Masalah Kesehatan Pegawai Kantoran.jpg

Kesehatan

4 Masalah Kesehatan yang Rentan Menyerang Pegawai Kantoran

Di setiap tempat kerja, pastinya Anda memiliki tingkat stres yang beragam. Berurusan dengan situasi sulit tersebut juga dapat menyerang kesehatan pegawai kantoran.

Menjadi pekerja kantoran memang mempunyai banyak keuntungan. Misalnya, pekerja kantoran biasanya minim risiko dalam finansial bulanan. Tapi, kebiasaan lembur atau terlalu sering berada di dalam kantor yang memakai pendingin ruangan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang rentan menyerang pegawai kantoran.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Tak hanya kebiaasan lembur yang menyebabkan kesehatan Anda terancam, dilansir dari Bussinesinsider.com (14/2/2019), jam kerja yang terlampau panjang bisa berisiko, yang artinya bisa menganggu kesehatan fisik dan mental seseorang.

Maka, berikut empat masalah kesehatan yang rentan menyerang pegawai kantoran dilansir dari Health24.com (14/2/2019).

1. Obesitas

Jangan abaikan kebiasaan Anda mengonsumsi cemilan di malam hari saat bekerja. Hal itu dapat menjadi bumerang bagi Anda dan menyebabkan obesitas pada tubuh. Aktivitas terlalu sering duduk di belakang meja kerja secara berlebihan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik juga mendorong Anda terkena obesitas dan mengundang penyakit lainnya seperti diabetes.

2. Penyakit Kejiwaan

Penyakit kejiwaan pada pekerja kantoran jelas sangat berbahaya. Penyakit tersebut bisa muncul akibat depresi akut yang dialami karena tekanan pekerjaan. Pekerja yang menderita masalah kesehatan mental harus diobati secara efektif. Selain karena depresi, masalah kejiwaan ini biasanya datang karena konsumsi alkohol secara berlebih atau mengalami mood swing gangguan afektif bipolar.

3. Terkena Kanker

Dilansir dari P2ptm.kemkes.go.id (14/2/2019), berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 prevalensi kanker di Indonesia ialah sebesar 1,4 per 1.000 penduduk atau sekitar 347.792 orang.

Kanker biasanya menghinggapi pekerja kantoran yang aktif merokok, dan tak beraktivitas fisik. Beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker leher rahim, bisa mengenai pekerja kantoran jika tidak dicegah sejak awal.

4. Masalah Persendian

Posisi tubuh seperti punggung yang membungkuk, atau leher tegang bisa membuat tubuh terasa kaku dan pegal-pegal. Apalagi jika Anda duduk di depan laptop atau computer selama 6-8 jam setiap harinya.

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Jika Anda tak mengimbanginya dengan gaya hidup sehat, Anda akan mengalami gangguan pada otot, persendian, dan saraf yang menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Aktivitas yang sama berulang-ulang harus dhindari dengan cara diselingi dengan melakukan senam santai di kantor.

Masalah pada tubuh Anda sebaiknya diperhatikan. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut sebaiknya konsultasikan ke dokter terdekat agar Anda bisa tetap bekerja tanpa merasakan masalah kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya

20210417_123323.jpg

Berita Kawasan

Pantauan Harga Kebutuhan Pangan di Pasar Tangerang selama Ramadan

20 April 2021, 12:09

Setiap Bulan harga jual di pasar mengalami kenaikan. Seperti saat ini, di Bulan Ramadan harga pasar pun kerap mengalami kenaikan. Kenaikan harga cukup membuat beberapa pedagang mengalami keluhan.


Comments


Please Login to leave a comment.