Batagor H Isan 4.jpg

Kuliner

40 Tahun Berdiri, Batagor H. Isan Melegenda di Bandung

Bandung merupakan sebuah kota yang memiliki berbagai kuliner khas. Salah satu kuliner yang paling terkenal di Kota Bandung adalah Batagor. Mencari kuliner yang legendaris di Bandung, sangat tepat rasanya jika batagor dijadikan sebuah pilihan. Selain rasanya yang lezat, harganya pun sangat terjangkau. Salah satu batagor terkenal di Bandung adalah Batagor H. Isan.

Batagor H. Isan sudah ada sejak 40 tahun lalu. Dinamakan batagor H. Isan karena Isan sendiri dulunya merupakan pedagang bakso, tahu, siomay keliling. Pada suatu hari, dagangan Isan tidak habis. Agar tidak mubazir, ia menggoreng makanan tersebut agar bisa lebih tahan lama. Kemudian ia memberikannya kepada tetangga sekitar. Ternyata, tetangga Isan sangat menyukai bakso tahu yang digoreng tersebut. Dari situlah muncul istilah batagor alias bakso, tahu, goreng.

Batagor H Isan.jpg

Makanan khas sunda ini merupakan adaptasi dari hidangan Tionghoa-Indonesia. Adonan batagor terdiri dari tahu yang dilembutkan kemudian dicampurkan dengan adonan bakso ikan tenggiri. Setelah itu, adonan tersebut dimasukkan ke dalam irisan tahu dan kulit pangsit, lalu digoreng dalam api yang panas.

[Baca Juga: Kuliner Bandung Bawa Kota Ini Masuk Daftar Best Traditional Food Cities]

Sebenarnya batagor H. Isan di Bandung dapat Anda jumpai di mana pun. Namun, yang menjadi pelopornya terdapat di daerah Kopo, Bandung. Banyak pula pedagang yang menjual batagor khas masing-masing, mulai dari pedagang kaki lima hingga restaurant.

Batagor H Isan 3.jpg

Pada umumnya penyajian batagor langsung dicampurkan dengan bumbu kacang, namun ia memisahkan antara batagor dengan bumbu kacangnya di dua mangkuk terpisah. Anda dapat memesan varian kuah ditambah dengan bakso atau pun langsung dimakan dengan bumbu kacang dan sambal pedas khas Batagor H.Isan.

Batagor H Isan Bandung.jpg

Batagor H. Isan dibanderol dengan harga Rp 3.500 per buah. Ada menu tambahan lain yaitu Bakso yang dibanderol dengan harga Rp13.500 per porsinya. Rasa yang memanjakan lidah dan penyajian yang unik pun tak lupa Isan sajikan kepada para pelanggan. Nikmati batagor selagi masih hangat, maka akan terasa kulit luar yang kering tapi bagian dalam batagor yang empuk nan gurih.

Jika ingin mencobanya, Anda bisa langsung mengunjungi Jl. Kopo Sayati No. 272. Batagor H. Isan buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB


Read More

Batagor H. Isan

Kedai Batagor

None
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.