ads
Makanan Anti Stres.jpg

Kesehatan

4 Jenis Makanan ini Mampu Meredakan Stres

Stres terjadi karena Anda dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup yang memengaruhi kondisi jiwa. Ada banyak faktor masalah hidup yang dapat memengaruhi kesehatan jiwa seseorang, antara lain faktor pribadi akibat tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, faktor lingkungan, maupun faktor pekerjaan.

[Baca Juga: RS Pluit Dukung Penanggulangan Stres]

Stres dapat dikelola dengan baik dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi makananan. Ada jenis makanan yang bisa Anda makan untuk meredakan rasa stres. Apa saja makanan itu, berikut ulasannya.

1. Jeruk

Buah Jeruk yang mengandung vitamin C yang berdosis cukup tinggi ini mampu membantu mengurangi stres. Vitamin C dibutuhkan untuk tubuh saat mengalami stres, karena dapat mengurangi persediaan vitamin C dalam tubuh. Mereka yang memiliki cadangan vitamin C lebih banyak dalam tubuhnya mampu bangkit kembali dari rasa stres yang mengampirinya.

2. Sayuran Hijau

Seperti yang dilansir dalam laman hellosehat.com (05/09/2017). Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang kebahagiaan, sehingga membantu Anda tetap tenang.

Sebuah studi tahun 2013 dari Universitas Otago menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik pada hari-hari mereka makan lebih banyak buah dan sayuran.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang mengandung lebih banyak antioksidan, polifenol, flavonol, dibandingkan dengan buah dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres. Dalam sebuah penelitian dari Loma Linda University di California, AS menyarankan Anda untuk mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung lebih dari 70 persen Kakao. Kakao sendiri mengandung flavonoid, berupa antioksidan yang juga memiliki dampak bagus untuk otak manusia.

4. Kacang Mede

Dari semua jenis kacang, kacang medelah yang paling baik dikonsumsi untuk menghilangkan rasa stres. Mede mengandung kadar zat besi yang tinggi, kadar zat besi yang rendah dalam tubuh memiliki kaitan dengan bentuk kecemasan yang tinggi sehingga menimbulkan stres.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

Jika Anda mengalami tekanan dalam hidup atau stres dan ingin menghilangkannya, sebaiknya coba empat jenis makanan yang tersebut di atas sebagai langkah awal sebelum meminum obat pereda stres. Selain mudah didapatkan, empat jenis makanan tersebut membuat hidup Anda bahagia.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads