Anjing Pendeteksi Penyakit Diabetes

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Peran hewan peliharaan adalah salah satu jawaban kebutuhan manusia akan kesepian yang sering menghampiri. Binatang peliharaan bisa dari berbagai macam spesies, ada yang jinak, ada juga yang buas.

Anda harus cerdik dalam memilih hewan yang ingin dibawa ke rumah. Dokter anak dari University of Wisconsin-Madison James E. gern (sumber Cmp.wisc) telah melakukan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki hewan dapat menurunkan kans anak terkena alergi sebanyak 33 persen.

Kelinci cocok menjadi binatang peliharaan

Biasanya hewan favorit yang dijadikan peliharaan adalah hewan yang bisa dijinakkan, seperti kucing, anjing, atau kelinci. Bukan hanya lucu nan menggemaskan, dengan memiliki binatang peliharaan Anda bisa memperoleh manfaat dari segi kesehatan fisik dan psikologi.

Dilansir Medium.com (9/1/2019), berikut empat manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah.

1. Aktif Bergerak

Saat Anda merawat seekor hewan peliharaan, secara langsung Anda diminta untuk ikut aktif bergerak. Karena untuk memelihara seekor kucing atau anjing, Anda harus mengajak binatang kesayangan Anda bermain bersama.

Manfaat lainnya ialah saat Anda secara rutin dituntut bergerak untuk membersihkan tempat tidur dan tempat makanan.

2. Mengurangi Stres

Jika Anda pulang ke rumah dengan membawa beban kerjaan ke rumah, jangan takut. Setidaknya binatang peliharaan Anda bisa menjadi obat agar Anda tidak stres berlebih.

[Baca Juga: Tanpa Obat Penenang, Ini 5 Cara Mudah Menghilangkan Stres]

Kehadiran mereka mampu meningkatkan rasa bahagia. Menurut penelitian Randolph T. Barker, Universitas Virgina Commonwealth, menjelaskan bahwa hewan peliharaan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk menambah produktivitas kerja.

Memiliki binatang peliharaan bisa mengurangi stres

3. Resiko Jantung

Hasil studi yang diterbitkan Jurnal Kardiologi Amerika menerangkan bahwa orang yang menderita sebuah penyakit kronis, seperti jantung bisa terhindar dari penyakitnya jika merawat hewan peliharaan.

Perasaan tenang berada di dekat hewan peliharaan mampu meredam tekanan darah dan menurunkan resiko jantung.

4. Menurunkan Resiko Alergi

Alergi pada anak bisa berkurang jika mereka hidup bersama hewan peliharaan sejak kecil. Penyebabnya ialah sistem daya tahan tubuh sang anak semakin menguat bersamaan dengan hewan peliharaan. Hal ini membuat sang anak terbiasa dan mudah adaptasi dengan situasi baru.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Maka, Anda tak perlu ragu untuk memelihara binatang lucu di rumah Anda. Anak Anda pun bisa mengenal dan bercengkrama dengan binatang sejak dini.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.