4 Warga Kota Depok Positif Omicron.jpg

Kesehatan

4 Warga Kota Depok Positif Omicron

Pada akhir pekan kemarin, Kementerian Kesehatan melalui rilisnya mengungkapkan bahwa lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari. Di mana pada 9 Januari 2022, kasus konfirmasinya tercatat sudah mencapai 414 orang dengan mayoritas merupakan mereka pelaku perjalanan luar negeri tapi puluhan orang di antara kasus tersebut, memang ada yang masuk kategori transmisi lokal. Namun penyebaran varian Omicron ternyata tak hanya terjadi di Ibu Kota saja dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang membenarkan mutasi dari COVID-19 ini juga sudah ada yang menimpa warganya.

Kabar ini disampaikan langsung Wali Kota Depok Mohammad Idris pada Senin 10 Januari 2022 kemarin. Di mana ia mengungkapkan, kasus Omicron yang terjadi ini bisa ditarik benang merah ke warga Kota Belimbing yang memang diketahui memiliki riwayat pergi ke luar negeri. Demi memastikan virus SARS-CoV-2 varian terbaru ini tidak masuk kotanya, Mohammad Idris meminta agar warganya yang positif Omicron tidak diisolasi di rumah sakit di Kota Depok.

4 Warga Kota Depok Positif Omicron .jpg

“Saya minta semua instruksi atas arahan menteri, semua yang Omicron jenisnya diisolasi di Wisma Atlet (Kemayoran Jakarta). Jadi, tidak ada ke daerah,” tegas Wali Kota Depok itu, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (10/1/2022).

Pemkot Depok mengungkapkan empat kasus positif Omicron yang terjadi pada warganya diawali dengan kasus pertama yang memang baru kembali dari luar negeri dan langsung dikarantina ketika tiba di Ibu Kota sehingga tak sempat kembali ke Kota Belimbing. Kemudian kasus kedua terjadi saat warga Kota Depok itu memang berada di luar negeri. Lalu kasus ketiga memang bersifat transmisi lokal dengan warga Kota Depok yang positif Omicron usai baru kembali dari wilayah Jawa Timur. Sedangkan kasus keempat statusnya adalah nenek dari kasus ketiga.

[Baca Juga: Kasus Omicron di Jakarta Terus Meningkat, Mayoritas dari Luar Negeri]

Melihat situasi ini, Wali Kota Depok siap mengambil langkah tegas dengan memberikan arahannya ke elemen Pemkot Depok serta camat dan lurah agar wilayah yang diketahui warganya memiliki riwayat positif Omicron untuk diawasi betul protokol kesehatannya. “Wilayah-wilayah tadi yang sudah kena COVID-19 varian Omicron, tolong diingatkan masyarakatnya, termasuk kita, yang namanya makan bareng tolong ditahan sebentar, karena himbauan dari pusat,” tambah Mohammad (11/1/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.