4 Makanan yang Jadu Sumber Kolagen Alami

Kecantikan dan Fashion

4 Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Alami

Kolagen merupakan protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen juga merupakan salah satu hal penting yang membuat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit. Setiap manusia memiliki hampir 30 persen kolagen dalam tubuhnya, karena protein ini merupakan pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Namun tahukah Anda, kolagen yang ada di tubuh berkurang satu setengah persen setiap harinya sejak menginjakkan usia 18 tahun?

Melansir dari okezone.com, seiring produksi kolagen melambat, struktur sel mulai kehilangan kekuatannya, akibatnya mulai terjadilah kulit keriput, kurang elastis, dan rapuh. Maka dari itu, dibutuhkan produk tambahan untuk memperbaiki dan menambah produksi kolagen dalam tubuh. Anda bisa menggunakan krim, suplemen, atau pun mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen.

[Baca Juga: Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat untuk Tubuh]

Melansir dari kompas.com (22/10/2019) berikut beberapa makanan yang bisa jadi sumber kolagen yang baik untuk kulit, kuku, dan rambut Anda.

4 Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Alami Tiram
  • Tiram

Tiram merupakan kerang yang cangkangnya berkapur dan relatif pipih. Tiram dipercaya kaya akan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, selain itu tiram juga kaya akan zat besi yang bagus untuk kuku agar tak mudah patah dan kusam.

4 Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Alami Kaldu Tulang
  • Kaldu Tulang

Tulang ayam atau sapi telah jadi rahasia umum karena memiliki rasa yang lezat apalagi jika dijadikan sup. Tulangan sapi atau ayam kerap kali diolah menjadi sup karena dipercaya mengandung kolagen yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kulit dan anggota tubuh lainnya.

4 Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Alami Vitamin C
  • Sayur & Buah yang Mengandung Vitamin C

Menurut ahli nutrisi Marisa Moore, vitamin C merupakan nutrisi penting untuk sintesis kolagen. Maka rajinlah mengonsumsi buah dan juga sayur yang kaya akan vitamin c seperti tomat. Bukan hanya kaya akan vitamin c, tomat juga kaya akan likopen dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

4 Makanan yang Menjadi Sumber Kolagen Alami Ikan
  • Ikan

Hewan yang hidup di air ini merupakan sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen. Hampir semua jenis ikan memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kulit tubuh, namun kandungan kolagen lebih tinggi pada ikan salmon. Jangan lupa sempatkan waktu mengonsumsi ikan ini bersamaan dengan kulitnya.

[Baca Juga: Yuk, Coba Skincare Untuk Kulit Kusam Dengan Vitamin C Ini]

Itulah makanan alami yang jadi sumber kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.