4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

Properti dan Solusi

4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

Memiliki keinginan untuk membeli rumah dan benar-benar siap untuk melakukannya adalah dua hal yang berbeda. Banyak orang ingin membeli rumah, tetapi untuk bisa melakukannya membutuhkan persiapan finansial. Tanpa persiapan itu, proses pembeliannya bisa lebih lama, lebih sulit, atau bahkan tidak dapat terjadi.

Untuk membedakan antara keinginan untuk membeli rumah dan benar-benar siap untuk melakukannya, PingPoint.co.id merangkum penjelasan Executive Director of Corporate Home Lending JPMorgan Chase Shelby McDaniels yang dimuat di situs realsimple.com (6/10/2019). Kiat dari McDaniels berikut dapat membantu Anda memutuskan apakah sekarang saatnya untuk membeli, atau apakah Anda lebih baik memperbarui sewa dan menyewa untuk satu tahun lagi.

[Baca Juga: Tagline Anyar Rentfix.com : Sewa, Praktis, Pasang Properti Gratis]

4 Tanda Anda Siap Memiliki Rumah

1) Anda Punya Uang untuk Uang Muka

Mengumpulkan uang muka adalah salah satu hambatan utama untuk membeli rumah. Kebijakan konvensional mengatakan uang muka harus setidaknya 30 persen dari harga sebuah rumah yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. "Beberapa pinjaman rumah mungkin memerlukan jauh lebih sedikit uang muka," kata McDaniels. Sehingga uang muka mungkin tidak harus cukup besar seperti yang Anda pikirkan, tetapi uang muka yang lebih besar dapat berarti persyaratan kredit yang lebih baik dan membuatnya lebih mudah untuk melunasi kredit Anda lebih awal.

2) Skor Kredit Anda Baik

“Skor kredit Anda membantu menentukan tingkat bunga dan biaya lain yang Anda bayarkan untuk pinjaman hipotek,” kata McDaniels. Skor kredit yang lebih tinggi dapat membantu Anda memuluskan proses pengajuan kredit rumah dan bahkan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah sesuai bank yang Anda pilih. Ini pada akhirnya dapat menghemat biaya pembelian rumah. Jika Anda belum mengetahui skor kredit Anda, Anda dapat dengan mudah menemukannya online dengan aplikasi pemantauan. Beberapa bahkan menawarkan tips dan bantuan untuk meningkatkan nilai kredit Anda. Beberapa bank juga menawarkan pelacakan skor kredit gratis.

3) Anda Memiliki Uang Tambahan untuk Menutup Biaya

Seolah pembayaran uang muka yang cukup besar tidak cukup, Anda akan diminta membayar pajak jual-beli, notaris, dan biaya administrasi lain. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli rumah, pastikan Anda memiliki cukup uang muka, ditambah sedikit untuk biaya biaya wajib yang datang proses akad jual-beli dan akad kredit. Biasanya pemberi pinjaman atau bank Anda dapat membantu menguraikan beberapa di antaranya.

"Meskipun tidak ada cara bagi pembeli untuk sepenuhnya menghindari membayar biaya-biaya ini, ada beberapa cara yang dapat dihemat oleh pemilik rumah," kata McDaniels. "Beberapa bank menawarkan bantuan dengan biaya tersebut untuk pembeli jika mereka menggunakan bank untuk pembiayaan kredit."

4) Anda Bisa Mendapatkan Pinjaman yang Menguntungkan

Variasikan opsi kredit rumah akan memiliki persyaratan pinjaman yang berbeda, jenis suku bunga, dan jenis pinjaman. Pastikan Anda memahami opsi apa yang tersedia untuk Anda, karena mereka menentukan berapa banyak Anda akan membayar bunga (dan ukuran pembayaran bulanan Anda) untuk beberapa tahun ke depan. Pelajari tarif kredit rumah yang tetap dan dapat disesuaikan, dan Anda akan dapat bekerja dengan calon pemberi pinjaman untuk menemukan opsi terbaik dengan keyakinan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

[Baca Juga: Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil]

Jika Anda pikir Anda ingin membeli rumah suatu saat nanti, perhatikan empat langkah di atas dan atur keuangan Anda agar bisa memenuhi semua tahapan tersebut. Jika Anda sudah mengatur keuangan Anda tetapi telah menunggu untuk mengambil kredit rumah, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan inilah waktu tepat.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.