4 Tanda Kanker Payudara Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Kesehatan

4 Tanda Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Perempuan

Salah satu jenis penyakit kanker yang paling banyak didiagnosis di antara wanita adalah kanker payudara. Bahkan, American Cancer Society menyebutkan kanker payudara merupakan kanker kedua yang paling banyak ditemukan pada perempuan di Amerika Serikat.

Oleh karena itu, setiap perempuan sebaiknya mengenali tanda-tanda dan gejala dari kanker payudara. Agar, bila ada perubahan pada payudara bisa segera menjalani pemeriksaan, terutama bagi perempuan berusia di atas 25. Karena pada usia tersebut, perempuan berisiko tinggi terkena kanker payudara.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Berikut tanda dan gejala kanker payudara yang paling umum dan harus diketahui setiap perempuan melansir shape.com (14/10/2019).

1) Benjolan

Benjolan yang tidak sakit adalah salah satu tanda pertama kanker payudara yang diketahui sebagian besar wanita. Benjolan yang muncul bisa bertekstur keras atau lunak.

2) Nyeri

Bila dada terasa sakit dan nyeri, kondisi tersebut bisa juga menjadi salah satu tanda awal kanker payudara. Jika kanker sudah menyebar, biasanya juga ditandai dengan rasa sakit di bagian lain dari tubuh, seperti pada punggung bagian bawah atau pinggul. Jika dada terasa sakit terus menerus selama lebih dari dua minggu, segeralah periksakan ke dokter.

4 Tanda Kanker Payudara Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

3) Kemerahan

Tanda lainnya adalah perubahan warna kulit di payudara yang menjadi kemerahan atau adanya bercak merah besar yang meradang, terutama di samping payudara yang bengkak. Seringkali orang salah mengira kemerahan ini sebagai infeksi yang memang kadang-kadang terjadi, terutama bagi wanita yang sedang menyusui.

4) Bintik-bintik Merah

Tanda awal kanker payudara juga bisa dari adanya bintik-bintik merah pada payudara yang disebut papula. Tapi, memang seringkali kondisi tersebut merupakan tanda dari kondisi non-kanker. Meski begitu, sebaiknya tetap waspadai bila ada bintik merah pada payudara.

[Baca Juga: Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak]

Itulah empat tanda dan gejala yang paling umum ditemukan pada setiap wanita yang terkena kanker payudara. Dari keempat tanda dan gejala kanker payudara di atas, bila Anda menemukan salah satunya, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk memastikannya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.