4 Penyebab Stres Hadapi Persiapan Pernikahan dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

4 Penyebab Stres Hadapi Persiapan Pernikahan dan Cara Mengatasinya

Dalam menyiapkan acara pernikahan, tak sedikit orang yang merasa stres. Apalagi, bila hari pernikahan sudah semakin dekat. Stres yang dialami para calon pengantin dalam persiapan pernikahan memang bukan hal yang aneh. Namun, bukan berarti lantas dibiarkan berlarut. Karena, hal ini bisa memicu depresi dan pertengkaran dengan pasangan.

Stres menjelang pernikahan bisa disebabkan beberapa hal. Berikut penyebab stres yang paling umum dialami calon pengantin yang sedang menyiapkan pernikahan dan cara mengatasinya yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Menikah Sederhana dan Sarat Makna di KUA Ala Novelis Bernard Batubara]

4 Penyebab Stres Hadapi Persiapan Pernikahan dan Cara Mengatasinya

1) Menyatukan Pendapat

Pernikahan tak hanya tentang Anda dan pasangan, melainkan juga pihak keluarga dari kedua belah pihak. Sehingga, seringkali perbedaan pendapat dari keterlibatan banyak orang membuat Anda stres dalam menyiapkan pernikahan. Misalnya, Anda ingin menggunakan pakaian nasional, sementara pihak keluarga pasangan menginginkan pakaian adat. Perbedaan pendapat seperti ini lah memang sudah wajar. Jadi, cara mengatasinya adalah menghadapinya dengan pemikiran terbuka dan lapang dada. Bila dihadapi dengan pemikiran terbuka, Anda bisa dengan mudah menyatukan pendapat.

2) Menyusun Anggaran Pernikahan

Tak sedikit pasangan yang rela menghabiskan banyak uang demi mewujudkan pernikahan impiannya. Sebenarnya sah-sah saja bila memang memiliki anggaran yang mencukupi. Namun, pada kenyataannya, banyak pasangan yang salah perkiraan dalam menyusun anggaran demi pernikahan yang diidamkannya. Sehingga, justru calon pengantin dilanda stres berat karena tanggal pernikahan semakin dekat. Oleh karena itu, sebaiknya sejak awal buatlah anggaran pernikahan sesuai biaya yang Anda dan pasangan miliki. Jangan membuat anggaran berdasarkan apa yang Anda inginkan, melainkan berapa biaya yang Anda miliki. Setelah itu, tetaplah berada dalam budget pernikahan Anda agar tidak ada hal tak terduga yang melebihi anggaran yang telah disusun.

3) Muncul Keraguan dengan Pasangan

Salah satu godaan terbesar pada pasangan yang ingin menikah adalah keraguan terhadap satu sama lain. Perasaan ini seringkali muncul pada calon pengantin saat menjelang hari pernikahan. Keraguan yang dirasakan bisa saja terjadi karena sikap pasangan berubah atau kehadiran mantan pacar secara tiba-tiba. Perasaan ragu dengan pasangan kerap menjadi pemicu stres. Cara mengatasinya adalah dengan menambah intensitas komunikasi dengan pasangan. Keraguan itu bisa saja muncul sebenarnya akibat kurangnya komunikasi. Sehingga, Anda harus mencoba menenangkan pikiran dan menambah intensitas komunikasi dengan pasangan.

4) Cemas dengan Hari H Pernikahan

Kecemasan ini biasanya dialami menjelang satu bulan sebelum tanggal pernikahan. Anda cemas dengan hari H karena tak ingin ada satu pun yang terlewatkan dan acara berjalan dengan sempurna. Namun, keinginan tersebut bisa memicu stres karena perasaan cemas yang berlebihan. Sehingga, yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan menjelang hari H pernikahan adalah kendalikan pikiran Anda ke masa-masa bahagia Anda dengan pasangan atau Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menikmati waktu bersama pasangan. Selain itu, Anda juga bisa mengatasi cemas berlebih dengan meditasi agar membantu menjernikah pikiran dan mengelola rasa cemas yang Anda alami.

[Baca Juga: Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi]

Itulah empat penyebab stres dan cara mengatasinya yang umumnya dialami para calon pengantin dalam menyiapkan pernikahan. Bagi Anda yang sedang ingin menikah, selamat menikmati persiapan pernikahan!


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 3¬†years lalu
    kelly

    Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuks bergabung bersama kami dupa88.net memberikan bosnus cashback 100% untuk Kekalahan Modal Pertama, Selain itu hanya bermodal 25K bisa bermain di semua game dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah.