4 Cara Sederhana Melakukan Green Campaign

Berita Kawasan

4 Cara Sederhana Ikut Serta dalam Green Campaign

Go green tidak lagi menjadi sebuah istilah asing bagi masyarakat kota, khususnya di Ibu Kota Jakarta. Selain sudah menjadi wawasan bagi berbagai generasi khususnya generasi milenial dan generasi X, gerakan go green atau green campaign menjadi populer di tengah berita tentang polusi udara dan kebakaran hutan.

Meski sudah dipopulerkan berbagai lembaga dan public figure, tapi efek atau dampak dari gerakan peduli lingkungan masih belum menyeluruh. Setelah melakukan beberapa observasi terhadap beberapa sumber, PingPoint.co.id menyimpulkan sedikitnya ada empat cara paling sederhana bagi Anda yang mau melakukan gerakan ini di mana saja.

[Baca Juga: Saruga Package Bisnis yang Peduli dengan Lingkungan]

4 Cara Sederhana Melakukan Green Campaign

1) Membuat Sampah pada Tempatnya

Seperti yang Anda tahu, produksi sampah di Indonesia menjadi salah satu yang terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Hal ini dikarenakan masifnya penggunaan makanan atau keperluan sehari-hari dalam kemasan yang dikonsumsi masyarakat. Ditambah lagi, jumlah masyarakat kita yang tidak sedikit menjadi salah satu faktor tingginya volume sampah di Indonesia.

Banyaknya sampah mungkin tidak dapat dielakkan, tapi Anda dapat berkontribusi menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Syukur-syukur sampah yang dibuang juga sudah disortir sehingga memudahkan untuk didaur ulang. Kontribusi ini bermanfaat untuk menjaga kondisi lingkungan tanah, air, dan udara agar terhindar dari kimia-kimia yang merusak.

4 Cara Sederhana Melakukan Green Campaign

2) Menghemat Penggunaan Plastik

Lebih jauh dari mengelola sampah, Anda pun bisa langsung berkontribusi dalam gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi jumlah produksi sampah secara individu. Cara paling sederhana melakukannya adalah dengan mengurangi penggunaan bahan yang sulit terurai, seperti plastik. Anda akan cukup sulit untuk melakukan ini karena keperluan sehari-hari hampir semua bergantung pada kemasan plastik.

[Baca Juga: Sebelum Berbelanja di Naked Inc., Ketahui 2 Hal Ini]

Anda dapat mengurangi jumlah pemakaian plastik dengan cara menggunakan kemasan berbahan lain seperti kantong kanvas untuk membawa barang atau stoples kaca untuk menyimpan makanan, selalu membawa botol minum, tempat dan alat makan sendiri. Dengan demikian Anda tidak lagi memerlukan botol minum, sedotan, dan alat makan plastik sekali pakai. Bijak menggunakan plastik akan jauh lebih mudah jika Anda tahu manfaatnya dan terbiasa melakukannya.

4 Cara Sederhana Melakukan Green Campaign

3) Menghemat Listrik

Menghemat daya listrik memang masih menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Selain menjadi hal pokok yang selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari, listrik sudah seperti nyawa dari kehidupan manusia. Namun sayangnya penggunaan listrik yang berlebihan akan mengeruk sumber daya alam yang tidak terbarukan atau yang sering disebut dengan istilah fosil fuel. Hal ini menjadi alasan bagi Anda untuk mulai gerakan peduli lingkungan dengan cara menghemat penggunaan lampu, penggunaan pendingin ruangan, televisi, alat elektronik dalam kehidupan sehari-hari. Jika penggunaan listrik hemat, biaya listrik pun jadi murah bukan?

4 Cara Sederhana Melakukan Green Campaign

4) Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menyuruh orang lain untuk menjaga kebersihan lingkungan mungkin tidak semudah bagi kita untuk melakukannya sendiri. Selain membuang sampah pada tempatnya, salah satu cara menjaga lingkungan yang dapat Anda lakukan adalah memungut setiap sampah kecil yang terlihat di depan mata. Dengan cara ini Anda sudah berkontribusi membantu kebersihan Kota Jakarta tercinta dari sampah.

Green campaign atau go green memang masih menjajaki dalam tahapan pengenalan di Indonesia. Meski memakan cukup banyak waktu dan usaha, tapi gerakan peduli lingkungan ini dapat menjadi menjadi layaknya antibiotik bagi bumi yang sedang sakit parah. Apakah Anda salah satu orang yang peduli lingkungan?


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.