4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Kesehatan

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Masakan Indonesia banyak sekali yang menggunakan dan memanfaatkan santan yang diperas dari kelapa untuk membuat makanan semakin gurih dan memiliki tekstur tebal. Namun beberapa orang kerap kali menjadikan santan sebagai tersangka dari makanan yang berkolesterol.

Pasti Anda pernah mendengar seseorang mengatakan ‘makanannya (dilengkapi) santan terus, tinggi kolesterol lho’. Ucapan ini tidak sepenuhnya salah ataupun benar, pasalnya jika Anda menikmati santan sendiri sebagai pengganti susu sapi. Bukannya berefek terhadap kolesterol, namun justru memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Santan diperoleh dari daging kelapa coklat tua dengan konsistensi yang kental dengan tekstur yang kaya dan lembut. Cara membuatnya juga cukup mudah, dengan memarut daging dan kemudian diperas dengan kain tipis untuk mengekstraksi susunya. Karena tinggi kandungan vitamin dan mineral, santan sangat baik jadi alternatif susu untuk Anda yang tidak toleran laktosa. Melansir dari boldsky.com (12/2/2019) berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan.

[Baca Juga: Ini Perbandingan Susu Sapi, Almond, Kedelai, dan Susu Beras (Bagian 1)]

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan, santan bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida yang mempu menutunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya. Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan trigliserida akan menekan nafsu makan.

  • Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurat yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. kandungan tersebut juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis, dan Streptococcus pneumoniae.

  • Menyehatkan Jantung

Santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena santan memiliki kandungan asam laurat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, mengkonsumsi kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18 persen.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Santan juga mengandung mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium dan zat besi yang bermanfaat untuk membantun menurunkan tekanan darah. Santan mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan tak tersumbat.

[Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat]

Itulah beberapa manfaat santan untuk kesehatan. untuk mendapatkan manfaat santan untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diminum layaknya susu.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.