lakukan angkat beban atau HIIT (high-intensity interval training), saat perut masih kosong, pasalnya energi yang Anda miliki sangat rendah.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

3. Setelah Salat Tarawih

Waktu ini merupakan waktu yang paling ideal untuk Anda berolahraga. Setelah salat tarawih biasanya perut Anda sudah terisi dan biasanya makanan sudah dicerna karena Anda sudah makan sejak waktu magrib. Namun pastikan Anda meminum banyak air untuk memastikan cairan ditubuh Anda terpenuhi dengan baik.

Sebenarnya tak ada waktu yang sempurna untuk berolahraga saat Ramadan, semuanya tergantung dengan tubuh dan pola olahraga Anda biasanya. Namun Anda bisa mencoba melakukan olahraga di waktu yang sudah dijelaskan di atas dan cari waktu yang terbaik untuk Anda.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.