Percantik Dalam Rumah dengan Ikan Koi di Akuarium

Properti dan Solusi

4 Tips Percantik Dalam Rumah dengan Ikan Koi di Akuarium

Di antara semua ikan yang gemar dilirik oleh pemilik rumah guna mempercantik tempat tinggalnya, tentu saja ikan koi merupakan salah satu yang paling populer. Pasalnya, warna-warni dari ikan koi serta gerakannya di kolam dan akuarium dipandang dapat meningkatkan estetika rumah sekaligus membawa energi yang terkesan damai seusai Anda lelah dari aktivitas di luar. Mulai tertarik untuk memelihara ikan koi? Artikel ini akan mengulas cara memelihara ikan hias ini bagi pemula.

Memelihara ikan koi sebenarnya masuk kategori susah-susah gampang. Pasalnya, ikan koi pada umumnya dipelihara di kolam yang dibangun di area pekarangan rumah atau di belakang rumah yang banyak terpapar sinar matahari dan oksigen. Namun bagaimana jika Anda memiliki apartemen atau pekarangan yang terbatas?

Percantik Dalam Rumah dengan Ikan Koi di Akuarium

Hal ini di atas sebenarnya bisa diatasi dengan memeliharanya di dalam akuarium. Tapi ini membutuhkan perhatian yang lebih demi memastikan ikan koi yang dipelihara tetap sehat dan terlihat indah saat dipandang. Menurut pemilik D’Kios Aquarium di Pusat Ikan Hias Radio Dalam Sugiman, berikut ini empat hal perlu Anda dipertimbangkan.

1. Ukuran Akuarium

“Kalau akuarium misalnya ukuran 1,5 m x 50 cm, itu paling banyak ikan koi 10 ekor yang ukurannya 20 sampai 25 cm. Karena kalau terlalu banyak jumlahnya, pas makan, mereka buang kotoran dan airnya jadi cepat butek,” ucap Sugiman kepada PingPoint.co.id di Pusat Ikan Hias Radio Dalam, Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (30/7/2019).

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

2. Pengawasan Air

Perihal susah-susah gampang dalam memelihara ikan koi di rumah sebenarnya menurut Sugiman kembali kepada pengawasan terhadap airnya. Karena menurut pria yang sudah menjual ikan hias semenjak tahun 2008, dalam memelihara ikan koi, baik itu di kolam atau akuarium, kualitas air merupakan yang terpenting. Ini bukan hanya mengenai kebersihannya semata tapi juga meliputi kebeningan airnya hingga volume air yang tidak turun-naik.

Oleh karena itulah, dalam memelihara ikan koi di akuarium, Sugiman menyarankan agar memilih akuarium yang memiliki bagian ruangan kecil atau chamber untuk filtrasi. “Di chamber itu ada filter yang dibersihkan busa atau kapasnya dan bio ball, seminggu sekali rutin. Dengan ini InsyaAllah bagus, karena airnya enggak terkontaminasi dengan kotoran ikan koi,” ucapnya.

3. Pergantian Air

Selain pembersihan di bagian filtrasi, pergantian air juga penting. Tapi ada metode khusus yang Anda harus perhatikan dalam pergantian air untuk ikan koi di akuarium. Sugiman menjelaskan, air di akuarium diganti sebulan sekali tapi tidak perlu dikuras semuanya. Ia menyarankan hanya setengah volume air di akuarium yang dikuras dan diganti yang baru.

[Baca Juga: Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam]

4. Pakannya

Selain itu, perihal lainnya yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan koi adalah terkait pakannya. Sugiman menuturkan, Anda hanya perlu memberikan pelet khusus ikan koi tapi tidak boleh terlalu banyak jumlahnya. “Kalau terlalu banyak nanti enggak dimakan terus mengendap dan malah jadi racun. Bagusnya sekali atau dua kali sehari tapi sekali makan harus habis jadi enggak boleh ada makanan ikan koi yang mengambang di air,” ujarnya.

Jika tertarik untuk mempercantik rumah dengan ikan koi di akuarium, Sugiman memberikan gambaran anggaran yang dibutuhkan. “Kalau untuk akuarium dengan ukuran 1,5 m dengan ikan koi dan perlengkapannya, termasuk lampu dan filter, kira-kira harganya Rp2.500.000,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan.jpg

Berita Kawasan

Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan

13 August 2020, 14:00

Walau status zona merah COVID-19 sudah hilang dari Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya pastikan tidak akan melonggarkan protokol kesehatannya demi mempertahankan kondisi zona oranye.

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM .jpg

Bisnis

Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM

13 August 2020, 12:00

Demi memastikan mutu dagangannya, puluhan jamu gendong di Kota Gudeg menerima sertifikat dari BPOM.

Wali Kota Depok Umumkan Rencana Revitalisasi Posyandu.jpg

Kesehatan

Wali Kota Depok Umumkan Rencana Revitalisasi Posyandu

13 August 2020, 10:00

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakatnya, Wali Kota Depok akan segera melakukan revitalisasi posyandu di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.