4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kesehatan

4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Di Indonesia, daun kelor kerap kali dikaitkan dengan hal-hal mistis, namun ada beberapa pula yang menggunakan tumbuhan ini sebagai makanan. Tanaman ini dapat berkembang dengan cepat dan umurnya juga cenderung lama. Kelor juga tahan panas sehingga banyak tumbuh di Indonesia.

Tumbuhan ini juga dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, bahkan beberapa produsen obat dan multivitamin mengambil tumbuhan ini sebagai salah satu bahan utama pengobatan.

Penelitian terhadap manfaat kelor dimulai pada 1980-an. Kemudian peneliti lain C. Senthil Kumar yang berasal dari India menyebutkan, daun kelor memiliki khasiat untuk hepatoprotektor atau pelindung hati. Bahkan bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dianjurkan mengonsumsi daun kelor oleh WHO (World Health Organization).

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Sebenarnya apa khasiat kelor untuk kesehatan tubuh? Melansir dari healthline.com (22/4/2019) inilah manfaat daun kelor yang bisa Anda rasakan.

1. Kelor Sangat Bergizi

Jika Anda rajin mengonsumsi daun kelor, tak heran jika tubuh Anda jadi makin sehat. karena satu mangkuk daun kelor segar mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin B2, vitamin A, dan magnesium. Sedangkan bijinya mengandung vitamin C yang lebih tinggi, bahkan bisa memenuhi kebutuhan harian Anda.

Sayangnya, daun kelor juga mengandung kadar antinutrien yan cukup tinggi. Bahan ini mampu mengurangi penyererapan mineral dan protein untuk tubuh. Maka dari itu, Anda bisa menyeimbangkannya dengan bahan makanan atau suplemen lain.

2. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan komponen penting yang berperan untuk memerangi radikal bebas. Tingginya paparan radikal bebas dapat mengakibatkan stres berkepanjangan, peyakit jantung, dan diabetes. Hebatnya, di daun kelor ditemukan agen antioksidan. Di dalam daun kelor terdapat kandungan quertin yang mampu membantu menurunkan darah tinggi, selain itu ada juga chlorogenic acid yang mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

[Baca Juga: 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan]

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang rutin mengonsumsi daun kelor setiap hari mampu mempercepat turunya kadar gula darah. Seperti yang Anda ketahui, jika kadar gula tinggi dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, misalnya diabetes dan penyakit jantung.

4. Mengurangi Peradangan

Jika Anda memiliki luka dan proses penyembuhannya memakan waktu yang lama, hati-hati bisa berakibat buruk untuk kulit Anda, misalnya infeksi. Daun kelor juga bisa dijadikan obat atau Anda konsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari infeksi dan radang yang berlebihan.

[Baca Juga: Daun Seledri Ternyata Berkhasiat untuk Rambut]

Itulah manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh Anda. Cara mngonsumsinya pun beragam, Anda bisa mengolah sendiri daun kelor sebagai menu makanan, mengonsumsi kelor bubuk, atau pun suplemen dari kelor.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.