4 Manfaat Kunyit untuk Kulit

Kecantikan dan Fashion

4 Manfaat Kunyit untuk Kulit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk segala jenis masakan khususnya di Indonesia. namun manfaat kunyit bukan hanya untuk memergurih dan memberi warna pada masakan, kunyit juga sedang ramai digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kulit.

Di Indonesia sendiri, tren produk perawatan kunyit seperti masker sedang ramai bermunculan. Beberapa produsen berkompetisi untuk menyuguhkan produk kunyit yang memilliki manfaat terbaik. Dilansir dari healthline.com (11/4/2019), kunyit sejak seabad lalu memang terkenal baik untuk kesehatan dan perawatan kulit.

[Baca Juga: 5 Jenis Masker Wajah yang Sesuai Jenis Kulit]

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit berkat adanya kandungan kurkumin yang merupakan komponen bioaktif. Zat tersebut dapat berfungsi untuk antiperadangan dan antioksidan. Sebenarnya apa saja manfaat kunyit untuk kulit Anda?

1. Kulit Bersinar Alami

Kandungan kunyit dapat membuat kulit Anda tampil lebih bersinar secara alami. Sehingga bisa jadi salah satu jawaban untuk Anda yang memiliki masalah kulit kusam. Anda bisa bisa mencampurkan kunyit bubuk dengan greek yoghurt, kemudian oleskan ke wajah dan tunggu selama 15 menit lalu dibilas. Gunakan selama satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

2. Menyembuhkan Luka

Zat kurkumin yang di dalam kunyit dapat membantu luka lebih cepat sembuh dan menghindari peradangan. Zat tersebut juga dapat membantu jaringan dan kolagen dalam kulit. Beberapa penelitian menyebutkan, kurkumin merupakan zat yang optimal dan bekerja sangat baik untuk luka kulit.

[Baca Juga: 3 Cara Mengoptimalkan Sheet Mask untuk Kulit Kering]

3. Membantu Meredakan Psoriasis

Kunyit yang mengandung antioksidan dan antiperadangan ini mampu meredakan psoriasis. Sebuah kondisi peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal dan bersisik. The National Psoriasis Foundation menyebutkan, Anda bisa menambahkan kunyit sebagai salah satu bumbu atau suplemen makanan Anda untuk menyembuhkan psoriasis.

4. Mengurangi Bekas Jerawat

Banyak produk kecantikan yang mengklaim jika kandungan kunyit pada produknya dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat membandel? rupanya antioksidan yang terdapat dalam kunyit memang dapat membuat kulit lebih tenang sehingga dapat membantu mengurangi bekas jerawat.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

Itulah manfaat kunyit untuk kulit yang bisa Anda rasakan. Tertarik untuk mencoba?

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.