4 Makanan yang Sehat Dikonsumsi oleh Mantan Perokok

Kesehatan

4 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Mantan Perokok

Polusi udara dan asap yang berasal dari rokok dapat merusak paru-paru. Merokok dapat menyebabkan batuk kronis, infeksi pada paru-paru, kanker paru-paru dan banyak lagi. Nikotin merupakan stimulan yang memiliki kapasitas untuk mempercepat sistem saraf sehingga Anda akan merasa lebih segar dan berenergi.

Namun tembakau juga jadi salah satu penyebab utama kematian, padahal hal ini bisa dicegah. Risikonya yang tinggi membuat banyak orang mengkhawatirkan kesehatan mereka, keluarga, dan orang yang berada di sekitarnya. Sehingga berhenti merokok merupakan pilihan yang paling tepat.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

Walaupun racun dari rokok sudah bertumpuk dalam tubuh Anda, tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan mampu menyembuhkan kerusakan di tubuh. Makanan tersebut berfungsi untuk membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Makanan-makanan ini juga akan membuat tubuh Anda lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Melansir dari boldsky.com (28/5/2019) inilah makanan yang bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang berhenti merokok.

1. Jus Wortel

Kandungan wortel akan mendetoksifikasi tubuh Anda. Kandungan wortel mampu menghilangkan racun dalam darah dan juga dari organ-organ lainnya. Jus wortel kaya akan vitamin A, C, K, dan vitamin B sehingga mampu memperbaiki dan menyembuhkan tubuh. Asupan wortel secara teratur akan memperkuat pertahanan alami tubuh.

2. Bayam Hijau

Sayuran yang satu ini bukan hanya sehat untuk kesehatan Anda. Bayam juga mampu membantu ginjal untuk membuang racun dari darah. Bayam kaya akan vitamin dan asam folat, yang dapat membantu mengurangi keinginan merokok kembali. Juga, bayam juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan karoten dalam bayam juga sangat berguna bagi perokok karena mampu menuntunkan risiko kanker.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

3. Brokoli

Selain bayam, sayuran hijau lain yang bermanfaat untuk tubuh adalah brokoli. Sayur yang satu ini mampu membersihkan paru-paru dari zat beracun seperti nikotin. Mengonsumsi banyak brokoli mampu mengembalikan vitamin C dalam tubuh sehingga metabolisme lebih lancar. Brokoli kaya akan sulforaphane yang membantu menyembuhkan paru-paru dan racun dan penyakit.

4. Jahe

Jahe dinilai mampu menekan keinginan tubuh Anda untuk merokok kembali. Caranya dengan menggiling sepotong jahe, kemudian tambahkan satu sendok teh gula dan konsumsilah segera. Ramuan tersebut dapat membersihkan lendir di paru-paru, dengan kandungan antioksidanyang tinggi, ramuan ini dapat membuang racun hasil dari merokok.

[Baca Juga: Mengurangi Polusi Suara dengan Gunakan Swara Sunyi]

Itulah bahan makanan yang bagus dikonsumsi oleh mantan perokok. Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang bagus dikonsumsi, namun yang paling terpenting Anda harus mengonsumsi makanan sehat agar membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.