MATRAMAN-KESEHATAN-INI TANDA JIKA FUNGSI HATI BERMASALAH-RACHLI-1100 px X 600 px-05.jpg

Kesehatan

4 Tanda Fungsi Hati Bermasalah

Hati atau lever merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Fungsi dari organ tersebut tidak hanya sebagai penyaring darah seperti yang banyak diketahui orang. Fungsinya lebih dari itu, mulai dari menghasilkan hormon, hingga mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lainnya.

[Baca Juga: Waspada Bahaya Kanker Hati pada Pria]

Salah satu klinik yang menawarkan pengobatan lever di Praktik Pribadi dr. Roy Budiarto, Matraman, Jakarta. Dilihat dari fungsinya, tentu menjaga kesehatan lever menjadi persoalan penting. Sebab, penyakit lever tergolong berbahaya dan mematikan jika tidak mendapat penanganan sejak dini. Ada beberapa tanda yang perlu diketahui terkait lever bermasalah. Mengutip laman Reader's Digest Asia (14/1/2019), berikut ini beberapa tanda jika lever bermasalah.

Mata Kuning Tanda Gangguan Fungsi Hati

Mata Kuning

Mata kuning merupakan pertanda lever tidak bekerja dengan baik dan mungkin merupakan tanda paling spesifik penyakit lever. Zat berwarna kuning itu disebut bilirubin. Biasanya bilirubin dipisahkan oleh lever yang akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Akan tetapi ketika lever sedang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan bilirubin menumpuk dalam plasma darah sehingga mengakibatkan bagian putih pada bola mata menguning.

Nyari Perut dan Bengkak Tanda Gangguan Hati

Nyeri Perut Hingga Perut Membengkak

Jika perut tiba-tiba membengkak, itu bisa jadi bukan kembung biasa. Peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah di sekitar lever dapat menyebabkan penumpukan cairan di perut. Jika kondisi ini terjadi, penting untuk menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya, apakah disebabkan karena gas, makanan, cairan, atau kondisi hepatomegali yaitu lever membesar dari ukuran normal. Pembesaran lever yang tidak normal ini dapat menjadi suatu tanda berbagai penyakit yang serius.

Tak Bisa Berhenti Menggaruk Tanda Gangguan Hati

Tidak Bisa Berhenti Menggaruk

Percaya atau tidak, hati yang sakit dapat menyebabkan gatal di seluruh tubuh Anda. Empedu adalah zat pencernaan yang diproduksi lever, tetapi pada orang dengan sirosis bilier primer (penyakit hati autoimun yang menyebabkan saluran empedu runtuh), empedu itu dapat menumpuk dan menyebabkan gejala yang nyata, seperti gatal-gatal.

Selalu Merasa Lelah Tanda Gangguan Hati

Selalu Merasa Lelah

Kelelahan memang gejala yang umum dari sejumlah penyakit. Untuk penyakit lever bisa menyebabkan seseorang terus merasa lelah padahal istirahat yang cukup sudah diperolehnya. Banyak juga orang dengan masalah hati yang mengeluh kelelahan di pagi hari. Umumnya mereka jadi memiliki tingkat energi yang rendah sehingga tidak lagi antusias untuk terlibat dalam kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati. Salah satu pendapat menyebutkan kelelahan ini dikarenakan nafsu makan berkurang dan asupan kalori yang tidak memadai.

[Baca Juga: Ini Penyebab Kelelahan Usai Berlibur]

Itulah beberapa tanda jika lever sedang tidak dalam kondisi yang baik. Mengingat fungsi dari lever itu sendiri cukup penting bagi tubuh, ada baiknya untuk menjaga kesehatan dengan pola dan gaya hidup yang sehat, dan selalu memeriksakan kondisi tubuh secara berkala ke dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.