4 Kegunaan Lemon Untuk Bersihkan Area Dapur

Properti dan Solusi

4 Kegunaan Lemon Untuk Bersihkan Area Dapur

Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon yang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tetapi juga bagi kecantikan. Maka dari itu, tidak heran jika buah lemon seringkali dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, misalnya sebagai bahan campuran dalam pengobatan alami, minuman kesegaran, infused water atau pun bahan kosmetik.

Namun, jangan lupakan satu kegunaan lain dari lemon, yaitu membersihkan. Bagi Anda yang menyukai kegiatan memasak, tentu dapur menjadi tempat spesial. Usai menyiapkan makanan, tentu Anda harus membersihkan dapur dan segala peralatan memasak. Biasanya kondisi inilah yang cukup menantang Anda, namun lemon dapat membantu membersihkan dapur dan peralatan masak yang telah digunakan.

4 Kegunaan Lemon Untuk Bersihkan Area Dapur

Setidaknya ada empat manfaat lemon yang dapat Anda lakukan di dapur dan telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber (13/8/2019).

1. Sterilkan Papan Talenan

Seringkali Anda harus membersihkan papan talenan secara menyeluruh, seusai digunakan memotong berbagai bahan makanan. Caranya, taburkan garam di atas papan talenan dan peras lemon di permukaannya hingga mengeluarkan sari. Gosok perlahan secara merata, kemudian diamkan selama lima menit. Terakhir, cuci dengan air hingga bersih.

[Baca Juga: Solusi Halau Semut Tanpa Bahan Kimia]

2. Membersihkan Oven Microwave

Oven microwave menjadi solusi yang praktis jika Anda ingin menghangatkan spaghetti atau sup. Namun biasanya ada percikan saus atau kuah pada dinding dalam oven microwave seusai Anda menghangatkannya. Jika Anda lupa membersihkan noda makanan pada dinding oven microwave tersebut, maka akan menjadi kerak yang mengeras. Ada jalan keluarnya, potong lemon menjadi dua bagian, taruh pada mangkuk yang berisi air, letakkan mangkuk tersebut di dalam oven microwave. Hidupkan oven microwave selama dua menit dan uap dari air lemon di mangkuk akan melembutkan kerak, sehingga Anda dapat membersihkannya dengan mudah.

3. Membersihkan Wastafel Dapur

Langkah membersihkan wastafel dapur menggunakan lemon ini serupa dengan cara membersihkan papan talenan di atas. Taburi permukaan wastafel dengan garam dan gunakan setengah bagian dari lemon saat menggosok permukaan wastafel. Proses ini tidak hanya dapat membersihkan noda air yang mengering saja, namun juga dapat memusnahkan bakteri, sehingga wastafel dapur Anda menjadi steril.

[Baca Juga: Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa]

4. Larutan Pembersih Berbahan Alami

Jika tidak ingin menggunakan cairan pembersih berbahan kimia, maka Anda dapat membuat larutan pembersih sendiri. Tuangkan satu cangkir cuka dan satu cangkir air ke dalam botol penyemprot, lalu berikan sejumlah potongan lemon ke dalam larutan itu. Diamkan selama 1-2 minggu, agar sari lemon tercampur pada larutan air cuka. Setelah itu, Anda dapat menggunakan larutan lemon untuk membersihkan rak, lemari, hingga kaca jendela.

Lemon yang kaya akan vitamin C terbukti banyak memberikan banyak manfaat bagi Anda, bukan hanya untuk dikonsumsi saja, tapi juga dapat digunakan sebagai bahan alami dalam membersihkan beragam keperluan sehari-hari.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.