4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu

Suasana sore yang nyaman dan sejuk di tepi pantai membuat warga di Kepulauan Seribu memilih menunggu waktu berbuka atau ngabuburit di luar rumah. Pantai dan beberapa lokasi keramaian yang unik berikut menjadi pilihan favorit mereka.

Anda bisa memakai daftar lokasi ini jika ingin merasakan suasana baru ketika ngabuburit di akhir pekan bersama keluarga.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Perahu Khole Pulau Kelapa

Perahu Khole Pulau Kelapa

Warga Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara memanfaatkan ikon wisata Perahu Khole yang berlokasi di depan kantor kelurahan sebagai tempat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

"Biasanya para warga ini datang sore hari untuk ngabuburit di Perahu Khole," ujar M Mahdi, Lurah Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara seperti dilansir dari beritajakarta.id (13/5/2019).

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

Menurutnya, warga yang datang beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. "Selain Perahu Khole, warga biasanya juga berjalan-jalan ke kantor kecamatan untuk melihat sunset dan pemandangan laut di sekitar dermaga kantor kecamatan," tandasnya.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Dermaga Utara Pulau Harapan

Dermaga Utara Pulau Harapan

Memasuki bulan Ramadan, aktivitas warga yang melakukan ngabuburit atau menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa banyak dijumpai di sejumlah tempat.

Seperti di Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Ya, di wilayah ini setidaknya terdapat tiga lokasi yang kerap dijadikan lokasi favorit warga untuk Ngabuburit. Lurah Pulau Harapan, Adi Afandi mengatakan salah satunya adalah Dermaga Utara Pulau Harapan yang legendaris

[Baca Juga: Mau Berlibur ke Pulau Seribu? Ini 4 Pilihan Swim Wear Untuk Muslimah]

Menurutnya, di dermaga sambil menunggu datangnya waktu Magrib, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas dan keindahan sunset yang terlihat jelas dari dermaga. "Mereka juga bisa memesan berbagai makanan dan minuman segar buah-buahan, ikan bakar, ayam bakar dan bakso ikan," tandasnya.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Taman Menunggu Dirimu Pulau Harapan

Taman Menunggu Dirimu Pulau Harapan

Selain Dermaga Utara, total ada tiga lokasi favorit ngabuburit di Pulau Harapan. Dua lagi yaitu RPTRA Widya Bahari dan Taman Menunggu Dirimu tepat di depan kantor kelurahan setempat. "Sejak dua hari ini tiga lokasi itu sangat ramai dikunjungi warga dan wisatawan untuk ngabuburit, baik warga maupun wisatawan," ujar Adi masih dari sumber yang sama.

Pada bulan April lalu, Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Kepulauan Seribu percantik Taman Menunggu Dirimu, di Kelurahan Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara dengan berbagai lampu hias warna-warni. Pemasang lampu sorot ini untuk mendukung spot swafoto bagi warga dan wisatawan pada malam hari. Dengan fasilitas tersbut, lokasi ini menjadi tempat yang pas buat ngabuburit dan berbuka puasa.

4 Tempat Ngabuburit Favorit di Kepulauan Seribu Taman Arsa Pulau Untung Jawa

Taman Arsa Pulau Untung Jawa

Taman Arsa di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan bisa dijadikan pilihan asyik untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman-teman. "Ramadan ini, Taman Arsa serta berbagai fasilitasnya dapat dijadikan alternatif wisata ngabuburit warga dan wisatawan," ujar Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi.

[Baca Juga: Ayo Coba Spot Snorkeling Clownfish di Pulau Untung Jawa]

Dijelaskan Supriyadi, sambil ngabuburit warga maupun wisatawan yang datang bisa memanfaatkan fasilitas mandi dan bermain pasir di pantai. Selain itu, fasilitas banana boat dan flying fish juga bisa dinikmati untuk menambah keseruan.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad menyadari potensi empat lokasi ngabuburit favorit di lokasi kabupatennya itu. Dia menambahkan, keunggulan kompetitif Kepulauan Seribu adalah laut, sehingga kebersihan dan kelestariannya harus terus dijaga.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.