pingpoint

KEMAYORAN-KESEHATAN-4 TIPS AGAR TETAP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

4 Tips Agar Tetap Sehat saat Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Febuari 2019. Dilansir dari data yang diunggah BMKG pada laman resminya (3/1/2019), Intensitas hujan yang turun mulai dari sedang hingga berat, di mana bisa jadi satu hari penuh terjadi hujan. Namun, walaupun puncak curah hujan terjadi pada bulan ini, terkadang terik matahari kerap kali terjadi. Perubahan cuaca dari dingin ke panas ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh Anda menurun.

Biasanya, Anda lebih mudah sakit jika berada di musim hujan. Namun jika Anda menjaga kesehatan tubuh, tentunya tubuh Anda lebih fit dan jauh dari penyakit. Berikut beberapa tips agar Anda dapat menjaga kesehatan saat musim hujan.

[Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Pancaroba]

1. Istirahat yang Cukup

Ketika Anda sudah merasa terlalu letih, bakteri atau virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika Anda mudah terkena penyakit. Maka dari itu, jika ada kesempatan, manfaatkan waktu untuk istirahat. Kurangi begadang dan tidur tepat waktu.

Ketika musim hujan tiba, matahari memang malu-malu menampakkan sinarnya. Tapi ketika sedang cerah usahakan agar tubuh Anda tetap terkena paparan sinar matahari. Namun jangan lupa tetap gunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Ketika cuaca sedang tidak bersahabat, hindari makan makanan yang tak jelas dan tidak sehat. Melansir dari nhs.uk, ntuk memastikan tubuh Anda sehat, perbanyak porsi makan buah dan sayur. Anda bisa perbanyak konsumsi buah atau sayur yang mengandung Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tak bosan, Anda bisa konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus atau smoothies.

Jaga Kebersiah dengan Cuci Tangan

3. Jaga Kebersihan

Jalan akan basah, banyak ruangan juga terasa lebih lembap ketika musim hujan tiba. Perubahan ini mengundang banyak serangga dan bakteri muncul, sehingga pastikan kebersihan ruangan yang Anda gunakan maupun Anda sendiri. Gunakan obat antinyamuk dan rutin mencuci tangan. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk, segera buang keluar rumah ketika sudah terisi penuh, agar tak mengundang bakteri dalam ruangan.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

4. Perbanyak Minum Air Putih

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, ketika musim hujan datang kulit dan tubuh cenderung lebih kering. Sehingga tetap rutin minum air putih agar tubuh Anda terjaga kelembapannya. Pilih air minum dengan suhu hangat dan hindari minum-minuman yang dingin.

Itulah empat langkah yang harus Anda lakukan untuk tetap sehat saat musim hujan.


Artikel Lainnya

Bintaro-Kesehatan-4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah-Yakub 1.jpg

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama. Tak hanya itu, manusia sesungguhnya butuh ‘teman’ yang rutin menemani ketika aktivitas lowong.

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Kesehatan

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi Anda perlu diberikan makanan penunjang ASI agar bisa belajar menyantap makanan padat.

Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alami. Meskipun begitu, mengonsumsi bahan makanan sehat seperti minyak zaitun bisa membantu kulit terlihat muda.

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga terkenal dengan kelezatan buahnya dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu, buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.


Please log in to leave a comment.