4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu

Suasana sore yang nyaman dan sejuk di tepi pantai membuat warga di Kepulauan Seribu memilih menunggu waktu berbuka atau ngabuburit di luar rumah. Pantai dan beberapa lokasi keramaian yang unik berikut menjadi pilihan favorit mereka.

Anda bisa memakai daftar lokasi ini jika ingin merasakan suasana baru ketika ngabuburit di akhir pekan bersama keluarga.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Perahu Khole Pulau Kelapa

Perahu Khole Pulau Kelapa

Warga Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara memanfaatkan ikon wisata Perahu Khole yang berlokasi di depan kantor kelurahan sebagai tempat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

"Biasanya para warga ini datang sore hari untuk ngabuburit di Perahu Khole," ujar M Mahdi, Lurah Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara seperti dilansir dari beritajakarta.id (13/5/2019).

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

Menurutnya, warga yang datang beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. "Selain Perahu Khole, warga biasanya juga berjalan-jalan ke kantor kecamatan untuk melihat sunset dan pemandangan laut di sekitar dermaga kantor kecamatan," tandasnya.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Dermaga Utara Pulau Harapan

Dermaga Utara Pulau Harapan

Memasuki bulan Ramadan, aktivitas warga yang melakukan ngabuburit atau menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa banyak dijumpai di sejumlah tempat.

Seperti di Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Ya, di wilayah ini setidaknya terdapat tiga lokasi yang kerap dijadikan lokasi favorit warga untuk Ngabuburit. Lurah Pulau Harapan, Adi Afandi mengatakan salah satunya adalah Dermaga Utara Pulau Harapan yang legendaris

[Baca Juga: Mau Berlibur ke Pulau Seribu? Ini 4 Pilihan Swim Wear Untuk Muslimah]

Menurutnya, di dermaga sambil menunggu datangnya waktu Magrib, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas dan keindahan sunset yang terlihat jelas dari dermaga. "Mereka juga bisa memesan berbagai makanan dan minuman segar buah-buahan, ikan bakar, ayam bakar dan bakso ikan," tandasnya.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Taman Menunggu Dirimu Pulau Harapan

Taman Menunggu Dirimu Pulau Harapan

Selain Dermaga Utara, total ada tiga lokasi favorit ngabuburit di Pulau Harapan. Dua lagi yaitu RPTRA Widya Bahari dan Taman Menunggu Dirimu tepat di depan kantor kelurahan setempat. "Sejak dua hari ini tiga lokasi itu sangat ramai dikunjungi warga dan wisatawan untuk ngabuburit, baik warga maupun wisatawan," ujar Adi masih dari sumber yang sama.

Pada bulan April lalu, Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Kepulauan Seribu percantik Taman Menunggu Dirimu, di Kelurahan Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara dengan berbagai lampu hias warna-warni. Pemasang lampu sorot ini untuk mendukung spot swafoto bagi warga dan wisatawan pada malam hari. Dengan fasilitas tersbut, lokasi ini menjadi tempat yang pas buat ngabuburit dan berbuka puasa.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Taman Arsa Pulau Untung Jawa

Taman Arsa Pulau Untung Jawa

Taman Arsa di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan bisa dijadikan pilihan asyik untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman-teman. "Ramadan ini, Taman Arsa serta berbagai fasilitasnya dapat dijadikan alternatif wisata ngabuburit warga dan wisatawan," ujar Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi.

[Baca Juga: Ayo Coba Spot Snorkeling Clownfish di Pulau Untung Jawa]

Dijelaskan Supriyadi, sambil ngabuburit warga maupun wisatawan yang datang bisa memanfaatkan fasilitas mandi dan bermain pasir di pantai. Selain itu, fasilitas banana boat dan flying fish juga bisa dinikmati untuk menambah keseruan.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad menyadari potensi empat lokasi ngabuburit favorit di lokasi kabupatennya itu. Dia menambahkan, keunggulan kompetitif Kepulauan Seribu adalah laut, sehingga kebersihan dan kelestariannya harus terus dijaga.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.