323 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tangsel

Pendidikan

323 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tangerang Selatan

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan tahunan yang digagas Kementerian Agama. Dalam kompetisi tersebut, ada tiga mata pelajaran yang dilombakan, yakni Matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. KSM diikuti dari berbagai tingkat pendidikan yang terdiri dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Pembukaan KSM tingkat Kota Tangerang Selatan, secara langsung dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie di MAN Insan Cendekia, Serpong pada 20 Juli 2019. Melansir laman tangerangselatankota.go.id (22/07/2019), selain Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, KSM yang diikuti 323 peserta ini turut dihadiri Direktur KSKK Madrasah Kemenag A. Umar, Kepala Kantor Kemenag Tangsel Abdul Rojak, dan para Kepala Madrasah se-Kota Tangsel.

[Baca Juga: Engineering for Kids, Permudah Buah Hati Belajar Sains]

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, menyambut baik diadakannya KSM ini. Dirinya mengupayakan adanya anggaran untuk kegiatan KSM. "Karena bagaimanapun nama kota Tangsel ikut harum jika siswa-siswi madrasah meraih prestasi di tingkat provinsi dan nasional," katanya.

Menurutnya, ada sejumlah event besar berskala nasional yang tidak memiliki anggaran seperti KSM, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Pentas PAI hingga Hari Santri. Sudah seharusnya Pemkot Tangsel yang memiliki motto religius ikut mendukung anggaran karena prestasi yang diraih ikut mengharumkan nama Kota Tangsel. "Yang pasti Pemkot Tangsel mendukung kegiatan positif ini. Bagi peserta yang berjuanglah dengan fair," ucapnya.

[Baca Juga: DPRD Kota Tangsel Bentuk Pansus LKPJ 2018]

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan program Kementerian Agama RI dalam rangka menggali potensi akademik siswa-siswi madrasah khususnya dalam bidang sains. "KSM ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Nasional. Semoga melalui kegiatan KSM ini akan lahir para ilmuwan yang handal dari madrasah," terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.