WhatsApp Image 2021-06-08 at 6.59.01 PM(1).jpeg

Kesehatan

33 Warga Positif COVID-19, Resepsi Pernikahan di Kabupaten Bekasi Dilarang

Wakil Satgas Kabupaten Bekasi Kombes Hendra Gunawan meminta pihak terkait tidak memberikan izin acara apapun yang berpotensi menimbulkan keramaian.

"Saya meminta gugus tugas untuk tidak memberikan izin hajatan yang bisa menimbulkan kluster baru. Kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan dilarang sementara waktu."kata Hendra kepada wartawan Rabu, 9 Juni 2021 sore

Nantinya, jika ada warga di wilayah Kabupaten Bekasi yang tetap menggelar acara pernikahan atau acara lainnya yang menimbulkan kerumunan Satgas COVID-19 akan membubarkan kegiatan tersebut dan dapat dikenakan sanksi hingga pidana. "Sudah ada aturannya, kalau bandel terus bisa kena sanksi pidana," katanya.

Kasus bermula saat ada empat orang warga Villa Mutiara Gading, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi positif COVID-19 usai menghadiri acara pernikahan di wilayah tersebut.

WhatsApp Image 2021-06-08 at 7.00.42 PM.jpeg

Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi kemudian melakukan tracking dan melakukan swab massal terhadap 120 orang untuk dilakukan swab antigen yang berkontak langsung dengan warga yang positif. Hasilnya 22 orang dinyatakan positif virus Corona.

Kapolsek Tarumajaya, AKP Edy Suprayitno mengatakan warga yang positif langsung dibawa ke Hotel Ibis Cikarang untuk isolasi. "Semua diisolasi terpusat di hotel Ibis Cikarang," kata Edy pada Rabu, 9 Juni 2021.

Banyaknya warga yang positif, petugas melakukan upaya mikro lockdown atau pembatasan kegiatan seperti sosial, budaya, keagamaan yang menimbulkan kerumunan. Satgas juga hingga kini masih melakukan tes terhadap warga. "Masih dilakukan tracking dan dilakukan pemeriksaan dengan swab antigen,"katanya.

Pada Selasa, 8 Juni 2021 sore petugas kembali menjemput tujuh warga yang dinyatakan positif virus Corona, ketujuh warga tersebut masih dalam satu keluarga dan diketahui terpapar setelah datang ke acara pernikahan tersebut.

[Baca Juga: 5 Hari Terakhir Kasus COVID-19 Kota Bekasi Melonjak Tajam]

Satu persatu warga yang positif masuk ke dalam ambulans yang telah disiapkan oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi untuk dibawa ke tempat isolasi di hotel Ibis Cikarang. Saat ini kluster pernikahan di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi mencapai 33 orang, 31 diantaranya diisolasi di hotel Ibis Cikarang sementara sisanya diisolasi di rumah sakit Ananda Babelan, Kabupaten Bekasi.

Banyaknya warga yang positif virus Corona, Satgas meminta warga di Villa Mutiara Gading, Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi melarang kegiatan apapun sampai kondisinya kondusif.

Dalam laman situs Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, pikokabsi.bekasikab.go.id (9/6/2021) jumlah kasus aktif naik dari 597 menjadi 629 orang atau bertambah 32 orang dari sehari sebelumnya.

Pasien yang dirawat di rumah sakit bertambah 15 orang menjadi 217 orang. Pasien isolasi mandiri bertambah 17 orang menjadi 412 orang. Sedangkan untuk kasus meninggal dunia bertambah 2 orang menjadi 287 orang.

Sebaran kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Bekasi terdapat di 22 kecamatan. Adapun kasus tertinggi berada di Kecamatan Tambun Selatan sebanyak 85 orang, Karangbahagia 64 orang, Cibitung 57 orang, Cikarang Selatan 51 orang, Cikarang Barat 48 orang, Cikarang Utara 43 orang dan Tambun Utara 42 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.