4 Trik Menghemat Listrik Agar Rumah Tetap Sejuk

Properti dan Solusi

4 Trik Menghemat Listrik Agar Rumah Tetap Sejuk

Listrik merupakan salah satu kebutuhan wajib rumah tangga. Setiap bulannya energi utama ini dibutuhkan untuk bisa menjalankan kegiatan sehari-hari, mulai dari proses memasak, mencuci, dan operasional rumah tangga lainnya. Namun jika Anda terlalu berlebihan saat menggunakan listrik, tagihan yang datang setiap bulannya bisa membengkak.

Maka dari itu, ada baiknya Anda bijak dan menggunakan listrik dengan hemat. Selain bisa mengirit pengeluaran, Anda juga bisa menyelamatkan lingkungan. Terlebih lagi jika Anda membuat rumah Anda lebih nyaman dan sejuk. Pengeluaran bulanan untuk penyejuk ruangan bisa berkurang.

[Baca Juga: Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC]

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar penggunaan listrik lebih hemat namun rumah tetap dalam kondisi sejuk sehingga tetap nyaman. Dilansir dari berbagai sumber (11/6/2019), ikuti trik menghemat listrik berikut ini.

1. Manfaatkan Fitur Timer Pada AC

Saat Anda menggunakan AC untuk menyejukkan ruangan tempat Anda beristirahat, namun jika dipasang terlalu lama tagihan listrik tentunya akan besar. Maka dari itu, manfaatkan timer yang bisa Anda atur sendiri. Jika Anda tidur selama 5 jam, atur timer dengan durasi tersebut. Setelah durasi habis, AC akan otomatis mati. Penggunaan timer ini sangat baik dimanfaatkan agar penggunaan tak berlebihan.

2. Lakukan Perawatan AC Rutin

Pastikan sistem AC berjalan dengan baik, maka dari itu lakukan perawatan sesuai anjuran. Jangan sampai Anda tidak mencuci AC dengan rutin, selain itu jangan lupakan isi Freon atau perawatan berkala lainnya. Anda bisa memanggil teknisi AC yang bisa dipanggil ke rumah. Biasanya AC yang teratur dirawat akan lebih sejuk.

[Baca Juga: Selain Mempercantik Fasad, Material Ini Bikin Rumah Terasa Sejuk]

3. Gunakan Kipas Plafon

Sudah menggunakan AC namun harus tetap menggunakan kipas? Sepertinya pemborosan. Namun ternyata jika Anda memasang kipas plafon pada ruangan ber-AC justru dapat menghemat penggunaan listrik hingga 10 persen pasalnya, kipas berfungsi untuk menurunkan suhu ruangan sehingga tidak terlalu panas. Saat kipas dinyalakan kompresor tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga penggunaan daya juga semakin kecil. Saat AC dimatikan, Anda juga bisa memanfaatkan kipas untuk menyebarkan udara sehingga suhunya lebih stabil.

4. Bijak Menggunakan Lampu

Bukan hanya menghasilkan cahaya, lampu juga menghasilkan energi panas sehingga bisa membuat ruangan terasa lebih panas. Pilih lampu dengan merk dan kualitas yang baik. Selain itu, jangan gunakan lampu sampai ruangan benar-benar gelap dan matikan saat matahari terbit.

Itulah beberapa trik menghemat listrik agar ruangan tetap sejuk sehingga Anda tetap nyaman.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.