4 Rumah Sakit Umum Daerah Tingkat Kecamatan di Jakarta Pusat

Kesehatan

4 Rumah Sakit Umum Daerah Tingkat Kecamatan di Jakarta Pusat

Beberapa Puskesmas di Jakarta berubah menjadi rumah sakit umum daerah tipe D di tingkat kecamatan. Rumah sakit kelas D adalah rumah sakit ini bersifat transisi karena pada suatu saat akan ditingkatkan menjadi rumah sakit kelas C. Pada saat ini kemampuan rumah sakit tipe D hanyalah memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Sama halnya dengan rumah sakit tipe C, rumah sakit tipe D juga menampung pelayanan yang berasal dari Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Kusmedi, seperti dikuti dari Beritasatu (25/09/2018), mengatakan puskesmas kecamatan di DKI Jakarta dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melebihi standar pelayanan kesehatan puskesmas kecamatan ditingkatkan menjadi RSU kelas D. Hal ini dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 1024 tahun 2014 tanggal 17 Juni 2014 tentang Penetapan Puskesmas Kecamatan Rawat Inap menjadi RSU kelas D. Informasi mengenai empat rumah sakit berikut diambil dari situs masing-masing dan beberapa sumber.

RSU Kecamatan Cempaka Putih

RSU Kecamatan Cempaka Putih

Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Cempaka Putih mulai teregistrasi pada tanggal 07 Juli 2015 berkode rumah sakit 3173700 dengan kelas rumah sakit D. Rumah sakit ini terletak di Jakarta Pusat dengan alamat Jl. Rawasari Selatan No. 1, Kode Pos 10510. Dipimpin oleh Direktur Dr. Dewi R Anggraini, M.Kes ini memiliki tenaga ahli antara lain dua orang dokter spesialis anak, satu orang dokter spesialis obstetri dan ginekologi, satu orang dokter spesialis penyakit dalam, satu dokter spesialis rehabilitasi medik, satu dokter spesialis anestesiologi, 13 orang dokter umum, dan dua orang dokter gigi. Rumah sakit ini menempati tanah seluas 1.350 meter persegi dengan luas bangunan 3.499 meter persegi.

[Baca Juga : Mengenal Metode Medis Penanganan Tumor Tanpa Bedah]

RSU Kecamatan Sawah Besar

RSU Kecamatan Sawah Besar

Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Sawah Besar ini memiliki visi “Menjadi Rumah Sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, professional untuk mencapai Jakarta Sehat 2017” dan misi melaksanakan pekerjaan dalam tim yang dinamis, inovatif dan berdedikasi tinggi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga menjamin kepuasan pelanggan dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan harmonis. RSU Kecamatan Sawah Besar ini merupakan rumah sakit umum Kelas D yang didirikan untuk melaksanakan upaya rujukan menuju Jakarta Sehat. Berdiri pada 2 April 2015, rumah sakit ini menyediakan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam, Instalasi Rawat Jalan, Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi, Poliklinik Keluarga Berencana, Poliklinik Gizi, Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam, Poliklinik Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dan Poliklinik Spesialis Anak.

RS Umum Kecamatan Johar Baru

RSU Kecamatan Johar Baru

Puskesmas Kecamatan Johar Baru telah berubah status menjadi rumah sakit tipe D. Direktur rumah sakit tipe D Johar Baru Weningtyas Purnomorini memaparkan, seiring dengan perubahan status Puskesmas Kecamatan Johar Baru menjadi rumah sakit tipe D, sejumlah pelayanan dan fasilitas ditingkatkan. Diantaranya, ruang rawat inap, Instalasi Gawat Darurat (IGD), poli umum, poli anak, kebidanan, penyakit dalam serta laboratorium dan radiologi. "Tetapi harus diingat, bagi pasien harus berobat ke Puskesmas Kelurahan dan Kecamatan dulu sebelumnya, jadi kalau sudah dapat rujukan atau dalam keadaan darurat baru bisa dilayani di sini," dia menjelaskan seperti dikutip dari Wartakotalive (25/09/2018).

RSU Kecamatan Kemayoran

RSU Kecamatan Kemayoran

Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Kemayoran ialah satu dari sekian Layanan Kesehatan milik Pemprov Kota Jakarta Pusat yang berupa RSU, dinaungi oleh dan tercantum kedalam rumah sakit kelas D. Layanan Kesehatan ini telah terdaftar semenjak 15/06/2015 dengan Nomor Surat Izin dan Tanggal Surat Izin 00/00/0000. RSU ini beralamat di Jl. Serdang Baru I Kel. Serdang Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Indonesia.

[Baca Juga : Disiplin Pegang Peranan Penting Sukses ASI Eksklusif]

Keempat RSU kecamatan tersebut memberikan pelayanan medis, farmasi, keperawatan, dan kebidanan, penunjang klinik dan nonklinik serta pelayanan rawat inap. Rawat inap dalam RSU ini mencapai 50 tempat tidur. Di sana ada pelayanan spesialis anak, kebidanan, bedah, dan spesialis penyakit dalam. Biasanya di Rumah Sakit Umum Daerah tingkat kecamatan ini ada juga pelayanan penunjang seperti pelayanan anastesi atau pembiusan. Dengan begitu, diharapkan penyakit ringan masih bisa dirawat di RSU Kecamatan. Tidak perlu dibawa ke RSUD atau rumah sakit besar lainnya dengan antrean panjang.


Read More

Artikel Lainnya

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.


Comments


Please Login to leave a comment.