MATRAMAN-KESEHATAN-INI TANDA JIKA FUNGSI HATI BERMASALAH-RACHLI-1100 px X 600 px-05.jpg

Kesehatan

4 Tanda Fungsi Hati Bermasalah

Hati atau lever merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Fungsi dari organ tersebut tidak hanya sebagai penyaring darah seperti yang banyak diketahui orang. Fungsinya lebih dari itu, mulai dari menghasilkan hormon, hingga mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lainnya.

[Baca Juga: Waspada Bahaya Kanker Hati pada Pria]

Salah satu klinik yang menawarkan pengobatan lever di Praktik Pribadi dr. Roy Budiarto, Matraman, Jakarta. Dilihat dari fungsinya, tentu menjaga kesehatan lever menjadi persoalan penting. Sebab, penyakit lever tergolong berbahaya dan mematikan jika tidak mendapat penanganan sejak dini. Ada beberapa tanda yang perlu diketahui terkait lever bermasalah. Mengutip laman Reader's Digest Asia (14/1/2019), berikut ini beberapa tanda jika lever bermasalah.

Mata Kuning Tanda Gangguan Fungsi Hati

Mata Kuning

Mata kuning merupakan pertanda lever tidak bekerja dengan baik dan mungkin merupakan tanda paling spesifik penyakit lever. Zat berwarna kuning itu disebut bilirubin. Biasanya bilirubin dipisahkan oleh lever yang akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Akan tetapi ketika lever sedang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan bilirubin menumpuk dalam plasma darah sehingga mengakibatkan bagian putih pada bola mata menguning.

Nyari Perut dan Bengkak Tanda Gangguan Hati

Nyeri Perut Hingga Perut Membengkak

Jika perut tiba-tiba membengkak, itu bisa jadi bukan kembung biasa. Peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah di sekitar lever dapat menyebabkan penumpukan cairan di perut. Jika kondisi ini terjadi, penting untuk menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya, apakah disebabkan karena gas, makanan, cairan, atau kondisi hepatomegali yaitu lever membesar dari ukuran normal. Pembesaran lever yang tidak normal ini dapat menjadi suatu tanda berbagai penyakit yang serius.

Tak Bisa Berhenti Menggaruk Tanda Gangguan Hati

Tidak Bisa Berhenti Menggaruk

Percaya atau tidak, hati yang sakit dapat menyebabkan gatal di seluruh tubuh Anda. Empedu adalah zat pencernaan yang diproduksi lever, tetapi pada orang dengan sirosis bilier primer (penyakit hati autoimun yang menyebabkan saluran empedu runtuh), empedu itu dapat menumpuk dan menyebabkan gejala yang nyata, seperti gatal-gatal.

Selalu Merasa Lelah Tanda Gangguan Hati

Selalu Merasa Lelah

Kelelahan memang gejala yang umum dari sejumlah penyakit. Untuk penyakit lever bisa menyebabkan seseorang terus merasa lelah padahal istirahat yang cukup sudah diperolehnya. Banyak juga orang dengan masalah hati yang mengeluh kelelahan di pagi hari. Umumnya mereka jadi memiliki tingkat energi yang rendah sehingga tidak lagi antusias untuk terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati. Salah satu pendapat menyebutkan kelelahan ini dikarenakan nafsu makan berkurang dan asupan kalori yang tidak memadai.

[Baca Juga: Ini Penyebab Kelelahan Usai Berlibur]

Itulah beberapa tanda jika lever sedang tidak dalam kondisi yang baik. Mengingat fungsi dari lever itu sendiri cukup penting bagi tubuh, ada baiknya untuk menjaga kesehatan dengan pola dan gaya hidup yang sehat, dan selalu memeriksakan kondisi tubuh secara berkala ke dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.