BOGOR_GARAGE SALE_4 TIPS MEMBELI SEPEDA BEKAS DI GARAGE SALE_KIKI-01.jpg

Properti dan Solusi

4 Tips Membeli Sepeda Bekas di Garage Sale

Di garage sale, Anda bukan hanya bisa membeli pakaian, aksesoris dan mainan anak. Kerap kali Anda juga akan menemukan beberapa pedagang yang menjual peralatan elektronik, peralatan dapur, kebutuhan hobi dan koleksi, bahkan sepeda. Salah satu kendaraan yang umumnya beroda dua ini masih dibutuhkan banyak orang meskipun sudah banyak pilihan kendaraan lainnya.

Membeli sepeda baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk satu sepeda ukuran dewasa, setidaknya Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1juta. Jika Anda membutuhkan sepeda namun biaya yang Anda miliki tidak seberapa, sepeda bekas jadi pilihannya.

Membeli sepeda bekas di garage sale bisa jadi salah satu pilihan Anda untuk mendapatkan sepeda dengan harga terbaik. Namun sebelum Anda membeli sepeda, perhatikan tips yang dikutip dari cyclingweekly.com berikut ini:

1. Biasakan Riset Sebelum Membeli

Sebelum mendatangi garage sale, sebaiknya Anda mencari tahu harga pasaran dari beberapa merek sepeda. Biasanya merek-merek tertentu memiliki standar harga tersendiri. Cek ke toko sepeda atau lihat harga jual di situs online. Ketika Anda sudah mengetahui harga pasaran, akan lebih mudah untuk Anda melakukan proses tawar menawar. Ketika memasuki proses tawar menawar, jangan sampai Anda menawar harga sepeda jauh di bawah harga rata-rata.

2. Periksa Kondisi Sepeda

Anda harus dengan jeli memeriksa kondisi sepeda sebelum membelinya. Sebenarnya apa saja yang harus Anda cek? Tentunya, Anda harus mengecek rangka sepeda, pastikan jika tak ada keretakan. Kemudian cek juga kondisi ban, apakah masih baik atau sudah tak layak? Namun jika ban dalam keadaan buruk, Anda masih bisa membawanya untuk diganti ban baru. Jangan lupa cek pedal, rem, dan stang sepeda.

Jika ada kerusakan fatal, sebaiknya Anda mencari pedagang lain, partisi sepeda yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera pada tubuh Anda. Namun jika partisi sepeda aman atau kerusakannya ringan, Anda bisa saja membawanya ke bengkel sepeda dengan biaya yang tidak terlalu besar. Untuk memastikan sepeda dalam kondisi baik, izin dengan sang penjual untuk wear test. Gunakan sepeda di area dagang penjual agar si pedagang juga bisa mengawasi Anda.

3. Ajak Kerabat Anda

Saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke garage sale, ajak kerabat Anda sebagai pemberi masukan yang lebih objektif. Biasanya jika Anda sudah menyukai dan merasa cocok dengan suatu barang, pandangan Anda jadi subjektif. Nah, disini kerabat Anda akan bertugas memberikan masukan dari sudut pandang yang berbeda.

Misalnya, Anda ditawari sepeda dengan harga Rp500.000, padahal banyak kerusakan di sepeda tersebut. Menurut kerabat Anda, untuk sepeda dengan kualitas seperti itu, harga tersebut tidak cocok. Dengan adanya pendapat kedua ini, Anda bisa melakukan proses tawar menawar kembali atau mencari sepeda dengan kualitas yang lebih baik lagi.

4. Pastikan Kepemilikan Sepeda Tersebut

Anda patut curiga jika ada pedagang yang menjual sepeda dengan kualitas baik namun dihargai dengan sangat murah. Bisa jadi sepeda yang dijual bukan milik pribadi dan didapatkan dari hasil curian. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kepemilikan sepeda. Ajukan beberapa pertanyaan seperti, berapa umur sepeda, alasan menjual sepeda, kapan terakhir di service dan dimana.

[Baca Juga : 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Anda Beli Di Garage Sale]

Jika pedagang menjawab dengan lugas dan cepat artinya ia memang pemilik asli sepeda tersebut, lain hal jika pedagang membutuhkan waktu yang cukup lama dan terlihat ragu ketika menjawab pertanyaan Anda. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya urungkan niat Anda untuk membeli sepeda di penjual tersebut.

Itulah empat tips membeli sepeda bekas di garage sale yang harus Anda perhatikan.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.