4 Cara Menyimpan ASI di Kulkas Dengan Benar

Kesehatan

4 Cara Menyimpan ASI di Kulkas Dengan Benar

Bagi para ibu yang memiliki aktivitas di luar rumah saat memiliki bayi yang membutuhkan asupan ASI, diperlukan stok ASI yang biasanya di simpan di dalam wadah berupa botol kaca maupun plastik di lemari pendingin. Jika Anda adalah orangtua baru yang akan segera kembali beraktivitas, penting untuk Anda pahami terlebih dahulu cara menyimpan ASI di kulkas dengan benar. Hal ini agar mengoptimalkan usaha Anda dalam memberikan ASI eksklusif pada anak Anda.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menyimpan ASI di kulkas dengan benar. Mulai dari wadah penyimpanan dan memperhatikan batas waktu penyimpanan. Karena, tempat keduanya turut memengaruhi kualitas ASI yang disimpan. Berikut empat cara menyimpan ASI di kulkas dengan benar yang dirangkum PingPoint.co.id (22/7/2019) dari berbagai sumber.

4 Cara Menyimpan ASI di Kulkas Dengan Benar

1. Wadah ASI

Tempat yang baik untuk menyimpan ASI adalah tempat berbahan kaca atau plastik dengan tutup yang kedap udara. Misalnya, botol susu dengan tutup yang rapat, atau kantong khusus ASI. Jangan gunakan kantong yang bukan khusus untuk ASI, karena dapat pecah ketika dibekukan di dalam freezer. Pastikan wadah yang akan ditaruh ASI yang telah diperah dalam kondisi bersih. Isi wadah ASI sesuai garis indikator dan tutup dengan rapat.

2. Lokasi Penyimpanan

Simpan ASI yang baru dipompa ke dalam kulkas di area yang paling dingin. Sedangkan, ASI yang akan digunakan secepatnya letakkan di bagian lemari pendingin yang tidak membuat beku. Selain itu, simpan lah di bagian lemari pendingin secara terpisah dengan makanan. Hal itu agar ASI tidak terkontaminasi dengan makanan lain seperti daging atau makanan mentah lainnya yang biasa disimpan dalam kulkas. Anda bisa mengatur ASI yang ingin digunakan dengan mengatur letak penyimpanannya. Misalnya, Anda bisa menyimpan ASI di kulkas bagian bawah jika berencana akan menggunakannya tidak lebih dari 24 jam.

3. Waktu Penyimpanan

ASI yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan selama empat hari. Tapi, sebaiknya ASI yang disimpan di dalam kulkas perlu segera digunakan dalam waktu 24 jam. Berapa lama waktu ASI yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan pun bergantung pada penempatan. Prinsip penyimpanan ASI yang harus diketahui di antaranya:

  • ASI tahan hingga enam jam jika ditaruh pada suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius
  • ASI tahan hingga 24 jam saat disimpan dalam kotak pendingin yang ditambah kantung es (ice pack)
  • ASI tahan sampai 4-5 hari ketika disimpan di bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat Celcius
  • ASI tahan hingga enam bulan bila disimpan dalam freezer dengan suhu-18 derajat Celcius atau lebih rendah lagi

Namun, proses pembekuan ASI memungkinkan beberapa zat dalam kandungan ASI bisa hilang. Semakin lama ASI disimpan, akan menghilangkan kandungan vitamin C pada ASI. Meski demikian, ASI yang dibekukan juga masih terbilang jauh lebih baik dibandingkan susu formula.

4. Penyajian ASI Setelah Disimpan di Kulkas

Cara menyimpan ASI yang perlu diperhatikan adalah ASI hanya boleh dihangatkan satu kali saja. Karena jika dihangatkan berulang-ulang, bisa meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri. Untuk ASI yang telah beku, Anda perlu mencairkan secara perlahan dan tidak langsung mendidihkan begitu saja. Pindahkan ASI yang akan segera digunakan dari freezer ke bagian dalam kulkas dan biarkan suhunya menurun secara bertahap. Untuk mencairkan, Anda bisa memasukkan wadah ASI ke dalam wadah berisi air hangat.

Itulah empat cara menyimpan ASI dengan benar yang bisa Anda bagikan kepada ibu menyusui lainnya.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

[Baca Juga: Disiplin Pegang Peranan Penting Sukses ASI Eksklusif]


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.