KEMAYORAN-KESEHATAN-4 TIPS AGAR TETAP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

4 Tips Agar Tetap Sehat saat Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Febuari 2019. Dilansir dari data yang diunggah BMKG pada laman resminya (3/1/2019), Intensitas hujan yang turun mulai dari sedang hingga berat, di mana bisa jadi satu hari penuh terjadi hujan. Namun, walaupun puncak curah hujan terjadi pada bulan ini, terkadang terik matahari kerap kali terjadi. Perubahan cuaca dari dingin ke panas ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh Anda menurun.

Biasanya, Anda lebih mudah sakit jika berada di musim hujan. Namun jika Anda menjaga kesehatan tubuh, tentunya tubuh Anda lebih fit dan jauh dari penyakit. Berikut beberapa tips agar Anda dapat menjaga kesehatan saat musim hujan.

[Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Pancaroba]

1. Istirahat yang Cukup

Ketika Anda sudah merasa terlalu letih, bakteri atau virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika Anda mudah terkena penyakit. Maka dari itu, jika ada kesempatan, manfaatkan waktu untuk istirahat. Kurangi begadang dan tidur tepat waktu.

Ketika musim hujan tiba, matahari memang malu-malu menampakkan sinarnya. Tapi ketika sedang cerah usahakan agar tubuh Anda tetap terkena paparan sinar matahari. Namun jangan lupa tetap gunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Ketika cuaca sedang tidak bersahabat, hindari makan makanan yang tak jelas dan tidak sehat. Melansir dari nhs.uk, untuk memastikan tubuh Anda sehat, perbanyak porsi makan buah dan sayur. Anda bisa perbanyak konsumsi buah atau sayur yang mengandung Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tak bosan, Anda bisa konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus atau smoothies.

Jaga Kebersiah dengan Cuci Tangan

3. Jaga Kebersihan

Jalan akan basah, banyak ruangan juga terasa lebih lembap ketika musim hujan tiba. Perubahan ini mengundang banyak serangga dan bakteri muncul, sehingga pastikan kebersihan ruangan yang Anda gunakan maupun Anda sendiri. Gunakan obat antinyamuk dan rutin mencuci tangan. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk, segera buang keluar rumah ketika sudah terisi penuh, agar tak mengundang bakteri dalam ruangan.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

4. Perbanyak Minum Air Putih

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, ketika musim hujan datang kulit dan tubuh cenderung lebih kering. Sehingga tetap rutin minum air putih agar tubuh Anda terjaga kelembapannya. Pilih air minum dengan suhu hangat dan hindari minum-minuman yang dingin.

Itulah empat langkah yang harus Anda lakukan untuk tetap sehat saat musim hujan.


Read More

Artikel Lainnya

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.


Comments


Please Login to leave a comment.