4 Manfaat Teknologi untuk Membangun Bisnis

Bisnis

4 Manfaat Teknologi untuk Membangun Bisnis

Teknologi di Indonesia sudah semakin maju. Bukan hanya digunakan sebagai wadah silaturahmi lewat media sosial mau pun memberikan hiburan lewat platform gaming atau pun streaming video. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi mampu membawa manfaat untuk mengembangkan bisnis lewat berbagai cara.

Untuk bisnis, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk berbagai hal, seperti dilansir dari bisnisukm.com (5/6/2019) berikut ini:

  • Wadah Promosi

Melalui kemajuan teknologi, Anda bisa memanfaatkannya untuk media promosi produk usaha Anda. tak seperti majalah, koran, atau TV yang membutuhkan biaya besar, media sosial memberikan Anda fasilitas dan wadah untuk dapat bertemu untuk banyak orang tanpa mengeluarkan biaya. Jikalau harus mengeluarkan biaya untuk jangkauan yang luas, modalnya tak sebesar media lainnya.

[Baca Juga: Bantu Wanita Indonesia Jadi Mandiri dengan Avrist Warrior Woman]

  • Membangun Relasi

Komunikasi antar pengusaha tak lagi sulit, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan rekan bisnis, pelanggan, investor melalui platform komunikasi online yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan Anda juga bisa melakukan meeting atau diskusi bersamaan secara online.

  • Lapak Bisnis

Zaman ini keberadaan online shop bukan sesuatu yang jarang terjadi, bahkan beberapa pengusaha ritel turut membuka store online untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau bisnis lebih luas. Dengan memanfaatkan internet Anda tentu bisa mendapatkan pelanggan di luar jangkauan toko Anda, artinya produk Anda akan semakin banyak dikenal.

  • Belajar Mengenai Bisnis

Menurut penuturan Sekretaris Jenderal IWFCI (International Women's Federation of Commerce And Industry) Indonesia Marisa Ardani saat ditemui PingPoint.co.id (5/9/2019) di bilangan Pakubuwono, Jakarta Selatan menceritakan pengalamannya saat melakukan pemberdayaan wanita di daerah Parung Panjang. Menurutnya, di daerah tersebut para wanita memiliki bisnis yang sama yaitu ternak lele. Saat itu, dirinya melihat para ibu pengusaha memiliki gawai yang cukup baru.

Namun saat ditanyakan, tak ada satu pun perempuan yang mengerti cara penggunaan gawai tersebut kecuali untuk komunikasi. Dari kejadian ini lah, Marisa mulai mengajarkan para wanita untuk memanfaatkan pengetahuan dan memecahkan masalah lewat mesin pencari, dengan harapan para pengusaha wanita tersebut bisa belajar dan membuka lini bisnis yang berbeda agar ekonomi daerah terbangun.

“Sejak saat itu, kami memasukkan materi memanfaatkan teknologi untuk berbisnis disetiap kelas pemberdayaan kami. Karena manfaatnya luar biasa, padahal caranya amat sangat sederhana. Diharapkan ke depannya, jika para wanita sudah melek teknologi, kemudian bisnisnya maju, maka bisa memberdayakan masyarakat sekitarnya,” ujar Marisa.

[Baca Juga: Inilah 4 Perempuan yang Mendominasi di Era Digital]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.