PONDOK INDAH_PENDIDIKAN_4 SEKOLAH BALET ANAK DI GANDARIA DAN PONDOK INDAH_KIKI_1000 X 600 px-01.jpg

Pendidikan

4 Sekolah Balet Anak di Gandaria dan Pondok Indah

Banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengembangkan bakat dan kemampuan anak. Salah satu caranya dengan memberi aktivitas tambahan dengan mengikuti kursus. Sekolah balet bisa menjadi alternative pengembangan bakat anak terutama anak perempuan. Bagi Anda yang tinggal di sekitar Gandaria City dan Pondok Indah, ternyata ada banyak kursus balet di dua kawasan ini.

Secara history, balet merupakan salah satu jenis tarian yang popular di dunia dengan teknik virtuosonya seperti ponte work, grand pas de deux dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Balet mulai masuk ke Indonesia pertama kali ketika Anna Pavlova, ballerina asal Rusia datang ke Hindia Belanda pada 1929 untuk melakukan pertunjukan.

Memasuki abad ke-20, balet di Indonesia mulai disebarkan oleh orang Belanda yang hidup menetap di Indonesia. Baru pada 1956, dua sekolah balet resmi dibuka. Hingga saat ini jumlah sekolah balet di Indonesia semakin bertambah. Bagi orangtua yang tertarik memasukkan buah hati ke sekolah balik, ada beberapa sekolah yang bisa menjadi referensi. Berikut referensi empat sekolah balet yang bisa jadi pilihan Anda.

  1. Ade Rayanti School of Ballet

Ade Rayanti Scholl of Ballet didirikan pada tahun 1967 oleh Ade Riyanti yang fokus mengajarkan balet klasik. Sekolah balet ini menggunakan kurikulum sistem vaganova dari Rusia. Program balet di sekolah ini dibagi menjadi dua, yaitu children grade dan professional grade. Anak-anak yang bisa belajar balet batas usianya mulai dari 1-4 tahun yang nantinya akan diberikan seragam Ade Rayanti.

Untuk professional grade, dikhususkan untuk tingkatan elementary, intermediate, dan advanced. Ade Rayanti School of Ballet memiliki satu cabang di Bintaro, sedangkan kantor pusatnya berada di Jalan Delman Indah 8/20 Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi 08164836406.

2. Namarina

Namarina merupakan salah satu lembaga pendidikan balet pertama di Indonesia dan tertua di Asia Tenggara, mulai dibuka pada tahun 1956 oleh Nanny Lubis. Dikutip dari laman resmi Namarina, lembaga ini bergerak di bidang tari balet, jazz, dan fitness. Namarina memiliki tujuh cabang dan berkantor pusat di Jalan Halimun, Jakarta Selatan.

Di daerah Kebayoran, Namarina memiliki studio di Jalan Gandaria Tengah III No.9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Studio ini memili tiga ruang latihan, ruang ganti, mini kantin, kamar mandi dan ruang tunggu. Kelas yang disediakan Namarina juga beragam, mulai dari children class, general graded syllabus, vocational graded syllabus, dan ballet for adult.

Children class diperuntukan bagi anak usia 3-9 tahun dengan durasi latihan 50 menit selama satu kali seminggu. Sedangkan General Grade Syllabus ini diperuntukkan siswa yang sudah melewati grade 4. Latihan dilakukan selama 60 menit selama dua kali seminggu.

Vocational graded syllabus menggunakan kurikulum The Royal Academy of Dance (RAD) London, menggunakan durasi latihan 90-120 menit selama dua kali seminggu. Ballet for Adult dikhususkan untuk usia remaja dan dewasa, kelas berlangsung selama 60 menit selama satu kali seminggu. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi (021) 7398556.

3. Ballet Sumber Cipta

Ballet Sumber Cipta didirikan oleh Farida Oetoyo pada tahun 1959. Awalnya, sekolah ini bernama Nritya Sundara yang kemudian berganti nama pada tahun 1976. Ballet Sumber Cipta menggunakan metode Vaganova. Program kelas balet di Sumber Cipta terdiri dari tujuh program, yaitu baby class, beginner, elementary, intermediate, advanced, contemporary dance, dan adult class. Sekolah Ballet Sumber Cipta pusatnya berada di Pondok Pinang, tepatnya berada di Jalan Pondok Pinang Raya No.1 Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi (021) 7659467.

4. Caritas Ballet

Caritas Ballet telah didirikan sejak 1976 oleh Sunny T. Sistyawati-Pranata dengan menggunakan metode Vaganova. Pada tahun 1985, Caritas Ballet menjadi pendiri Ikatan Pengajar & Pelatih Balllet (PPB). Caritas memiliki kelas untuk anak dan orang dewasa.

Umur minimum untuk belajar balet di Caritas adalah usia 3 tahun. Selain menyediakan kelas balet, Caritas juga menyediakan kelas menari hip-hop dan salsa. Anda bisa datang langsung ke Caritas Ballet yang berada di Jalan Metro Kencana IV No.4, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi 08161810000.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

28 September 2020, 11:09

Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman.

Longsor di Hulu Sungai Gunung Salak Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

Berita Kawasan

Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

28 September 2020, 10:07

Longsor terjadi akibat sejak Senin, 21 September 2020 terjadi hujan sangat lebat diikuti dengan angin kencang. Sehingga, dapat dipastikan hal itu disebabkan oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem.

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.