37 Puskesmas Kota Semarang Sudah Bisa Melakukan Vaksinasi

Kesehatan

37 Puskesmas Kota Semarang Sudah Bisa Melakukan Vaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Moh. Abdul Hakam menerangkan jika 37 puskemas Kota Semarang sudah dapat melakukan vaksinasi mulai tanggal 2 Juni 2021, khususnya usia pralansia. “Mereka datang langsung ke puskesmas. Mulai Senin besok, kami buka di Sam Poo Kong. Kami launching vaksinasi pralansia, pelaku ekonomi, dan transportasi massal,” papar Hakam, biasa disapa. Demikian keterangan tertulis yang diterima tim redaksi PingPoint.co.id, Sabtu (5/6/2021).

Hari ini, kami meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Krobokan Kota Semarang. Pendaftaran dibuka mulai pukul 07.00 WIB- 08.45 WIB. Jika sebelum pukul 08.45 WIB jumlah pendaftar melebihi jumlah stok vaksin, maka pendaftar tidak bisa mengikuti vaksinasi pada hari ini dan akan dihubungi kembali oleh pihak puskesmas. Malah, petugas puskemas menganjurkan untuk mendatangi pusat vaksinasi di Sam Poo Kong mulai Senin besok.

Selama bulan Ramadan! Layanan Vaksinasi Lansia di Jakarta Utara 24 Jam.jpg

Selain itu, pihak Puskesmas Kelurahan Krobokan Kota Semarang dalam mengejar sasaran vaksinasi usia lansia, mereka melalukan sistem jemput bola atau dor to dor. Keterangan ini kami dapatkan dari Sarimin, seorang warga lansia di RW 03 Kelurahan Krobokan. Beliau menerangkan jika rumahnya didatangi petugas puskesmas untuk dilakukan vaksinasi pertama bagi lansia. Begitu pula untuk vaksinasi kedua, Sarimin mengaku pihak puskemas akan mendatangi kembali rumahnya setelah sebulan dia menerima vaksin tahap pertama.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Semarang mulai menyasar usia pralansia untuk mengikuti vaksinasi. Kelompok yang masuk vaksinasi pralansia yakni warga berusia 50 tahun ke atas hingga batas usia lansia. Alur pendaftaran vaksinasi pralansia melalui victori.semarangkota.go.id. Kemudian pilih pendaftaran pralansia. Pendaftar tinggal mengisi NIK, nomor KK, dan data diri yang lengkap. Nantinya, jadwal pelaksanaan vaksinasi akan dikirim melalui WA Blast Dinkes atau dapat dipantau melalui smg.city/ status-vaksinasi.

[Baca Juga: Layanan Vaksinasi Drive Thru Dinkes Kota Semarang, Targetkan Lansia]

Hal ini lantaran menurut Hakam dengan percepatan vaksinasi pralansia diharapkan angka kasus COVID-19 di Kota Semarang bisa semakin menurun. Pasalnya, sejak 2020 persentase tertinggi warga yang terpapar COVID-19 berasal dari kalangan usia 55 tahun ke atas. “Dengan adanya percepatan pralansia, kasus benar- benar turun. Mortalitas juga turun,” tuturnya.

Di sisi lain, Hakam melanjutkan jika Dinkes masih mengebut vaksinasi lansia. Hingga saat ini capaian vaksinasi lansia sudah mencapai 69 persen atau sekitar 95 ribu dari total sasaran. Vaksinasi masih dilakukan dengan mekanisme 3 in 1 yakni satu non lansia harus membawa dua lansia. Drive thru di halaman Balaikota dan jemput bola di kampung- kampung juga masih berjalan untuk mempercepat vaksinasi lansia. Apalagi menurut keterangan pihak Puskesmas Kelurahan Krobokan Kota Semarang jika jadwal vaksinasi dilakukan setiap hari kecuali tanggal merah atau hari libur.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.