Peringati Hari Jantung Sedunia, 3.000 Warga Depok Ikuti Senam Jantung

Kesehatan

3.000 Warga Depok Senam Jantung Sehat di Hari Jantung Sedunia

Setiap tanggal 29 September setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia. Hari ini selalu diperingati dengan tujuan untuk mempromosikan pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia, penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Peringati Hari Jantung Sedunia, 3.000 Warga Depok Ikuti Senam Jantung

Begitu pula di Indonesia, penyakit ini juga jadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam mencegah tingginya kesakitan dan kematian. Namun walau penyakit jantung jadi penyebab nomor satu jumlah kematian tinggi, penyakit ini bisa dicegah. Melansir dari p2ptm.kemkes.go.id (7/10/2019) Kementerian Kesehatan dengan profesional kesehatan yang telah membentuk komite nasional untuk membuat program pencegahan penyakit jantung agar bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian.

[Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung]

Maka dari itu untuk memperingati Hari Jantung Sedunia, Kota Depok menyelenggarakan senam jantung sehat. Kegiatan ini diikuti 3.000 warga Depok pada 6 Oktober lalu sebagaimana dilansir dari depok.go.id. Senam jantung sehat dipandu oleh instruktur yang berasal dari Klub Jantung Sehat (KJS).

Menurut Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Depok Sidik Mulyono, setiap orang harus merawat jantung agar selalu sehat. Mengingat, jantung merupakan organ penting yang dimiliki manusia. “Kemana kita pergi, jantung merupakan pintu gerbang kehidupan. Maka agar kita bisa memiliki umur panjang, selain karena takdir Allah, harus berupaya agar jantung tetap sehat,” ujar Sidik.

[Baca Juga: Makanan Pengusir Penyakit Jantung]

Kesehatan jantung memang hanya sekedar olahraga, pola makan dan asupan makan yang tepat juga akan membantu Anda menyehatkan jantung. Berikut makanan yang bisa ditambahkan ke menu makanan Anda tiap hari:

  1. Kacang Hitam
  2. Salmon
  3. Tuna
  4. Kenari
  5. Almond
  6. Edamame, dll.

Sidik melanjutkan, FORMI Kota Depok akan terus membudayakan olahraga di masyarakat, menurutnya minimal warga memiliki satu olahraga yang dilakukan secara rutin agar terhindar dari penyakit jantung. “Jadi selain rajin olahraga kita juga harus perhatikan pola makan. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh dalam tubuh, termasuk ke peredaran darah kita,” tutup Sidik.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.