4 Upaya Pemkot Surabaya Menekan Laju Penyebaran COVID-19

Berita Kawasan

4 Upaya Pemkot Surabaya Menekan Laju Penyebaran COVID-19

Laman lawancovid-19.surabaya.go.id, menyebutkan jumlah pasien positif COVID-19 kian meningkat di Kota Surabaya. Terhitung Selasa (21/4/2020), sudah mencapai 299 kasus. Peningkatan juga terjadi pada jumlah kasus dalam perawatan dan meninggal dunia, yakni 223 kasus dan 31 kasus. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh masih tak ada perubahan yakni 45 orang.

[Baca Juga: Tanggap COVID-19, Pemkot Surabaya Kembali Sebar Belasan Ribu Masker]

Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser menjelaskan, dalam menangani pandemi COVID-19, berikut upaya-upaya Pemkot Surabaya:

1) Langkah Edukasi

Pemkot telah berupaya secara promotif melalui situs lawancovid-19.surabaya.go.id. Selain itu, juga melakukan penyuluhan melalui beberapa media promosi kepada masyarakat tentang COVID-19 dan perlunya kewaspadaan serta pencegahannya.

“Kami juga melakukan penyebaran dan penempelan leaflet tentang COVID-19. Serta, menggalang dan meningkatkan partisipasi masyarakat dan seluruh sektor untuk membantu penanganan COVID-19,” kata Fikser seperti dilansir Surabaya.go.id.

2) Langkah Pencegahan

Pemkot melakukan penyelidikan epidemiologi, pemantauan dan pendataan kepada seluruh kriteria kasus beserta kontak eratnya. Kedua, melakukan analisa terhadap peningkatan kasus, pemetaan persebaran kasus, dan kejadian transmisi lokal (pelacakan klaster).

Tak hanya itu, Fikser menyebut, upaya preventif yang telah dilakukan adalah dengan memberlakukan dan mengawasi pelaksanaan social distancing, seperti meliburkan anak sekolah dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah, memberlakukan bekerja dari rumah secara bergantian, membatasi kegiatan di tempat umum dan membatasi kegiatan yang mengumpulkan massa.

“Dalam upaya preventif, kami juga melaksanakan rapid test pada 1730 orang, yaitu OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), petugas kesehatan, patroli bersama Polrestabes,” katanya.

3) Penyaluran Bantuan Medis

Bahkan, kata Fikser, dalam upaya preventif ini pihaknya juga bekerjasama dengan UKM dengan membuat APD secara mandiri dan membagikannya ke masyarakat. Pertama, membuat face shield 11.240 dan coverall 7285 untuk dibagikan kepada petugas kesehatan di 19 Rumah Sakit rujukan, 32 Rumah Sakit non rujukan dan Puskesmas. Kedua, membagikan masker kain sebanyak 98.614 untuk petugas lapangan, OTG, ODP dan PDP beserta kotak eratnya. Ketiga, membagikan hand sanitizer sebanyak 7625.5 liter untuk ruang publik seperti Kelurahan, Kecamatan, UPTSA, Kejaksaan, TNI/Polri, dan sentra wisata kuliner.

“Kami juga memberikan bantuan berupa obat terapi COVID sejumlah 2700 Tablet kepada Rumah Sakit yang merawat pasien COVID-19. Pemberian Vitamin C dan Vitamin B Kompleks masing-masing sebanyak 194.745 tablet Petugas lapangan,” ungkapnya.

4) Disinfeksi

Selain itu, penyemprotan atau disinfeksi di tempat-tempat umum juga telah dilakukan sebanyak 7322 kali. Mulai dari apartemen, perumahan, perkampungan, rumah sakit, puskesmas, terminal, Stasiun, perkantoran, lokasi strategis atau positif COVID-19, pasar, rumah ibadah, kafe, Sentra Wisata Kuliner (SWK), dan tempat pelayanan publik.

5) Bantuan Makanan

Tak lupa, pembagian makanan tambahan tinggi protein (telur, bikuit) dan minuman herbal untuk menjaga stamina kepada petugas kesehatan, petugas lapangan, OTG, kontak erat kriteria ODP dan PDP juga dilakukan. Terlebih, pemkot juga memberikan permakanan bagi OTG, ODP, PDP dan kontak eratnya.

6) Bantuan Fasilitas Umum

Di samping itu, Fikser mengaku, pemkot juga menyediakan 2 fasilitas karantina khusus bagi kriteria OTG, dan kontak erat dari kriteria ODP dan PDP di rusun dan Hotel untuk memastikan physical distancing. Serta, menyediakan wastafel di 1357 titik dan bilik sterilisasi di 438 titik juga telah dilakukan.

“Bahkan, kami juga membagikan thermal infra red sebanyak 105 di ruang publik, mengutamakan pelaksanaan pelayanan publik secara online, serta menyediakan pelayanan pemulasaraan jenazah dan pemakaman bagi jenazah pasien COVID-19,” terangnya.

[Baca Juga: COVID-19 Melonjak, Akademisi Desak Pemkot Surabaya Ajukan PSBB]

Fikser menyatakan, selain upaya promotif dan preventif, pihaknya juga menerapkan berbagai langkah kuratif. Yakni, dengan menyiapkan Puskesmas untuk melaksanakan pelayanan, menunjuk dan mengkoordinasikan Rumah Sakit untuk pelayanan dan sarana rujukan di Kota Surabaya. “Selain itu, dalam upaya kuratif kami juga mengkoordinasikan pelayanan rawat inap dan rawat jalan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit,” kata Fikser.

Upaya kuratif lain yang telah dilakukan adalah dengan menyediakan obat-obatan untuk menangani kasus COVID-19. Bahkan, kata Fikser, pemkot juga menyediakan alat-alat kesehatan untuk penanganan pasien COVID-19 dan menyediakan sarana rujukan yang aman untuk pasien COVID-19. “Sedangkan untuk upaya rehabilitatif, kami melakukan pemantauan kepada pasien yang sembuh untuk mengetahui perkembangan kesehatannya dan agar tetap melakukan social distancing,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.