4 Langkah Mudah Menerapkan Zero Waste di Kantor

Berita Kawasan

4 Langkah Mudah Menerapkan Zero Waste di Kantor

Gaya hidup tanpa sampah sesuatu konsep yang sangat baik namun cukup sulit untuk diimplementasikan. Hal ini menjadi sulit ketika kita belum memahami bagaimana cara memulai zero waste lifestyle dari yang paling sederhana, yaitu di lingkungan kerja Anda. Mengutip dari beberapa sumber seperti zerowaste.id (25/9/2019), berikut empat tips PingPoint.co.id melakukan zero waste di kantor.

4 Langkah Mudah Menerapkan Zero Waste di Kantor

Membawa Alat Makan Sendiri

Rasanya tak jarang kita menggunakan barang-barang sekali pakai seperti sendok atau gelas plastik di kantor. Biasanya penggunaan alat makan sekali pakai ini dikarenakan lebih praktis. Salah satu cara menghindari penggunaan alat makan plastik adalah dengan membawa alat makan sendiri. Anda bisa membeli alat makan all in one package yang berisi sendok garpu dan sedotan berbahan stainless yang lebih ramah lingkungan penggunaannya.

Menghindari Membuang Makanan

Menyisakan makanan mungkin sering dianggap lumrah bagi sebagian orang. Namun jika dilihat kedalam skala yang lebih luas, masih banyak saudara-saudara kita yang cukup sulit untuk mendapatkan makanan layak. Meski demikian, adapun alasan lain untuk tidak membuang makanan adalah limbah makanan berpotensi menciptakan gas Metana berbahaya. Hal ini dapat terjadi dikarenakan Indonesia belum memiliki sistem pemilihan sampah yang mutakhir.

[Baca Juga: Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste]

Menghemat Kertas

Meski sudah berada di zaman digital namun penggunaan kertas masih sangat diperlukan, khususnya di dunia perkantoran. Adanya pekerjaan-pekerjaan yang harus di print-out mengharuskan Anda untuk menggunakan kertas dalam jumlah yang tidak sedikit. Meski demikian Anda masih dapat menyiasatinya yaitu dengan menggunakan setting two sided (cetak bolak-balik) untuk menghemat kertas.

4 Langkah Mudah Menerapkan Zero Waste di Kantor

Menggunakan Alat Kantor yang Mudah Didaur Ulang

Ada beberapa alat kantor yang perlu Anda pertimbangkan lagi sebelum memakainya. Karena ada beberapa alat yang yang tidak bisa digunakan lagi (Setelah satu kali pemakaian) atau sulit untuk di daur ulang, berikut alternatif penggunaan alat yang bisa Anda lakukan:

  • Penggunaan Stabilo : Penggunaan pensil warna lebih disarankan dibanding dengan stabilo karena unsur kayu pada pensil warna lebih mudah lebur.
  • Penggunaan Lakban : Gummed tape atau lakban air yang terbuat dari kertas bisa jadi alternatif untuk menghindari penggunaan lakban plastik.
  • Penggunaan Stapler: Klip bisa menjadi pengganti stapler untuk merekatkan satu file. Selain dapat digunakan berkali-kali, penggunaan klip juga tidak merusak kertas.

[Baca Juga: Inilah 3 Toko Zero Waste di Jakarta]

Pada dasarnya, hidup zero waste mungkin tidak mudah. Anda memerlukan usaha lebih untuk lebih memerhatikan atau mengontrol gaya hidup sehari-hari mulai dari hal-hal kecil seperti di diatas. Meski demikian, merubah gaya hidup yang lebih efisien akan terasa jauh lebih mudah jika terbiasa.

Sedikit apapun usaha zero waste yang Anda lakukan merupakan sumbangan besar bagi kelangsungan lingkungan. Apakah Anda tertarik untuk memulai gaya hidup zero waste?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.