Peringati Hari Jantung Sedunia, 3.000 Warga Depok Ikuti Senam Jantung

Kesehatan

3.000 Warga Depok Senam Jantung Sehat di Hari Jantung Sedunia

Setiap tanggal 29 September setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia. Hari ini selalu diperingati dengan tujuan untuk mempromosikan pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia, penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Peringati Hari Jantung Sedunia, 3.000 Warga Depok Ikuti Senam Jantung

Begitu pula di Indonesia, penyakit ini juga jadi penyebab kematian tertinggi sehingga seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam mencegah tingginya kesakitan dan kematian. Namun walau penyakit jantung jadi penyebab nomor satu jumlah kematian tinggi, penyakit ini bisa dicegah. Melansir dari p2ptm.kemkes.go.id (7/10/2019) Kementerian Kesehatan dengan profesional kesehatan yang telah membentuk komite nasional untuk membuat program pencegahan penyakit jantung agar bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian.

[Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung]

Maka dari itu untuk memperingati Hari Jantung Sedunia, Kota Depok menyelenggarakan senam jantung sehat. Kegiatan ini diikuti 3.000 warga Depok pada 6 Oktober lalu sebagaimana dilansir dari depok.go.id. Senam jantung sehat dipandu oleh instruktur yang berasal dari Klub Jantung Sehat (KJS).

Menurut Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Depok Sidik Mulyono, setiap orang harus merawat jantung agar selalu sehat. Mengingat, jantung merupakan organ penting yang dimiliki manusia. “Kemana kita pergi, jantung merupakan pintu gerbang kehidupan. Maka agar kita bisa memiliki umur panjang, selain karena takdir Allah, harus berupaya agar jantung tetap sehat,” ujar Sidik.

[Baca Juga: Makanan Pengusir Penyakit Jantung]

Kesehatan jantung memang hanya sekedar olahraga, pola makan dan asupan makan yang tepat juga akan membantu Anda menyehatkan jantung. Berikut makanan yang bisa ditambahkan ke menu makanan Anda tiap hari:

  1. Kacang Hitam
  2. Salmon
  3. Tuna
  4. Kenari
  5. Almond
  6. Edamame, dll.

Sidik melanjutkan, FORMI Kota Depok akan terus membudayakan olahraga di masyarakat, menurutnya minimal warga memiliki satu olahraga yang dilakukan secara rutin agar terhindar dari penyakit jantung. “Jadi selain rajin olahraga kita juga harus perhatikan pola makan. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh dalam tubuh, termasuk ke peredaran darah kita,” tutup Sidik.

Read More

Artikel Lainnya

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Apakah Fungsi Ada Kotak Biru di Stasiun LRT?

27 February 2020, 13:00

Apakah Pointers pernah melihat ada kotak biru di seluruh stasiun LRT Jakarta? Kota itu akan ada sampai 2 Maret 2020. Kotak apakah itu?

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

Kuliner

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

27 February 2020, 12:00

Tahukah Anda kandungan nutrisi dalam roti sourdough terbilang lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan roti konvensional?

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

27 February 2020, 11:00

Terendamnya 94 titik di Jakarta telah menarik simpati berbagai pihak. Solidaritas untuk sesama, PT LRT Jakarta dan ACT Sulsel galang donasi bagi warga korban banjir.

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

Bisnis

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

27 February 2020, 10:00

Gelar Produk IKM Jakarta dilangsungkan di Mal Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini memang fokus pada UKM.


Comments


Please Login to leave a comment.