4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Kesehatan

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Masakan Indonesia banyak sekali yang menggunakan dan memanfaatkan santan yang diperas dari kelapa untuk membuat makanan semakin gurih dan memiliki tekstur tebal. Namun beberapa orang kerap kali menjadikan santan sebagai tersangka dari makanan yang berkolesterol.

Pasti Anda pernah mendengar seseorang mengatakan ‘makanannya (dilengkapi) santan terus, tinggi kolesterol lho’. Ucapan ini tidak sepenuhnya salah ataupun benar, pasalnya jika Anda menikmati santan sendiri sebagai pengganti susu sapi. Bukannya berefek terhadap kolesterol, namun justru memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Santan diperoleh dari daging kelapa coklat tua dengan konsistensi yang kental dengan tekstur yang kaya dan lembut. Cara membuatnya juga cukup mudah, dengan memarut daging dan kemudian diperas dengan kain tipis untuk mengekstraksi susunya. Karena tinggi kandungan vitamin dan mineral, santan sangat baik jadi alternatif susu untuk Anda yang tidak toleran laktosa. Melansir dari boldsky.com (12/2/2019) berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan.

[Baca Juga: Ini Perbandingan Susu Sapi, Almond, Kedelai, dan Susu Beras (Bagian 1)]

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan, santan bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida yang mempu menutunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya. Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan trigliserida akan menekan nafsu makan.

  • Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurat yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. kandungan tersebut juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis, dan Streptococcus pneumoniae.

  • Menyehatkan Jantung

Santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena santan memiliki kandungan asam laurat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, mengkonsumsi kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18 persen.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Santan juga mengandung mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium dan zat besi yang bermanfaat untuk membantun menurunkan tekanan darah. Santan mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan tak tersumbat.

[Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat]

Itulah beberapa manfaat santan untuk kesehatan. untuk mendapatkan manfaat santan untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diminum layaknya susu.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.