4 Perbedaan Film Bebas dan Sunny

Hobi dan Hiburan

4 Perbedaan Film Bebas dan Sunny

Film box office Korea Selatan Sunny yang tayang pada tahun 2011 diadaptasi menjadi versi Indonesia sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana. Film Bebas diperankan banyak aktris papan atas Indonesia seperti, Marsha Timothy, Indy Barend, Susan Bachtiar, Widi Mulia, Baim Wong, Agatha Prisilia, Maizura, Sheryl Sehinafia, Lutesha, Baskara Mahendra, dan Zulfa Maharani.

Ulasan Film Bebas Membawa Kembali Kenangan Masa SMA

Judul film ini memiliki judul yang sama dengan lagu Iwa K, Bebas. Lagu ini juga dijadikan soundtrack resmi film Bebas. Film Bebas juga merupakan film pertama Indonesia yang melakukan pengambilan gambar di MRT Jakarta. Walaupun film adaptasi dan secara alur sama, namun ada beberapa perbedaan yang dalam film Bebas dan Sunny. Berdasarkan pantauan PingPoint setelah menonton kembali Sunny dan Bebas, berikut perbedaannya.

[Baca Juga: Fakta di Balik Layar Film Bebas]

  • Tokoh

Dalam film Sunny tokoh utama diperankan oleh tujuh orang wanita, namun di film Bebas. Tokoh dikurangi satu. Perubahan jumlah tokoh ini ini didasari dengan budaya sekolah di Indonesia yang mencampur laki-laki dan perempuan, khususnya di sekolah umum atau negeri. Di film Sunny, tokoh utama hanya wanita karena berlatar di sekolah khusus wanita. Selain itu, film Bebas mengganti tokoh antagonis dengan laki-laki.

  • Latar Tahun

Jika di film Bebas, latar masa lampau geng Bebas menggunakan latar tahun 1996 di mana isu revolusi dan orde baru sedang menyeruak. Sedangkan, film Sunny berlatar tahun 1980-an di mana pada tahun itu kondisi politik di Korea Selatan sedang memanas sehingga memicu aksi-aksi dari mahasiswa.

4 Perbedaan Film Bebas dan Sunny

  • Penggunaan Soundtrack

Selain itu, musisi lokal seperti Vina Panduwinata, Chrisye, dan Kahitna juga jadi idola para siswa sekolah, sehingga film Bebas mendapuk lagu Bebas yang dibawakan oleh Iwa K sebagai theme song utama. Sedangkan di Korea Selatan yang berlatar tahun 80-an, saat itu lagu-lagu barat dari Amerika Serikat juga sangat populer di Korea Selatan, sehingga dipilihlah lagu Sunny milik Boney M menjadi theme song dan nama geng tujuh gadis SMA di film tersebut.

  • Muatan Lokal

Tentu inilah yang jadi faktor utama perbedaan film Bebas dan Sunny. Pada film Bebas Anda bisa menikmati hal yang benar-benar terjadi di Indonesia saat itu, seperti bahasa-bahasa gaul tahun 90-an, telepon rumah yang digembok, telepon umum koin, acara MTV musik dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Ulasan Film Bebas: Membawa Kembali Kenangan Masa SMA]

Bagi Anda yang belum bernostalgia dengan menyaksikan film ini, segera pergi ke bioskop. Jangan sampai filmya berakhir!


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.