4 Program Studi UI Raih Predikat Better Than Adequate.jpg

Pendidikan

4 Program Studi UI Raih Predikat “Better Than Adequate”

Universitas Indonesia (UI) meraih predikat baru untuk empat program bidang studi. Dilansir ui.ac.id (21/2/2019), UI raih predikat Better Than Adequate yang diperoleh dari proses asesmen yang dinilai tim ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) untuk program studi diantaranya program sarjana Biologi dan Fisika FMIPA, program sarjana Teknik Komputer FT, dan program Pendidikan Dokter Gigi FKG.

ASEAN University Network (AUN ) merupakan sebuah organisasi ASEAN yang didirikan pada tahun 1995 yang bertujuan untuk melaksanakan kerjasama pendidikan dalam membuat suatu integrasi regional untuk mencapai standar pendidikan global. Sedangkan, AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu proses yang dilakukan AUN yang bertujuan untuk mengukur kapabilitas dan standar program pendidikan dari universitas-universitas anggota mereka di ASEAN. AUN-QA bukanlah suatu akreditasi, melainkan asesmen untuk melihat sejauh mana proses pendidikan di prodi memenuhi kriteria AUN-QA.

[Baca Juga: Dubes Jepang Berikan Kuliah Umum di UI Depok]

Sejak 30 Oktober hingga 1 November 2018, proses asesmen telah berlangsung di UI oleh tim dari AUN-QA. Ada delapan orang sebagai tim penilai (assessor) dari AUN-QA yang berkeliling ke prodi-prodi dan menilai dengan metode wawancara mendalam kepada para pimpinan fakultas, prodi, dosen, mahasiswa, tenaga pendidik, alumni, dan employer (pengguna) sebagaimana lansiran ui.ac.id (21/2/2019).

Sejumah aspek yang menjadi penilaian tim AUN-QA yaitu spesifikasi program, strategi pembelajaran, kualitas staf akademik, kualitas mahasiswa hingga fasilitas dan infrastruktur yang ada di UI. Dalam proses penilaian tersebut, para assessor juga memberikan masukan agar menjadi pertimbangan untuk pengembangan program studi tersebut di masa depan kepada program-program studi tersebut.

[Baca Juga: Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi]

UI dianggap berhasil menerapkan penjaminan mutu sesuai model AUN-QA yaitu kualitas input, kualitas proses dan kualitas output selama proses asesmen. Empat pilar tersebut mencakup penilaian sistem perencanaan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut yang dilakukan UI sebagai sebuah universitas.

Predikat baru untuk empat program studi UI tentu menjadi kebanggaan baru untuk UI. Selain itu, dengan predikat baru tersebut dapat dikatakan bahwa kinerja penerapan penjaminan mutu di UI dapat menjadi salah satu rujukan bagi penjaminan mutu perguruan tinggi lain yang tergabung di ASEAN.


Read More

Artikel Lainnya

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).


Comments


Please Login to leave a comment.