4 Cara Membuat Cat Kamar Mandi Tahan Lama

Properti dan Solusi

4 Cara Membuat Cat Kamar Mandi Tahan Lama

Kamar mandi merupakan ruangan yang penting di sebuah properti. Karena digunakan untuk kegiatan yang kerap kali menggunakan air, kamar mandi jadi ruangan yang paling rentan bermasalah karena suhu ruangannya lebih lembap dibandingkan tempat lainnya. Beberapa masalah umum yang kerap kali muncul di kamar mandi adalah cat dinding mengelupas, rusak, atau bahkan berubah warna, padahal belum setahun cat kamar mandi baru saja diganti.

Namun jika Anda tau trik merawatnya, cat dinding di kamar mandi akan lebih awet dan tahan lama. Melansir dari thespruce.com (12/6/2019) inilah beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah.

[Baca Juga: 3 Warna Cat untuk Langit-langit Agar Ruangan Terasa Lebih Luas]

1. Pencahayaan Baik

Pastikan kamar mandi Anda memiliki pencahayaan yang baik dan cukup, sehingga penanganannya tepat. Jika kamar mandi Anda terpapar sinar matahari langsung, jangan gunakan cat glossy karena mudah mengelupas dan kering. Cahaya matahari juga membuat cat dengan mudah berubah warna. Sehingga pastikan cahaya matahari tak langsung terkena area kamar mandi.

Jika menggunakan lampu pastikan, gunakan lampu dengan kualitas baik yang disesuaikan dengan besarnya ruangan. Jangan terlalu gelap maupun terang karena suhu ruangan yang panas akan memengaruhi kondisi cat.

2. Memilih Cat Dengan Kualitas Baik

Jangan sembarangan menggunakan cat tembok untuk kamar mandi. Pilih cat khusus yang memiliki kualitas tinggi. Kemudian jangan lupa aplikasikan cat dengan tepat khususnya pada bagian ventilasi, jendela, permukaan sekitar rak penyimpanan, dan bagian yang rentan lembap. Pastikan cat menempel dengan sempurna.

[Baca Juga: Survei IKEA : Kenyamanan Kamar Mandi Jadi Makin Penting]

3. Gipsum Dipasang Rapi

Sebelum memasang gipsum, pastikan sudut kamar mandi sempurna dan simetris sehingga gipsum dapat terpasang secara baik. Pilih gipsum yang antilembap sehingga lebih tahan lama dibanding gipsum biasanya.

4. Tersedia Ventilasi udara

Jangan hiraukan yang satu ini, sediakan ventilasi udara yang memadai di kamar mandi Anda. Pastikan sirkulasi udara di kamar mandi baik. Hal ini dapat berguna untuk mengurangi kelembapan kamar mandi Anda. Pasalnya, ruangan yang sangat lembap dapat mengakibatkan dinding basah dan rembes, sehingga cat lebih mudah mengelupas.

Namun jika kamar mandi Anda telanjur tidak memiliki ventilasi, Anda bisa melakukan buka tutup pintu atau tambahkan exhaust fan yang berfungsi untuk membawa udara lembap ke luar, mengurangi uap dan embun. Setelah mandi, nyalakan exhaust fan selama kurang lebih 60 menit.

Itulah beberapa trik untuk membuat cat kamar mandi lebih tahan lama. Dengan melakukan beberapa trik ini Anda bisa menghemat pengeluaran perawatan rumah Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.