4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Kesehatan

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Masakan Indonesia banyak sekali yang menggunakan dan memanfaatkan santan yang diperas dari kelapa untuk membuat makanan semakin gurih dan memiliki tekstur tebal. Namun beberapa orang kerap kali menjadikan santan sebagai tersangka dari makanan yang berkolesterol.

Pasti Anda pernah mendengar seseorang mengatakan ‘makanannya (dilengkapi) santan terus, tinggi kolesterol lho’. Ucapan ini tidak sepenuhnya salah ataupun benar, pasalnya jika Anda menikmati santan sendiri sebagai pengganti susu sapi. Bukannya berefek terhadap kolesterol, namun justru memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

4 Manfaat Santan untuk Kesehatan yang Tak Disangka-sangka

Santan diperoleh dari daging kelapa coklat tua dengan konsistensi yang kental dengan tekstur yang kaya dan lembut. Cara membuatnya juga cukup mudah, dengan memarut daging dan kemudian diperas dengan kain tipis untuk mengekstraksi susunya. Karena tinggi kandungan vitamin dan mineral, santan sangat baik jadi alternatif susu untuk Anda yang tidak toleran laktosa. Melansir dari boldsky.com (12/2/2019) berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan.

[Baca Juga: Ini Perbandingan Susu Sapi, Almond, Kedelai, dan Susu Beras (Bagian 1)]

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan, santan bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida yang mempu menutunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya. Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan trigliserida akan menekan nafsu makan.

  • Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurat yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. kandungan tersebut juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis, dan Streptococcus pneumoniae.

  • Menyehatkan Jantung

Santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena santan memiliki kandungan asam laurat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, mengkonsumsi kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18 persen.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Santan juga mengandung mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium dan zat besi yang bermanfaat untuk membantun menurunkan tekanan darah. Santan mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan tak tersumbat.

[Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Jahat]

Itulah beberapa manfaat santan untuk kesehatan. untuk mendapatkan manfaat santan untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diminum layaknya susu.

Read More

Artikel Lainnya

Sebelum di Haramkan, Ini 5 Dampak Positif Dari Netflix

Bisnis

Sebelum Diharamkan, Ini 5 Dampak Positif Dari Netflix!

27 January 2020, 18:00

Ada isu yang beredar kalau Netflix akan mendapat fatwa haram dari MUI. Sebelum itu terjadi, mari fokus pada dampak positif dari platform streaming film ini.

Melalui Afganfund.com, Afgan Ajak Penggemarnya Ulurkan Tangan

Berita Kawasan

Melalui Afganfund.com, Afgan Ajak Penggemarnya Ulurkan Tangan

27 January 2020, 17:00

Selain melalui konser amal, gerakan sosial Afgan juga digelar melalui laman afganfund.com. Anda yang ingin membantu pendidikan anak-anak Indonesia bisa mengunjungi laman tersebut.

Film 1917 Diprediksi Berjaya di Ajang Oscar 2020

Berita Kawasan

Film 1917 Diprediksi Berjaya di Ajang Oscar 2020

27 January 2020, 16:00

Penonton dibuat kagum dengan teknik one take one shoot yang dilakukan sutradara Sam Mendes membuat film 1917 menjadi calon kuat peraih gelar Film Terbaik Oscar 2020.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona

27 January 2020, 15:00

Total ada sebanyak 13 negara yang konfirmasi warganya telah teridentifikasi virus Corona. Untuk mencegahnya, Dinkes DKI buka layanan telepon untuk warganya.


Comments


Please Login to leave a comment.