4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

Properti dan Solusi

4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

Memiliki keinginan untuk membeli rumah dan benar-benar siap untuk melakukannya adalah dua hal yang berbeda. Banyak orang ingin membeli rumah, tetapi untuk bisa melakukannya membutuhkan persiapan finansial. Tanpa persiapan itu, proses pembeliannya bisa lebih lama, lebih sulit, atau bahkan tidak dapat terjadi.

Untuk membedakan antara keinginan untuk membeli rumah dan benar-benar siap untuk melakukannya, PingPoint.co.id merangkum penjelasan Executive Director of Corporate Home Lending JPMorgan Chase Shelby McDaniels yang dimuat di situs realsimple.com (6/10/2019). Kiat dari McDaniels berikut dapat membantu Anda memutuskan apakah sekarang saatnya untuk membeli, atau apakah Anda lebih baik memperbarui sewa dan menyewa untuk satu tahun lagi.

[Baca Juga: Tagline Anyar Rentfix.com : Sewa, Praktis, Pasang Properti Gratis]

4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

1) Anda Punya Uang untuk Uang Muka

Mengumpulkan uang muka adalah salah satu hambatan utama untuk membeli rumah. Kebijakan konvensional mengatakan uang muka harus setidaknya 30 persen dari harga sebuah rumah yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. "Beberapa pinjaman rumah mungkin memerlukan jauh lebih sedikit uang muka," kata McDaniels. Sehingga uang muka mungkin tidak harus cukup besar seperti yang Anda pikirkan, tetapi uang muka yang lebih besar dapat berarti persyaratan kredit yang lebih baik dan membuatnya lebih mudah untuk melunasi kredit Anda lebih awal.

2) Skor Kredit Anda Baik

“Skor kredit Anda membantu menentukan tingkat bunga dan biaya lain yang Anda bayarkan untuk pinjaman hipotek,” kata McDaniels. Skor kredit yang lebih tinggi dapat membantu Anda memuluskan proses pengajuan kredit rumah dan bahkan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah sesuai bank yang Anda pilih. Ini pada akhirnya dapat menghemat biaya pembelian rumah. Jika Anda belum mengetahui skor kredit Anda, Anda dapat dengan mudah menemukannya online dengan aplikasi pemantauan. Beberapa bahkan menawarkan tips dan bantuan untuk meningkatkan nilai kredit Anda. Beberapa bank juga menawarkan pelacakan skor kredit gratis.

3) Anda Memiliki Uang Tambahan untuk Menutup Biaya

Seolah pembayaran uang muka yang cukup besar tidak cukup, Anda akan diminta membayar pajak jual-beli, notaris, dan biaya administrasi lain. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli rumah, pastikan Anda memiliki cukup uang muka, ditambah sedikit untuk biaya biaya wajib yang datang proses akad jual-beli dan akad kredit. Biasanya pemberi pinjaman atau bank Anda dapat membantu menguraikan beberapa di antaranya.

"Meskipun tidak ada cara bagi pembeli untuk sepenuhnya menghindari membayar biaya-biaya ini, ada beberapa cara yang dapat dihemat oleh pemilik rumah," kata McDaniels. "Beberapa bank menawarkan bantuan dengan biaya tersebut untuk pembeli jika mereka menggunakan bank untuk pembiayaan kredit."

4) Anda Bisa Mendapatkan Pinjaman yang Menguntungkan

Variasikan opsi kredit rumah akan memiliki persyaratan pinjaman yang berbeda, jenis suku bunga, dan jenis pinjaman. Pastikan Anda memahami opsi apa yang tersedia untuk Anda, karena mereka menentukan berapa banyak Anda akan membayar bunga (dan ukuran pembayaran bulanan Anda) untuk beberapa tahun ke depan. Pelajari tarif kredit rumah yang tetap dan dapat disesuaikan, dan Anda akan dapat bekerja dengan calon pemberi pinjaman untuk menemukan opsi terbaik dengan keyakinan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

[Baca Juga: Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil]

Jika Anda pikir Anda ingin membeli rumah suatu saat nanti, perhatikan empat langkah di atas dan atur keuangan Anda agar bisa memenuhi semua tahapan tersebut. Jika Anda sudah mengatur keuangan Anda tetapi telah menunggu untuk mengambil kredit rumah, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan inilah waktu tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.