Tips Merawat Buku.jpg

Properti dan Solusi

4 Tips Merawat Buku Agar Awet dan Tidak Rusak

Buku bukan hanya hiasan dekorasi rumah saja. Lebih dari itu, merawat buku sama dengan Anda menjaga ingatan dan ilmu. Karena buku merupakan jendela dunia, gudang ilmu, serta sumber pengetahuan. Dengan rajin membaca buku, pikiran Anda akan terbuka luas dan wawasan Anda pun terus meningkat.

Bagi Anda yang hobi membaca dan mengoleksi buku, sebaiknya Anda mulai memerhatikan kondisi koleksi buku. Kondisi sebuah buku berbeda-beda, tergantung usia buku tersebut. Usia sebuah buku bisa memengaruhi warna kertas pada buku yang tak akan sama seperti saat awal Anda membelinya.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara merawat buku-buku kesayangan Anda, agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Merawat buku tak semudah yang Anda bayangkan. Perlu usaha, ketelatenan dan waktu untuk menjaga buku Anda agar tidak rusak.

Belum lagi Anda harus memikirkan sirkulasi udara di sekitar buku agar tak berjamur dan lapuk. Jadi perawatan apa saja yang harus dilakukan? Berikut empat cara merawat buku agar awet dan tidak mudah rusak.

2. Hindari Penumpukkan Bukun Rak Buku

Jika Anda menyimpan koleksi buku Anda pada rak buku, sebaiknya ruangan dalam temperatur yang stabil, sejuk dan tidak lembap. Hindari penyimpanan buku-buku Anda di permukaan tanah atau gudang yang tanpa cahaya. Kondisi gelap memungkinkan serangga untuk berkembang biak di buku Anda. Batasi jarak buku Anda dengan benda-benda elektronik yang mengeluarkan panas, seperti HP, kulkas, oven, TV, atau radio.

2 Hindari Penumpukkan Buku

Rak buku yang sudah penuh sebaiknya jangan dipaksa untuk menumpukkan buku agar bisa tersimpan. Posisi buku yang bertumpuk bisa mengakibatkan udara tidak masuk ke sela-sela halaman buku dan mempercepat kelembapan.

Hal ini membuat lembaran pada buku akan saling menempel. Tak Cuma itu, huruf-huruf isi buku cepat pudar dan jilid buku menjadi mudah lepas. Sebaiknya Anda menggunakan silica gel (butir penyerap air) dan kapur barus agar menghindari buku tidak menguning.

3. Jemur Buku dengan Paparan Sinar Matahari

Agar terhindar dari serangan serangga atau rayap yang bisa merusak kondisi buku, Anda sesekali perlu mengeluarkan kumpulan buku Anda dan menjemurnya. Paparan sinar matahari ini sanggup membasmi rayap dan serangga yang berkembang biak di dalam buku.

4. Perhatikan Hardcover dan Tulang Belakang Buku

Tulang belakang sebuah buku adalah inti dari tubuh buku sendiri. Sebaiknya Anda tak membiarkan tulang belakang pada buku retak. Caranya, biasakan menyimpan buku dengan posisi tegak atau rata. Jika akan mengeluarkan buku dari rak, tekan terlebih dahulu dua buku di sebelahnya dan pegang buku di kedua sisi tulang belakang pada buku. Biasakan Anda jangan menarik langsung buku yang Anda ingin baca karena bisa menghancurkan tulang belakang buku.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

Intinya, buku yang Anda miliki jangan sampai terkena air dan minyak. Merawat buku tidaklah sulit, sisihkan waktu Anda untuk memerhatikan dan merawat buku Anda agar terhindar dari kerusakan.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.