KEMAYORAN-KESEHATAN-4 TIPS AGAR TETAP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

4 Tips Agar Tetap Sehat saat Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Febuari 2019. Dilansir dari data yang diunggah BMKG pada laman resminya (3/1/2019), Intensitas hujan yang turun mulai dari sedang hingga berat, di mana bisa jadi satu hari penuh terjadi hujan. Namun, walaupun puncak curah hujan terjadi pada bulan ini, terkadang terik matahari kerap kali terjadi. Perubahan cuaca dari dingin ke panas ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh Anda menurun.

Biasanya, Anda lebih mudah sakit jika berada di musim hujan. Namun jika Anda menjaga kesehatan tubuh, tentunya tubuh Anda lebih fit dan jauh dari penyakit. Berikut beberapa tips agar Anda dapat menjaga kesehatan saat musim hujan.

[Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Pancaroba]

1. Istirahat yang Cukup

Ketika Anda sudah merasa terlalu letih, bakteri atau virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika Anda mudah terkena penyakit. Maka dari itu, jika ada kesempatan, manfaatkan waktu untuk istirahat. Kurangi begadang dan tidur tepat waktu.

Ketika musim hujan tiba, matahari memang malu-malu menampakkan sinarnya. Tapi ketika sedang cerah usahakan agar tubuh Anda tetap terkena paparan sinar matahari. Namun jangan lupa tetap gunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terlindungi.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Ketika cuaca sedang tidak bersahabat, hindari makan makanan yang tak jelas dan tidak sehat. Melansir dari nhs.uk, untuk memastikan tubuh Anda sehat, perbanyak porsi makan buah dan sayur. Anda bisa perbanyak konsumsi buah atau sayur yang mengandung Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Agar tak bosan, Anda bisa konsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus atau smoothies.

Jaga Kebersiah dengan Cuci Tangan

3. Jaga Kebersihan

Jalan akan basah, banyak ruangan juga terasa lebih lembap ketika musim hujan tiba. Perubahan ini mengundang banyak serangga dan bakteri muncul, sehingga pastikan kebersihan ruangan yang Anda gunakan maupun Anda sendiri. Gunakan obat antinyamuk dan rutin mencuci tangan. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk, segera buang keluar rumah ketika sudah terisi penuh, agar tak mengundang bakteri dalam ruangan.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

4. Perbanyak Minum Air Putih

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, ketika musim hujan datang kulit dan tubuh cenderung lebih kering. Sehingga tetap rutin minum air putih agar tubuh Anda terjaga kelembapannya. Pilih air minum dengan suhu hangat dan hindari minum-minuman yang dingin.

Itulah empat langkah yang harus Anda lakukan untuk tetap sehat saat musim hujan.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.