4 Tumbuhan Ini Bisa Bantu Penderita Insomnia

Kesehatan

4 Tumbuhan Ini Bisa Bantu Penderita Insomnia

Insomnia merupakan kesulitan tidur yang kerap kali jadi gangguan beberapa orang. Insomnia biasanya ditandai dengan rasa ngantuk di siang hari, lemas, mudah marah, dan merasa depresi. Gangguan tidur ini biasanya timbul akibat stres, jika berbagai cara sudah Anda lakukan untuk mengobati insomnia, coba cara yang satu ini.

Merangkum dari 99.co (25/6/2019) ada cara lain yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, yaitu dengan memiliki dan menaruh tumbuhan di sekitar tempat Anda tidur. Berikut tumbuhan yang bisa jadi salah satu cara menghilangkan insomnia.

1. Lavender

Lavender sejak lama sudah dikenal sebagai tumbuhan yang efektif mengusir nyamuk. Namun siapa sangka jika tumbuhan ini juga baik untuk mengatasi insomnia yang Anda alami. Lavender memiliki aroma yang wangi dan menenangkan, sehingga telah terbukti dapat mengatasi kecemasan, depresi, dan insomnia. Penelitian telah menunjukkan bahwa lavender dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol. Lindungi lavender dari hujan, tetapi biarkan tumbuhan ini terkena sinar matahari langsung selama empat jam setiap hari.

[Baca Juga: Yuk! Ubah Handuk Bekas Jadi Pot Tanaman nan Cantik]

2. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sejak dulu memiliki manfaat untuk tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Lidah buaya bisa digunakan sebagai masker dan vitamin rambut, pengobatan luka bakar ringan, luka, gigitan serangga, dan kulit kering. Selain itu, lidah buaya merupakan penghasil udara terbaik, tumbuhan ini menghasilkan banyak oksigen di malam hari.

Maka dari itu, lidah buaya bisa melawan insomnia dengan memberikan ketenangan melalui udara yang baik. Menanam dan merawat lidah buaya juga tidak repot. Cukup letakkan di sinar matahari langsung dan jangan disiram terlalu sering, Anda bisa menyimpannya dekat jendela.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

3. Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata)

Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang meruncing dengan motif apik. Layaknya lidah buaya, tumbuhan ini juga melepaskan oksigen yang cukup banyak saat malam hari. Oleh karena itu, lidah mertua sangat efisien dalam meningkatkan kualitas udara di ruangan dan membuat pernapasan lebih baik, sehingga memperbaiki kualitas tidur.

Selain itu, tumbuhan ini memiliki filter yang dapat menyaring beberapa racun dan kotoran rumah tangga yang ada di udara. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, letakkan di tempat yang terang di bawah cahaya tidak langsung.

4. Bunga Melati

Bunga melati memiliki wangi yang membantu tubuh relaks. Para peneliti menemukan, melati secara efektif bisa mengurangi denyut jantung, meningkatkan ketenangan, dan membantu seseorang bisa tidur dengan lebih mudah. Namun, melati membutuhkan perawatan yang cukup rumit dibanding yang lainnya sebelum bunga bisa mekar.

Itulah empat tumbuhan yang bisa jadi salah satu cara menghilangkan insomnia atau gangguan tidur. Agar efektif, pastikan tumbuhan berada di sekitar Anda saat tidur dan pastikan terkena sinar matahari yang cukup serta jangan lupa untuk selalu disiram.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.