45.546 Lansia DKI Jakarta Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Pertama

Kesehatan

45.546 Lansia DKI Jakarta Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Pertama

Sebanyak 45.546 warga lanjut usia (lansia) di Jakarta telah divaksin COVID-19 dosis pertama dalam periode 19 Januari-2 Maret 2021. Jumlah ini sudah mencapai lima persen dari target lansia sasaran vaksinasi yang mencapai 911.631 orang.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, sejauh ini sebanyak 2.010 lansia ditunda vaksinasi. Sedangkan, 231 lansia tidak dapat atau dibatalkan untuk diberikan vaksinasi. "Dari penapisan atau skrining oleh petugas kesehatan, kondisi medis pasien lansia ada yang belum memungkinkan untuk divaksin, umumnya karena komorbid," ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id (3/3/2021).

45.546 Lansia DKI Jakarta Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Pertama

Widyastuti menjelaskan, program vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua bagi kelompok lansia masih terus berlangsung di lima wilayah kota dan kabupaten. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti, puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan RSUD. "Lansia yang akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 dapat mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id," terangnya.

[Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Lansia di Depok Prioritaskan 10 Kelurahan]

Setelah mendaftar, sambung Widyastuti, para lansia dapat menunggu pesan pemberitahuan atau notifikasi dari puskesmas/RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi sebelum berkunjung ke fasyankes untuk menghindari kerumunan.

45.546 Lansia DKI Jakarta Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Pertama

Lansia yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat (tidak batuk/pilek/demam/sesak nafas) dalam tujuh hari terakhir. Kemudian, penyintas COVID-19 lebih dari tiga bulan, serta tidak sedang menderita penyakit jantung/penyakit liver/penyakit ginjal kronis/melakukan prosedur cuci darah.

"Para lansia ini juga tidak dalam proses pengobatan kanker/pengobatan gangguan pembekuan darah/pengobatan defisiensi imun/sedang transfusi, memiliki kondisi/riwayat penyakit epilepsi/diabetes melitus/HIV/penyakit paru (asma, PPOK) dalam keadaan terkontrol, serta tidak menerima vaksin lain kurang dari satu bulan terakhir," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.