323 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tangsel

Pendidikan

323 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Tangerang Selatan

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan tahunan yang digagas Kementerian Agama. Dalam kompetisi tersebut, ada tiga mata pelajaran yang dilombakan, yakni Matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. KSM diikuti dari berbagai tingkat pendidikan yang terdiri dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Pembukaan KSM tingkat Kota Tangerang Selatan, secara langsung dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie di MAN Insan Cendekia, Serpong pada 20 Juli 2019. Melansir laman tangerangselatankota.go.id (22/07/2019), selain Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, KSM yang diikuti 323 peserta ini turut dihadiri Direktur KSKK Madrasah Kemenag A. Umar, Kepala Kantor Kemenag Tangsel Abdul Rojak, dan para Kepala Madrasah se-Kota Tangsel.

[Baca Juga: Engineering for Kids, Permudah Buah Hati Belajar Sains]

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, menyambut baik diadakannya KSM ini. Dirinya mengupayakan adanya anggaran untuk kegiatan KSM. "Karena bagaimanapun nama kota Tangsel ikut harum jika siswa-siswi madrasah meraih prestasi di tingkat provinsi dan nasional," katanya.

Menurutnya, ada sejumlah event besar berskala nasional yang tidak memiliki anggaran seperti KSM, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Pentas PAI hingga Hari Santri. Sudah seharusnya Pemkot Tangsel yang memiliki motto religius ikut mendukung anggaran karena prestasi yang diraih ikut mengharumkan nama Kota Tangsel. "Yang pasti Pemkot Tangsel mendukung kegiatan positif ini. Bagi peserta yang berjuanglah dengan fair," ucapnya.

[Baca Juga: DPRD Kota Tangsel Bentuk Pansus LKPJ 2018]

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan program Kementerian Agama RI dalam rangka menggali potensi akademik siswa-siswi madrasah khususnya dalam bidang sains. "KSM ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Nasional. Semoga melalui kegiatan KSM ini akan lahir para ilmuwan yang handal dari madrasah," terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.