4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya

Kecantikan dan Fashion

4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai dengan Jenisnya

Membersihkan sepatu sendiri terkadang suka membingungkan. Kalau salah-salah menggunakan alat atau pembersih, biasanya sepatu yang seharusnya bersih malahan menjadi rusak. Apalagi jika sepatu yang dibersihkan berbahan khusus yang sulit yang perlu penanganan khusus. Meskipun sekarang ini sudah banyak jasa cuci sepatu, tapi mungkin Anda tidak akan selalu bisa me-laundry sepatu di saat-saat kepepet. Melansir dari beberapa laman sumber seperti hipwee.com, berikut ini PingPioint.co.id merangkum beberapa cara praktis membersihkan sepatu sendiri.

[Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Reparasi Tas dan Sepatu di Jakarta Pusat]

4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya Sneaker

1) Sepatu Sneaker

Mencuci sepatu jenis sneaker terbilang cukup mudah. Jika sepatu hanya terkena kotoran pada bagian luar saja, Anda cukup membersihkannya dengan sikat gigi dan deterjen cair. Caranya, larutkan deterjen kedalam air, lalu celupkan sikat gigi kedalamnya lalu gosokan perlahan ke daerah sepatu yang terkena kotoran. Jika kotoran pada bagian sol membandel, gunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Setelah bersih, bilas dengan sedikit air lalu keringkan dengan lap kering pada bagian sol dan jemur di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya Canvas

2) Sepatu Canvas

Pada dasarnya cara mencuci sneaker dengan sapatu canvas hampir serupa. Karena bahan canvas lebih sulit untuk dibersihkan Anda bisa menggunakan baking soda untuk melunturkan kotoran yang membandel. Caranya, larutkan setengah sendok baking soda dengan air lalu celupkan sikat gigi kedalamnya. Gosok sikat gigi ke daerah yang terkena kotoran secara perlahan. Jika sepatu sudah terlalu kotor dan bau, Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci dengan kecepatan yang paling rendah.

4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya Suede

3) Sepatu Suede

Membersihkan sepatu berbahan suede atau beludru sedikit berbeda dari sepatu lainnya. Jenis sepatu suede biasanya akan lebih mudah kotor dan sulit untuk di bersihkan karena identik mudah rusak khususnya dari segi warna. Cara yang paling aman untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan soft brush atau nail brush untuk menggosok bagian yang kotor. Jika kotoran sepatu sudah terlalu membandel, disarankan untuk membersihkannya dengan mengoleskan baking soda. Caranya sama dengan seperti membersihkan sepatu canvas.

4 Cara Praktis Membersihkan Sepatu Sesuai Dengan Jenisnya Sepatu Kulit

4) Sepatu Kulit

Sepatu kulit merupakan salah satu sepatu berbahan alami yang memerlukan penanganan khusus untuk membersihkannya. Ketika membersihkan sepatu kulit Anda memerlukan alat-alat khusus seperti saddle soap, mink oil, sikat khusus/sikat kulit dan lap kering. Membersihkan sepatu kulit cukup memakan waktu, namun jika Anda harus segera menggunakan sepatu secara dadakan, ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan. Pertama, bersihkan sepatu dengan shoe polish untuk mencerahkan warna sepatu. Kedua, oleskan dengan bedak bayi agar tekstur kulit kembali lembut dan lentur.

[Baca Juga: 5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci]

Cara membersihkan sepatu ini bisa Anda lakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya di saat terburu-buru atau keadaan kepepet. Meski cara alternatif ini cukup berguna untuk beberapa jenis sepatu, namun ada baiknya Anda tetap mencuci sepatu berjenis khusus di tempat laundry sepatu.

Read More

Artikel Lainnya

Pelatihan Mengemudi SIM A di Jaksel Solusi Kurangi Pengangguran

Berita Kawasan

Pelatihan Mengemudi SIM A Kembali Diadakan di Jakarta Selatan

13 November 2019, 21:00  |  8 Views

Pelatihan mengemudi SIM A kembali diadakan di Jakarta Selatan dengan tujuan memberikan keterampilan sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final Kompetisi eSport AOV Internasional

Berita Kawasan

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final eSport AOV Internasional

13 November 2019, 20:00  |  8 Views

Perjuangan perwakilan Indonesia pada kompetisi eSport AOV tingkat internasional masih terus berlanjut ke perempat final.

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

Kuliner

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

13 November 2019, 19:30  |  6 Views

Banyaknya sampah makanan di Indonesia membuat Hanamasa menjalankan kampanye Dari Meja ke Meja agar tak #TersisaPercuma.

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

Bisnis

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

13 November 2019, 18:00  |  13 Views

Ajang edukasi tahunan ini menjadi platform untuk berbagi dan belajar, menginspirasi dan terinspirasi dalam lingkungan yang menyenangkan serta interaktif.


Comments


Please Login to leave a comment.