4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa

Kesehatan

4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa

Apakah Anda termasuk orang yang senang mengonsumsi es kepala muda saat berbuka puasa? Es kelapa muda memang menyegarkan dan cepat menghilangkan dahaga, sehingga tidak sedikit orang yang memilih minuman es kelapa muda sebagai minuman untuk buka puasa.

Selain memberikan kesegaran, air dari kelapa muda ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terlebih saat diminum untuk berbuka puasa. Ada pun manfaat yang terkandung dalam kelapa muda yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

1. Minuman Berelektrolit Alami

Air kelapa muda menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan. Sehingga, disarankan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit secara alami seperti air kelapa muda. Karena elektrolit sangat dibutuhkan sel-sel tubuh, khususnya saraf, otot, dan jantung. Dengan adanya elektrolit, maka keperluan sinyal saraf atau kontraksi otot antar sel bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Mendinginkan Perut

Air kelapa muda juga berkhasiat menetralkan asam lambung ketika perut kosong. Bagi penderita penyakit asam lambung, akan lebih baik jika tidak langsung mengonsumsi makanan berat. Dan air kelapa muda adalah yang paling tepat memberikan kenyamanan perut saat berbuka puasa.

[Baca Juga: Mengintip Jajanan Takjil di Pasar Benhil]

3. Turunkan Berat Badan

Minuman yang satu ini relatif rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda manis atau jus dalam kemasan. Rendahnya kalori yang terkandung dalam air kelapa muda membuat minuman ini diklaim bisa menurunkan berat badan. Bahkan, dengan banyaknya kandungan airnya yang tinggi dengan kalori yang rendah, bisa membuat perut kenyang meskipun hanya mengonsumsi satu buah kelapa.

4. Sehat untuk Penderita Diabetes

Kelapa muda menjadi salah satu minuman pilihan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Hal tersebut karena kandungan gula alami di dalam air kelapa muda tidak memicu insulin tinggi. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa air kelapa muda bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

[Baca Juga: Pusat Kuliner Pasar Lama, Lokasi Favorit Berburu Takjil]

Itulah empat manfaat bagi kesehatan tubuh jika mengonsumsi kelapa muda untuk berbuka puasa. Namun, sebaiknya jangan tambahkan gula atau sirup jika mengonsumsi kelapa muda . Agar manfaat dari kelapa muda bisa didapatkan secara maksimal.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.