4 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

4 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Tubuh

Cranberry merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara. Buah yang masuk jenis berry ini merupakan buah yang sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Di negara asalnya, buah ini bahkan disebut superfood atau makanan super. Walaupun buah ini masih terbilang asing di Indonesia, tapi tak sedikit juga yang sudah tau betul manfaat buah berwarna merah ini.

Buah cranberry mengandung Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, serat, dan antioksidan yang tinggi. Buah cranberry memang memiliki rasa yang kecut dan asam, maka dari itu masyarakat Indonesia lebih sering mengonsumsi cranberry dengan cara di jus dan dicampur dengan susu kental manis atau pun gula.

3 Cara Mudah Atasi Anyang-Anyangan Konsumsi Buah Cranberry

Cranberry menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, penduduk Amerika Utara pun mempercayai buah ini sebagai pengobatan beberapa penyakit. Bahkan, masyarakat Inggris zaman dahulu menggunakan buah ini untuk mengobati nafsu makan yang buruk, sakit perut, gangguan darah, dan penyakit kudis. Maka dari itu, merangkum dari medicalnewstoday.com (29/10/2019) berikut beberapa manfaat cranberry untuk kesehatan.

[Baca Juga: 3 Cara Mudah Atasi Anyang-anyangan]

1) Kesehatan Gigi

Cranberry memiliki kandungan Proanthocyanidins yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Kandungan tersebut dapat mencegah bakteri merusak gigi, menurut para peneliti di Pusat Biologi Lisan dan Departemen Kedokteran Gigi Eastman di University of Rochester Medical Center, Cranberry juga bermanfaat dalam mencegah penyakit gusi.

2) Mengatasi Kanker

Penelitian menunjukkan, nutrisi dalam cranberry dapat membantu memperlambat perkembangan tumor. Selain itu, cranberry juga dapat memiliki manfaat untuk beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, hati, payudara, ovarium, dan usus besar.

3) Infeksi Saluran Kemih

Manfaat cranberry paling dikenal karena mampu mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK). Buah ini bagus dikonsumsi Anda yang sudah terkena anyang-anyangan atau sudah terkena infeksi berulang. Kandungan Proanthocyanidins antioksidan (PAC) dalam cranberry sangat tinggi sehingga efektif membantu dan menghentikan bakteri menempel pada dinding saluran kemih.

4) Mencegah Kardiovaskular

Beberapa bukti menunjukkan, polifenol dalam cranberry dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (CVD). Ini dilakukan dengan mencegah penumpukan trombosit dan mengurangi tekanan darah, melalui mekanisme anti-inflamasi.

[Baca Juga: Ini 4 Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan]

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi cranberry secara rutin. Setelah mengetahui manfaat cranberry, jangan lupa untuk siapkan buah ini di rumah atau Anda bisa mengonsumsi multi vitamin yang menggunakan cranberry sebagai bahan utamanya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.