4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Kesehatan

4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Bulan Januari sebentar lagi berakhir dan Anda akan memasuki bulan kedua di tahun 2020 dan pada momen inilah biasanya Anda harus terus bersemangat dalam menjalani resolusi tahun baru. Apalagi jika resolusi itu memiliki hubungan dengan kesehatan seperti menurunkan berat badan agar masuk ke dalam kategori bobot yang ideal. Sayangnya, bila Anda mengikuti program diet yang berat, acap kali godaan untuk melakukan cheating day dapat mengganggu kemajuan dari resolusi tersebut. Oleh karena itulah, ada baiknya bila Anda mencoba merealisasikan resolusi itu tanpa diet.

Mungkin Anda bertanya-tanya, ‘Bagaimana bisa menurunkan berat badan tanpa program diet?’ Hal ini ternyata bisa dilakukan jika Anda secara konsisten melakukan penyesuaian terhadap pola makan serta olahraga. Walau tidak secepat program diet tapi dengan tips penyesuaian ini, Anda bisa menurunkan hingga sekitar satu kilogram per bulannya. Penasaran dengan tipsnya? Berikut ini cara-cara menurunkan berat badan tanpa diet yang dilansir dari webmd.com (10/1/2020).

[Baca Juga: Konsep Non Diet, Badan Sehat Tidak Perlu Langsing]

1) Pastikan untuk Selalu Sarapan

Banyak orang yang cenderung enggan sarapan dengan alasan tidak terbiasa sarapan atau mungkin tak punya waktu. Namun menurut penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids Elizabeth Ward, ini merupakan hal yang salah. Ia menyebut, berdasarkan penelitian diketahui bahwa orang yang makan sarapan cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang tidak sarapan.

Namun jangan bayangkan sarapan seperti bubur ayam, gorengan, atau nasi uduk masuk ke dalam kategori ini. Sarapan yang tepat dan dapat membantu menurunkan berat badan adalah menu sereal gandum jenis whole grain yang ditambah buah serta ditemani susu rendah lemak.

2) Perhatikan Asupan Cairan Anda

Minuman kemasan yang ada rasanya atau membuat teh serta kopi di kantor memang enak dinikmati sembari bekerja atau aktivitas lainnya. Tapi sayangnya ini hanya cenderung menambah kalori tanpa mengurangi rasa lapar Anda. Usahakan untuk terus mengonsumsi air putih saja atau kalau pun yang mau ada rasanya, Anda bisa coba konsumsi susu rendah lemak atau bahkan air soda dengan perasan jeruk segar.

Hal ini juga berlaku jika Anda masih merasa lapar sehabis makan. Anda bisa membuat jus yang 100 persen buah atau sayuran tanpa pemanis untuk dikonsumsi. Selain itu, jika Anda termasuk yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol, ada baiknya dikurangi atau bahkan dihentikan demi menurunkan asupan kalori.

4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

3) Kurangi Porsi Makan

Bila Anda termasuk yang memiliki nafsu makan tinggi maka ini saatnya untuk mengurangi porsi makanan Anda. Cukup mengurangi sekitar 10 hingga 20 persen di setiap asupannya. Anda bisa melakukannya dengan mengambil mangkuk kecil dan mencoba untuk fokus makan tidak melebihi porsi dari mangkuk tersebut. Dengan ini secara perlahan, Anda dapat mengurangi jumlah asupan kalori dibandingkan sebelumnya.

4) Perbanyak Gerak

Mungkin ini merupakan hal yang paling lumrah untuk dilakukan tapi perbanyak berjalan setiap harinya dapat sangat membantu proses menurunkan berat badan. Usahakan selalu mencapai 10.000 langkah per harinya dan gunakan pedometer untuk membantu mencatatnya. Ketika berangkat serta pulang kerja, kemudian ketika di kantor juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan waktu istirahat, atau bahkan ketika mendapatkan telepon dari klien, Anda bisa menjawabnya sambil berjalan-jalan di sekitar area tempat duduk di kantor.

[Baca Juga: Cara Diet Warga Jakarta Menurut Pakar]

Inilah empat tips sederhana yang bisa Anda coba terapkan di keseharian untuk membantu menurunkan berat badan. Walau ini bisa dilakukan tanpa diet tapi Anda harus secara rutin serta konsisten menjalaninya setiap hari. Tamhana bagi Anda yang masih memiliki keinginan untuk ngemil, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi kacang rebus dalam porsi sedikit atau yoghurt rendah lemak.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.