4 Cara Membuat Cat Kamar Mandi Tahan Lama

Properti dan Solusi

4 Cara Membuat Cat Kamar Mandi Tahan Lama

Kamar mandi merupakan ruangan yang penting di sebuah properti. Karena digunakan untuk kegiatan yang kerap kali menggunakan air, kamar mandi jadi ruangan yang paling rentan bermasalah karena suhu ruangannya lebih lembap dibandingkan tempat lainnya. Beberapa masalah umum yang kerap kali muncul di kamar mandi adalah cat dinding mengelupas, rusak, atau bahkan berubah warna, padahal belum setahun cat kamar mandi baru saja diganti.

Namun jika Anda tau trik merawatnya, cat dinding di kamar mandi akan lebih awet dan tahan lama. Melansir dari thespruce.com (12/6/2019) inilah beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah.

[Baca Juga: 3 Warna Cat untuk Langit-langit Agar Ruangan Terasa Lebih Luas]

1. Pencahayaan Baik

Pastikan kamar mandi Anda memiliki pencahayaan yang baik dan cukup, sehingga penanganannya tepat. Jika kamar mandi Anda terpapar sinar matahari langsung, jangan gunakan cat glossy karena mudah mengelupas dan kering. Cahaya matahari juga membuat cat dengan mudah berubah warna. Sehingga pastikan cahaya matahari tak langsung terkena area kamar mandi.

Jika menggunakan lampu pastikan, gunakan lampu dengan kualitas baik yang disesuaikan dengan besarnya ruangan. Jangan terlalu gelap maupun terang karena suhu ruangan yang panas akan memengaruhi kondisi cat.

2. Memilih Cat Dengan Kualitas Baik

Jangan sembarangan menggunakan cat tembok untuk kamar mandi. Pilih cat khusus yang memiliki kualitas tinggi. Kemudian jangan lupa aplikasikan cat dengan tepat khususnya pada bagian ventilasi, jendela, permukaan sekitar rak penyimpanan, dan bagian yang rentan lembap. Pastikan cat menempel dengan sempurna.

[Baca Juga: Survei IKEA : Kenyamanan Kamar Mandi Jadi Makin Penting]

3. Gipsum Dipasang Rapi

Sebelum memasang gipsum, pastikan sudut kamar mandi sempurna dan simetris sehingga gipsum dapat terpasang secara baik. Pilih gipsum yang antilembap sehingga lebih tahan lama dibanding gipsum biasanya.

4. Tersedia Ventilasi udara

Jangan hiraukan yang satu ini, sediakan ventilasi udara yang memadai di kamar mandi Anda. Pastikan sirkulasi udara di kamar mandi baik. Hal ini dapat berguna untuk mengurangi kelembapan kamar mandi Anda. Pasalnya, ruangan yang sangat lembap dapat mengakibatkan dinding basah dan rembes, sehingga cat lebih mudah mengelupas.

Namun jika kamar mandi Anda telanjur tidak memiliki ventilasi, Anda bisa melakukan buka tutup pintu atau tambahkan exhaust fan yang berfungsi untuk membawa udara lembap ke luar, mengurangi uap dan embun. Setelah mandi, nyalakan exhaust fan selama kurang lebih 60 menit.

Itulah beberapa trik untuk membuat cat kamar mandi lebih tahan lama. Dengan melakukan beberapa trik ini Anda bisa menghemat pengeluaran perawatan rumah Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.