4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami

Kesehatan

4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami

Rempah merupakan tumbuhan yang kerap kali dijadikan bahan makanan karena memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan kuat. Sejak zaman dahulu kala, Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah yang beragam dan melimpah. Namun tahukah Anda jika rempah bukan hanya bisa dijadikan bahan utama makanan?

Nenek moyang di Indonesia sejak masa lampau, bahkan memanfaatkan rempah sebagai obat-obatan herbal. Beberapa tanaman rempah memang dikenal baik untuk menajga kesehatan dan menyembuhkan beberapa penyakit ringan, misalnya jahe yang dikenal dapat menghangatkan tubuh.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Selain jahe, sebenarnya masih banyak rempah yang bisa dijadikan obat-obatan herbal. Dilansir dari berbagai sumber (10/6/2019) inilah beberapa rempah yang bisa jadi pilihan obat alternatif.

1. Pala

Mungkin Anda sering menikmati manisan pala atau menggunakannya sebagai bumbu utama dalam masakan gulai dan rendang. Pala juga sangat baik untuk kesehatan otak karena kandungan magnesium dan macelignan yang ada mampu mengurangi kerusakan sistem saraf otak. Selain itu, pala juga mampu menghilangkan masalah bau mulut dan menguatkan gusi.

2. Kunyit

Kunyit merupakan akar yang kerap kali digunakan sebagau zat pewarna makanan alami untuk kebanyakan masakan tradisional. Selain itu, kunyit juga bagus untuk melapisi dinding lambung agar bisa mengurangi rasa perih. Kunyit mengandung magnesium dan kalium yang bisa mengurangi dehidrasi yang diakibatkan diare dan mengobati radang usus.

3. Jeruk Limau

Jeruk mungil berwarna hijau dengan rasa asam ini kerap kali digunakan sebagai penetral bau amis pada hidangan laut atau daging merah. Jeruk ini juga bisa ditambahkan ke makanan berkuah agar menciptakan rasa asam yang segar. Namun, orang dulu kerap kali membuat ramuan jeruk limau dengan kemap manis untuk menangani keluhan panas dalam atau radang tenggorokan. Selain itu, sari jeruk limau mampu mengobati flu, bau mulut dan bisa jadi pencegah nyamuk untuk tubuh.

[Baca Juga: 5 Cara Bujuk Anak Minum Obat]

4. Bawang Merah & Putih

Kedua rempah ini merupakan bahan utama yang wajib disetiap masakan Indonesia. biasanya keduanya diiris atau dicincang halus agar membuat masakan terasa lebih sedap. Namun, banyak juga orang yang memanfaatkan kedua bawang ini menjadi obat tradisional turun temurun.

Misalnya bawang merah yang iris-iris dan dicampur dengan minyak goreng, ramuan ini kerap digunakan sebagai minyak pijat yang bisa menghasilkan rasa hangat ke tubuh. Selain itu, bawang merah juga dikenal bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Sedangka bawang putih mentah bisa mencegah serangan jantung dan bagus untuk aliran darah yang lancar.

Ternyata, cukup banyak manfaat rempah atu bumbu masakan untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengaplikasikan atau mencobanya di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.