KEMAYORAN-KESEHATAN-4 TIPS AGAR TETAP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

4 Tips Agar Tetap Sehat saat Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Febuari 2019. Dilansir dari data yang diunggah BMKG pada laman resminya (3/1/2019), Intensitas hujan yang turun mulai dari sedang hingga berat, di mana bisa jadi satu hari penuh terjadi hujan. Namun, walaupun puncak curah hujan terjadi pada bulan ini, terkadang terik matahari kerap kali terjadi. Perubahan cuaca dari dingin ke panas ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh Anda menurun.

Biasanya, Anda lebih mudah sakit jika berada di musim hujan. Namun jika Anda menjaga kesehatan tubuh, tentunya tubuh Anda lebih fit dan jauh dari penyakit. Berikut beberapa tips agar Anda dapat menjaga kesehatan saat musim hujan.

[Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Pancaroba]

1. Istirahat yang Cukup

Ketika Anda sudah merasa terlalu letih, bakteri atau virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika Anda mudah terkena penyakit. Maka dari itu, jika ada kesempatan, manfaatkan waktu untuk istirahat. Kurangi begadang dan tidur tepat waktu.

Ketika musim hujan tiba, matahari memang malu-malu menampakkan sinarnya. Tapi ketika sedang cerah usahakan agar tubuh Anda tetap terkena paparan sinar matahari. Namun jangan lupa tetap gunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Ketika cuaca sedang tidak bersahabat, hindari makan makanan yang tak jelas dan tidak sehat. Melansir dari nhs.uk, untuk memastikan tubuh Anda sehat, perbanyak porsi makan buah dan sayur. Anda bisa perbanyak konsumsi buah atau sayur yang mengandung Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tak bosan, Anda bisa konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus atau smoothies.

Jaga Kebersiah dengan Cuci Tangan

3. Jaga Kebersihan

Jalan akan basah, banyak ruangan juga terasa lebih lembap ketika musim hujan tiba. Perubahan ini mengundang banyak serangga dan bakteri muncul, sehingga pastikan kebersihan ruangan yang Anda gunakan maupun Anda sendiri. Gunakan obat antinyamuk dan rutin mencuci tangan. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk, segera buang keluar rumah ketika sudah terisi penuh, agar tak mengundang bakteri dalam ruangan.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

4. Perbanyak Minum Air Putih

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, ketika musim hujan datang kulit dan tubuh cenderung lebih kering. Sehingga tetap rutin minum air putih agar tubuh Anda terjaga kelembapannya. Pilih air minum dengan suhu hangat dan hindari minum-minuman yang dingin.

Itulah empat langkah yang harus Anda lakukan untuk tetap sehat saat musim hujan.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.